Rangsang Otak Makin Pintar Dengan Makanan ini!

Ruangguru

Dec 11, 2015 • 3 min read

Wow ternyata


Makanan Pembuat Otak Pintar

Bukan cuma kulit yang butuh nutrisi, tapi otak juga perlu nutrisi yang cukup. Siapa yang menyangka, 5 jenis makanan berikut ini bisa membantu kinerja otak kita lebih maksimal. Penasaran apa saja sih makanan tersebut? Check this out!

  1. Blueberry

 

Makanan Pembuat Otak Pintar: Blueberry

Buah mungil yang sering disebut ‘brainberries’ oleh beberapa pakar kesehatan adalah salah satu makanan yang terbaik untuk otak. Berdasarkan penelitian dari Readings University di Inggris, kandungan antioksidannya yang tinggi dapat melindungi otak dari stress oksidatif, meningkatkan kemampuan daya ingat dan merangsang fungsi neuron motorik otak. Selain itu, serat blueberry yang tinggi serta kadar gulanya yang rendah membuat buah ini juga aman bagi penderita diabetes dan tidak membuat lonjakan kadar gula dalam darah.

Hmm.. asik juga ya sambil belajar, ngemilnya blueberry.

  1. Alpukat

 

Makanan Pembuat Otak Pintar: Alpukat

 

Siapa sangka ya bahwa buah yang mudah kita jumpai ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk otak kita. Omega 3 dan vitamin E yang secara alami terdapat dalam buah alpukat terbukti secara klinis meningkatkan daya ingat dan mengurangi resiko terkena Demensia dan Alzheimer. Selain itu, buah alpukat juga membantu darah beredar lebih baik ke otak, sehingga dapat mengoptimalkan fungsi otak.

  1. Tomat

 

Makanan Pembuat Otak Pintar: Tomat

 

Satu lagi buah yang kaya akan antioksidan serta vitamin A dan C, yaitu tomat. Dengan kandungan karotenoidnya, yaitu zat pemberi warna merah di buah tomat, buah tomat dapat membantu otak kita lebih rileks dan menangkal radikal bebas di sel-sel otak.

  1. Cokelat

 

Makanan Pembuat Otak Pintar: Coklat

 

Kamu suka ngemil cokelat? Jangan khawatir! Ternyata cokelat juga memiliki khasiat yang baik untuk otak kita, lho. Cokelat asli yang terbuat dari 60% kakao (dark chocolate) merupakan sumber gizi yang baik bagi otak karena mengandung senyawa flavanol yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah penurunan kemampuan kognitif dan demensia. Selain itu, makan cokelat ketika stress bisa membuat kita lebih rileks. Yang penting makan cokelatnya jangan kebanyakan ya!

  1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

 

Makanan Pembuat Otak Pintar: Kacang-kacangan

 

 

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber yang sangat baik untuk asam lemak Omega 3, Omega 6, folat, vitamin E, dan vitamin B6. Selain membantu meningkatkan daya otak. vitamin E di dalam kacang-kacangan dan biji-bijian membantu menunda melemahnya memori karena usia. Asam lemak esensial dalam kacang juga akan memastikan sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga memastikan terjaganya kesehatan otak kita.

Inilah 5 makanan yang ternyata mampu memberikan asupan nutrisi bagi otak kita sehingga dapat bekerja dengan baik. Namun, selain makan makan makanan di atas, harus disertai belajar ya biar makin pintar!

Untuk menguji kemampuan otak kamu, kamu bisa latihan soal di tes.ruangguru.com lho! Atau kalau kamu sedang mencari guru privat untuk membantu kamu belajar, kamu bisa juga mencarinya di sini. Jangan lupa nanti belajarnya sambil ngemil salah satu makanan di atas yah! ;)

Beri Komentar

Recent Posts