Kamu Anak Generasi 90an? Yuk Nostalgia!

Ruangguru Apr 26, 2016 • 4 min read


Ingatkah kamu beberapa istilah atau benda, seperti caturwulan, KBK, atau ‘tempat pensil Doraemon’ ketika zaman sekolah dulu? Kalau jawabannya iya, berarti kamu termasuk generasi tahun 90an. Memang, pendidikan zaman dulu dan sekarang sudah jauh berbeda. Selain perubahan sistem pendidikan oleh pemerintah, generasi 90an pasti mengingat pengalaman belajar mereka yang identik dengan benda-benda yang cuma ada di era 90an.

semester vs caturwulan

generasi 90an

Pada saat menempuh studi, generasi 90an setidaknya pernah merasakan perubahan kurikulum oleh Kemendikbud. Perubahan kurikulum pertama kali dilakukan tahun 1947 dan selanjutnya diadakan beberapa kali untuk menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan zaman. Biasanya, kurikulum berubah karena perubahan sistem politik, sosial budaya, hingga ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu perubahan sistem belajar yang patut diingat adalah perubahan sistem semester ke sistem caturwulan pada Kurikulum 1994. Tahun ajaran dibagi menjadi tigs sesi, yakni caturwulan I, II, dan III. Ada plus dan minus dari sistem pendidikan ini. Siswa diwajibkan untuk menempuh ujian sebanyak tiga kali setiap empat bulan. Asiknya, mereka tidak akan bosan sekolah karena ujian selalu diiringi dengan waktu libur. Namun, mereka juga harus membeli buku ajaran baru setiap empat bulan sekali.

Adapun masa perubahan kurikulum yang cukup menimbulkan kebingungan, baik untuk guru maupun murid. Pada tahun 2004, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ditetapkan untuk mengganti sistem caturwulan kembali ke sistem semester. Berselang dua tahun, kurikulum diubah lagi menjadi Kurikulum 2006 dengan sebutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Akibatnya, siswa harus membeli buku baru. Guru pun juga harus menyiapkan sistem mengajar baru sesuai kurikulum.

Alat bantu belajar

generasi 90an

Bicara soal sarana dan prasarana, sebagian teman-teman generasi 90an pasti pernah merasakan perubahan cara belajar mengajar, dari menggunakan kapur tulis menjadi spidol. Di era itu, komputer yang biasanya digunakan untuk belajar masih berupa layar tabung dan CPU yang besar.  Ingat dengan istilah OHP? Dahulu, siswa belajar menggunakan bantuan OHP atau Over-Head Projector sebelum kemunculan infokus modern. Kertas transparan dengan tulisan tangan akan  diletakkan di atas OHP untuk diproyeksikan ke dinding.

sepatu sekolah

Meskipun aturan tentang sepatu cukup ketat, akan tetapi jenis sepatu yang digunakan oleh anak tahun 90an terbilang ikonik, contohnya sepatu Warrior. Ingat sepatu dengan desain old school beserta logo khasnya? Ada pun sepatu yang bisa menyala ketika diinjak, seperti sepatu Pro ATT. Siswa tahun 90an juga akrab dengan sepatu Loggo, Carvil, dan New Era. Belum lagi terdapat ritual anak sekolah zaman dulu ketika melihat seorang teman menggunakan sepatu baru, yaitu harus menginjaknya!

generasi 90an

alat tulis

Murid sekolah selalu memiliki berbagai macam alat tulis yang aneh dan lucu. Siapa yang tidak tahu ‘tempat pensil Doraemon’? Tempat pensil ini biasanya bergambar kartun yang disertai ‘fitur’ lengkap, seperti penghapus, penyerut pensil, penggaris, hingga laci-laci kecil untuk menyimpan kertas.

generasi 90an

Isi tempat pensil murid sekolahan juga dipenuhi oleh berbagai ‘senjata’ belajar yang unik , seperti pensil ‘isi ulang’ dengan berbagai bentuk, pensil ‘inul’, rautan kaca, hingga penggaris dengan cetakan angka dan huruf abjad. Tentu setidaknya murid sekolah tahun 90an pernah menggunakan setidaknya satu alat tersebut.

Masa sekolah memang menyimpan kenangan unik tersendiri, tidak terkecuali bagi murid generasi 90an. Hal-hal unik apa saja sih yang menghiasi hari-hari sekolahmu tiap hari? Sharing pengalaman kamu di kolom komentar ya!

 

Beri Komentar