Organ Pernapasan dan Fungsinya | Biologi Kelas 8

Rabia Edra Apr 24, 2020 • 3 min read


Biologi kelas 8 organ pernapasan

Kamu sadar nggak, kalau kita tuh bernapas rata-rata 12-18 kali dalam setiap menitnya? Itu artinya, dalam satu hari, kita akan bernapas sebanyak 17.280 kali! Wah, ternyata banyak juga ya! Meskipun kelihatannya banyak dan mudah, proses pernapasan yang ada di dalam tubuh kita prosesnya tidak mudah lho. Ada banyak organ yang berperan dan membantu proses pernapasan. Apa aja ya? Yuk, kita bahas satu persatu!

Organ pernapasan

1. Hidung dan Rongga Hidung

Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas. Fungsi hidung adalah menghirup oksigen (O2) dan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida (CO2). Organ ini terletak di tulang tengkorak dan tersusun dari tulang rawan,  tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung, terdapat rongga hidung yang berperan penting dalam proses pernapasan.

Rongga hidung berfungsi untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh. Bulu dan lendir (mucus) di dalam rongga hidung berfungsi untuk menangkap debu, spora jamur, dan zat asing udara.

2. Tenggorokan (Faring)

Tenggorokan, atau disebut faring, merupakan jalur terusan setelah kita menghirup udara melalui hidung. Pada tenggorokan, organ pernapasan dilanjutkan dengan pangkal tenggorokan (laring), trakea, dan bronkus.

3. Pangkal Tenggorokan (Laring)

organ pernapasan laring
(Sumber: wikipedia.com)

Laring, yang dikenal sebagai “kotak suara”, adalah penghubung untuk faring dan trakea. Di bagian ini, terdapat pita suara dan katup epiglottis, yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara.

4. Trakea

Trakea menghubungkan laring dengan bronkus dan menjadi jalan bagi udara dari leher ke bagian dada. Bentuknya seperti pipa. Fungsi utamanya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru. Organ ini tersusun atas cincin tulang rawan dan terdapat di depan kerongkongan.   

5. Bronkus

Bronkus merupakan percabangan dari trakea. Organ ini memiliki 2 percabangan menuju paru-paru kanan dan kiri. Setelah melewati bronkus, percabangan akan diteruskan oleh bronkiolus dan berakhir di alveolus atau gelembung udara. Bronkus dan bronkiolus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru. 

6. Paru-paru

organ pernapasan paru-paru

Paru-paru (Sumber: koentjahja.com)

Paru-paru merupakan organ vital pernapasan yang dibungkus oleh lapisan bernama pleura. Letaknya berada di rongga dada di atas diafragma. Bentuknya mirip seperti spons dan terdiri dari 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Paru-paru kiri hanya memiliki 2 segmen. Sementara paru-paru kanan mempunyai 3 segmen.

Benar 'kan? Bernapas ternyata tidak cuma melalui hidung. Ada banyak organ lain yang berperan dalam proses pernapasan kita. Menurut kamu, organ mana yang paling unik dan banyak manfaatnya?

Kalau kamu ingin mempelajari lebih dalam berbagai materi lain, langsung aja ikutan daftar di Ruangbelajar Plus belajar pasti jadi seru!   

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar