Biologi Kelas 8 | Mengenal 5 Organ Tumbuhan yang Penting dan Fungsinya

coba mengenal organ penting pada tumbuhan

Artikel Biologi kelas VIII ini menjelaskan apa saja lima organ tumbuhan yang penting beserta fungsinya.

--

Sama seperti manusia, tumbuhan adalah makhluk hidup yang punya beberapa organ penting di dalam ‘tubuh’ nya.

Lah, tumbuhan punya organ?

Punya dong, tapi organ yang dimaksud bukan otak atau jantung yaa. Dari bentuk tubuh luarnya aja beda, tentu dalamnya juga beda. Tumbuhan punya beberapa organ yang berperan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya.

Emang sepenting apa sih peran-perannya? Yuk, simak penjelasannya!

AKAR

Kenapa pohon yang batangnya besaaaar banget bisa tumbuh tinggi dan kuat? Itu semua karena pondasinya, yaitu akar. Akar adalah bagian pokok tumbuhan yang biasanya tumbuh di bawah permukaan, yaitu di dalam tanah. Dari dalam tanah inilah akar bisa memperkokoh tumbuhan yang semakin tumbuh menjulang ke atas.

Biasanya, akar berwarna putih atau kuning muda, dan bentuk ujungnya panjang meruncing. Karena bentuknya yang seperti itu, maka akar bisa dengan mudah menembus tanah untuk menyerap makanan. Makanannya akar adalah unsur hara, seperti air dan garam mineral. Semakin dewasa tumbuhan, maka semakin panjang dan menjalar juga akarnya. Itu karena akar akan terus menembus tanah demi mencari unsur hara di sekitarnya.

Akar tumbuhan juga punya beberapa jenis. Tapi jenis akar yang paling umum dan sering ditemukan adalah akar serabut dan akar tunggang.

Perbedaan akar serabut dan tunggang

Nah, sekarang coba deh tebak, pohon di bawah ini akarnya tumbuh di mana? Di atas atau di bawah tanah?

Mengenal 5 Organ Penting Tumbuhan dan Fungsinya

   Pohon Baobab di Madagaskar, Afrika. Sumber: kumparan.com

Kelihatannya sih kayak tumbuh di atas yaa, kayak kebalik gitu ditanamnya. Padahal, akarnya tetap tumbuh di bawah tanah, lho! Pohon ini namanya pohon Baobab, dan biasanya ditemui di benua Afrika. Nggak cuman bentuknya yang unik, pohon ini juga punya khasiat kesehatan sampai untuk ritual adat dan agama. Pohon Baobab sampai dijuluki “Tree of Life”, karena memberi banyak manfaat untuk masyarakat sekitar dan umurnya yang bisa mencapai ribuan tahun. Wow, ternyata ini pohon juga saksi sejarah juga ya!

BATANG

Beda sama akar yang tumbuhnya di bawah tanah, kalau batang, ya, tumbuhnya di atas. Batang adalah sumbu tumbuhan yang menopang daun, bunga, dan buah. Bentuk batang seperti silinder, yaitu panjang dan bulat. Batang akan tumbuh tinggi ke atas supaya bisa dapetin cahaya matahari dan udara yang cukup.

Terus, gimana dengan tumbuhan kayak jagung dan padi? Mereka punya batang nggak ya?

Tetap punya dong. Jenis batangnya jagung dan padi emang beda sama tumbuhan lainnya, yaitu batang rumput. Selain batang rumput, ada juga beberapa jenis batang lainnya.

jenis-jenis batang dari organ tumbuhan

Nggak cuman menopang tumbuhan, batang juga berfungsi untuk menyalurkan unsur hara dari akar ke seluruh organ tumbuhan. Jadi, unsur hara yang sudah diserap oleh akar, akan diedarkan ke daun, bunga, dan buah melalui batang.

DAUN

Melihat keluar jendela, ada pohon, pasti lihat daun. Lagi jalan di trotoar, pasti nginjek daun. Dari semua organ tumbuhan, pasti teman-teman paling familier dengan daun dong. Yap, daun itu yang biasanya warnanya hijau dan seringkali berguguran dari pohonnya. Daun adalah salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dan menempel pada batang. Bentuknya tipis, lebar, dan biasanya berwarna hijau.

mengapa daun berwarna hijau

Selain warna hijau, daun dari beberapa tanaman juga bisa berwarna lain loh. Bukan karena perubahan musim ya, tapi emang warnanya nggak hijau dari sananya. Warnanya bisa nggak hijau karena zat warna yang dimiliki si daun bukan klorofil, tapi zat warna lain. Kalau zat warna jingga adalah karotenoid, zat warna kuning adalah tnnin, dan zat warna merah keunguan adalah anthocyanin.

Daun punya peran penting bagi tumbuhan, yaitu sebagai tempat di mana proses fotosintesis. Tapi, fotosintesis hanya terjadi saat ada cahaya ya, misalnya cahaya matahari. Selain itu, peran daun lainnya adalah sebagai organ yang mengeluarkan oksigen segar (O2) dan menyerap karbon dioksida (CO2).

Baca juga: Bagaimana Cara Tumbuhan Makan? 

Ternyata bentuk daun itu juga berbeda loh, kok bisa ya? Iya, karena bentuk daun tergantung jenis tumbuhannya.

BUNGA

Teman-teman, pasti pada tahu sama bunga kan? Itu loh, yang biasanya di film-film kalau si cowok mau ngajak si cewek nge-date, pasti dibawain bunga. Sebenarnya, kenapa sih kalau mau nge-date atau pas ada acara formal, pasti ada bunga? Ya karena bunga itu cantik, warnanya mencolok, dan wangi.

Kalau kamu perhatiin, bunga punya bentuk yang berbeda-beda. Tapi sebenarnya bunga selalu punya struktur dasar yang sama loh.

bagian-bagian bunga sebagai organ tumbuhan yang penting

Selain fisiknya yang cantik, apa sih fungsi utamanya bunga? Bunga adalah salah satu alat reproduksi tumbuhan. Perkembangbiakan ini sangatlah penting, kalau enggak, tumbuhan bisa punah.

apa itu proses penyerbukan

BUAH

Setelah proses penyerbukan di bunga, akhirnya terjadilah proses pembuahan yang menghasilkan buah. Buah adalah hasil akhir dari penyerbukan yang terjadi di bunga. Buah terdiri atas beberapa struktur, yaitu

bagian-bagian buah

Jadi, itulah lima organ pada tumbuhan yang penting beserta fungsinya. Tapi, kalau cuman tahu organ-organnya , itu masih kurang cukup loh. Seharusnya kamu juga tahu tentang tumbuhan secara menyeluruh. Mau belajar lebih lengkap? Yuk, tonton aja videonya di ruangbelajar! Ada video animasi yang menarik dan nggak bosenin, biar kamu makin semangat belajarnya.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts