Pahami Dulu Hal Ini, Baru Belajar Matematika

Yuza Mulia Jul 13, 2015 • 5 min read


Matematika adalah pelajaran yang selalu ada di setiap kurikulum, dari tingkat SD sampai SMA, bahkan hingga kuliah. Tidak hanya pada jurusan-jurusan sains dan teknologi saja, bahkan di jurusan-jurusan sosial pun ilmu matematika dipakai untuk menyelesaikan berbagai masalah kuantitatif.

Di sisi lain, banyak orang merasa kesulitan belajar matematikaMindset bahwa matematika itu momok sudah menyebar kemana-mana. Matematika harus diakui adalah sebuah pelajaran yang relatif sulit, namun apabila kita memahami prinsip-prinsipnya, maka kita akan bisa belajar matematika dengan baik.

Karena matematika merupakan pelajaran yang unik, butuh skill unik juga untuk menaklukkannya. Kali ini, kami membahas tentang apa yang harus kita pahami untuk belajar matematika :

1. Butuh active learning yang kuat

belajar kelompok Photo by activelearner.ca 

Dalam belajar matematika, kamu sangat dibutuhkan untuk aktif. Matematika bukanlah sekedar pelajaran untuk menghitung sesuatu. Matematika adalah pelajaran yang melatih logika kita untuk problem solving. Berbeda dengan pelajaran lain, satu bab pelajaran matematika bisa meliputi berbagai macam masalah (soal) yang harus kita selesaikan. Caranya adalah dengan membiasakan otak kita untuk menyelesaikan soal-soal itu. Ini sama saja dengan menyelesaikan permasalahan hidup. Kita harus aktif melatih kemampuan kita menyelesaikan masalah, agar jika bertemu masalah apapun, kita bisa menyelesaikannya dengan baik.

2. Matematika itu kumulatif!

Pahami Dulu Hal Ini, Baru Belajar Matematika
Photo by bco.ie 

Matematika itu kumulatif. Mulai dari operasi dasar + dan - meningkat menjadi x dan : .Belajar matematika akan sulit jika kamu melompat-lompat, dari satu materi ke materi lainnya. Hampir semua cabang dari matematika berkaitan dan saling mempengaruhi. Dalam belajar matematika, apa yang kamu pelajari hari ini menjadi bagian penting dari apa yang akan kamu pelajari besok. Kalau kamu melewatkan sesuatu, kamu akan sulit catch up di materi berikutnya, dan kalau tidak segera dikejar, akan terus ketinggalan. Inilah sebabnya banyak orang yang dengan mudah gagal dalam belajar matematika.

3. Fokus memahami konsep, bukan menghafal

konsep matematika Photo by freedesignfile.com 

Di beberapa pelajaran, kita akan lulus dan mendapat nilai baik dengan mengandalkan hafalan. Kita bisa menghafal nama, tanggal, bagian tubuh, dll. Namun matematika tidak bisa diselesaikan dengan baik dengan mengandalkan hafalan. Menghafal semua rumus adalah ide buruk. Pemahaman konsep adalah suatu hal yang mutlak bagi kita dalam belajar matematika. Kalau tidak paham konsep, dengan memegang semua buku yang ada di dunia, atau membawa catatan rumus, kita tetap tidak akan bisa menyelesaikan masalah matematika dengan baik.

4. Buat list vocabulary & formula matematika

Bagi banyak orang, terutama matematikawan, matematika adalah suatu bahasa tersendiri. Matematika punya istilah-istilah yang begitu banyak, diikuti dengan rumus yang juga begitu banyaknya. Untuk memudahkan belajar matematika, salah satu trik yang bisa digunakan adalah dengan membuat list kosakata serta rumus yang ada di matematika, dan sering-seringlah dibaca untuk dipahami dan diingat makna dan gunanya apa.

5. Lakukan pencatatan dengan baik & jelas

Rumus matematika
Photo by njit.edu 

Kalau kesulitan belajar matematika, membuat catatan dengan hanya poin-poin tertentu jelas cuma buang-buang waktu. Buatlah catatan yang komprehensif, catat hal-hal penting yang kadang tidak ditulis guru di papan tulis. Perhatikan penekanan-penekanan yang diberikan guru, ambil konsep inti dan rumus yang ada, buat dirimu paham dengan menuliskannya ulang dengan bahasamu sendiri. Namun hati-hati, jangan sampai kamu terlalu sibuk mencatat sampai terlewat penjelasan guru.

6. Kerjakan Latihan & PR dengan baik

PR matematika Photo by amser.org 

Tugas latihan atau PR pasti akan sering diberikan dalam belajar matematika. Tugas-tugas itu diberikan untuk mendorong kita mengembangkan skill dan membiasakan diri dengan konsep dan penyelesaian masalah matematika. Kalau ingin menguasai matematika, berhentilah mengeluh atas banyaknya soal, dan mulai mengerjakan. Jangan mudah menyontek! Tipsnya adalah dengan mengerjakan tugas ini saat pelajaran masih segar dalam ingatan, misalnya langsung setelah kelas atau di hari yang sama. Kerjakan dengan detail, perlihatkan setiap langkah penyelesaian masalah yang kamu lakukan.

Smart Buddies, to learn math is to experience it. Pahami konsepnya, selesaikan masalahnya, pakai semua metode dan rumus yang kalian tahu. Kuncinya adalah : Latihan, latihan, latihan!

Bagaimana pengalamanmu belajar matematika? Ada yang ingin kamu bagikan? Tulis di kolom komentar ya! Kamu tertarik untuk mendapatkan cara belajar matematika yang seru dan berbeda? Yuk, bergabung di Ruangguru digitalbootcamp (RGDB) untuk menemukan teman baru dan masuk PTN keinginanmu! 

New Call-to-action

Beri Komentar