Ruangguru Blog

    Obat Dumolid, Menenangkan Sekaligus Membahayakan

    By Ruangguru writer · Aug 9, 2017

    Smart Buddies, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ekstasi, sabu-sabu, dan heroin kan? Ketiganya adalah jenis obat-obatan terlarang yang biasa disebut dengan narkotika dan psikotropika. Tahukah kamu apa perbedaan keduanya? Singkatnya, narkotika adalah jenis obat-obatan yang memengaruhi tingkat kesadaran seseorang untuk menghilangkan rasa nyeri. Sementara itu, psikotropika adalah obat-obatan yang mengendalikan sistem saraf pusat, sehingga dapat menyebabkan perubahan aktivitas mental dan perilaku.

    Salah satu obat psikotropika yang akhir-akhir ini marak terdengar, bernama Dumolid. Kira-kira, seperti apa ya zat yang terkandung di dalamnya? Serta seberapa berbahayanya penggunaan Dumolid bagi kita? Yuk, disimak penjelasannya berikut ini!

    obat dumolid - penjelasan tentang dumolid Penjelasan tentang Dumolid (Sumber: infonitas.com)

    Dumolid adalah nama merek dari obat Nitrazepam 5 mg yang termasuk dalam kategori obat penenang (Benzodiazepin). Obat tersebut juga merupakan salah satu jenis psikotropika golongan IV. Wah, pelajaran IPA kelas 8 SMP nih! Kamu masih ingat nggak apa artinya? Yep, maksudnya adalah kandungan psikotropika di dalam obat hanya memiliki efek ketergantungan yang ringan.

    Pada dasarnya, obat ini sering digunakan untuk menghilangkan insomnia akut, menurunkan tingkat depresi, serta kecemasan. Penggunaannya memang diperbolehkan, tapi ada batas kadar tertentu dan dengan disertai resep dokter. Nah, ketika seseorang menggunakannya tanpa resep dokter, maka hal tersebut menjadi penyalahgunaan psikotropika. Wah, malah jadi bahaya kan?

    obat dumolid - Dumolid dapat membantu menghilangkan insomnia akut Dumolid dapat membantu menghilangkan insomnia akut (Sumber: wn.com)

    Selain menenangkan, Dumolid juga mampu membuat orang lebih percaya diri, dan juga membuat seseorang menjadi lebih fokus. Hal ini disebabkan, kandungan obat di dalamnya langsung bekerja pada sistem saraf pusat dan menghasilkan efek bius, serta merelaksasi otot. Namun, apabila obat ini dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan ketergantungan, karena tubuh akan semakin menoleransi penggunaannya, dan mengakibatkan peningkatan jumlah dosis yang dikonsumsi.

    Ketergantungan terhadap obat ini jika tidak segera dihentikan akan berakibat fatal. Misalnya, semakin meningkatkan depresi dan insomnia dan mengganggu kemampuan kognitif otak untuk belajar. Lebih jauh lagi, Dumolid mampu meningkatkan perilaku agresif serta merasa seakan-akan jiwanya terlepas dari tubuhnya (depersonalisasi). Namun, untuk menghentikan konsumsi obat ini pun tidak boleh dilakukan secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan proses untuk mengurangi penggunaannya secara bertahap. Jika dihentikan secara mendadak, pengguna akan berisiko terkena serangan jantung, stroke, kejang, atau halusinasi. Selain itu, ketika dumolid juga digunakan bersama obat lain dan/atau diminum bersama alkohol, efeknya dapat berupa koma hingga kematian. Menakutkan ya?

    obat dumolid - Penggunaan dumolid secara berlebihan dapat menimbulkan sikap agresif Penggunaan dumolid secara berlebihan dapat menimbulkan sikap agresif (Sumber: facemama.com)

    Nah, sekarang Smart Buddies sudah tahu kan bahayanya menggunakan Obat Dumolid? Tentunya, sekadar tahu saja tidak cukup, kamu juga sebaiknya menghindari penggunaan obat-obatan terlarang seperti ini. Bukannya membawa manfaat, justru obat tersebut dapat membahayakan tubuh kita lho. (AK/RE)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, obat dumolid

    Leave a Reply

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru