Passion di Bidang Makanan? 7 Jurusan Ini Bisa Kamu Pilih

Shabrina Alfari

May 20, 2019 • 5 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan untuk yang suka makan

Artikel ini membahas tujuh jurusan yang berkaitan dengan makanan untuk mereka yang suka dengan hal berkaitan dengan makanan

--

Squad, siapa di sini yang hobi makan atau suka masak? Passion orang tentunya berbeda-beda, ada yang suka di bidang sastra, hukum, ekonomi, kedokteran, dan sebagainya. Tak jarang, kecintaan pada sesuatu menjadi alasan kita memilih jurusan kuliah.

Setiap tahunnya, makanan setiap tahunnya mengalami perubahan tren dan bahkan ada orang-orang yang menjadikan aktivitas makan untuk mencari uang. Jika kamu adalah salah satu orang yang suka banget sama hal-hal berbau makanan, kamu tertarik nggak sih menjadi ahli di bidang makanan? Coba deh simak jurusan kuliah untuk kamu yang cinta makanan berikut ini.

1. Tata boga

jurusan untuk yang suka makanTata Boga (Sumber: unjkita.com)

Mau belajar tentang berbagai macam masakan? Jurusan Tata Boga cocok banget untuk kamu yang tertarik dengan makanan. Di sini kamu bisa belajar berbagai macam masakan mulai dari appetizer atau makanan pembuka, main course atau makanan utama dan dessert atau makanan penutup.

Selain belajar tentang masak-memasak, kamu juga akan belajar tentang bagaimana mempertahankan kualitas rasa dan estetika sebuah masakan. Tak hanya itu, kamu pun akan banyak belajar mengenai kebutuhan gizi yang harus didapatkan seseorang dari makanan, termasuk kebersihan, sanitasi, dan pelayanan. Komplit banget ‘kan?

2. Baking and pastry art

jurusan untuk yang suka makanBaking and Culinary Art (Sumber: iup.edu)

Suka makan kue atau roti? Jurusan ini cocok untuk kamu. Jurusan yang satu ini memang mirip dengan Tata Boga. Hanya saja jika di prodi Tata Boga kamu mempelajari berbagai macam masakan, di prodi ini kamu hanya difokuskan dalam membuat kue-kue, roti, atau dessert lainnya.

Kamu akan belajar pengetahuan dasar tentang patiseri termasuk tentang bahan utama, teknik pengolahan, penggunaan alat, dan lainnya. Kamu akan diajari bagaimana cara membuat aneka kue dan roti bercita rasa tinggi serta juga teknik menghiasnya.

3. Bisnis Kuliner

jurusan untuk yang suka makanBisnis Kuliner (Sumber: madeinitaly.school)

Squad, makanan juga memiliki tren yang sangat cepat berganti. Banyak sekali  tren makanan yang hanya bisa bertahan selama beberapa tahun sebelum akhirnya kembali digantikan dengan makanan lain. Nah untuk itu, kamu perlu belajar tentang Bisnis Kuliner.

Prodi ini akan mengajarkan kamu banyak hal terkait manajemen bisnis, pengetahuan tentang makanan, statistika, akuntansi, perpajakan, dan lainnya. Lulus dari jurusan ini kamu bisa langsung bikin restoran sendiri lho, sebab kamu bisa belajar banyak tentang mengelola restoran.

4. Teknologi Pangan

jurusan untuk yang suka makanTeknologi Pangan (Sumber: smarted.co)

Menurutmu apa yang paling penting dalam proses pembuatan makanan? Tentu salah satunya adalah bahan baku yang digunakan. Maka, penting untuk kamu belajar di Teknologi Pangan. Jurusan ini adalah disiplin ilmu yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan baku, khususnya bahan pangan setelah bahan tersebut dipanen.

Kamu akan belajar banyak tentang seluk-beluk makanan termasuk tentang pengawetan makanan, pemrosesan makanan, pengemasan makanan, hingga distribusi makanan. Kamu juga akan belajar memilih bahan pangan dan kandungan gizinya.

5. Seni Kuliner

jurusan untuk yang suka makanSeni Kuliner (Sumber: dinomy.com)

Jurusan yang juga kerap disebut dengan nama culinary art ini mengajarkan teknik pembuatan masakan dari berbagai negara. Kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang bahan-bahan pembuatan masakan, proses pengolahan, cara menggunakan alat-alat dan mesin di industri kuliner, dan lain sebagainya. Kamu juga akan diajarkan tentang teknik penyajian makanan dengan kualitas hotel berbintang.

6. Gastronomi Molekuler

jurusan untuk yang suka makanGastronomi Molekuler (Sumber: splice-bio.com)

Mungkin jurusan yang satu ini belum cukup umum untuk kamu. Gastronomi molekuler adalah cabang ilmu pengetahuan untuk mempelajari transformasi kimia dan fisika pada makanan. Saat kamu belajar membuat makanan dengan prinsip gastronomi molekuler, kamu akan menggunakan berbagai macam peralatan yang biasanya kamu temui di laboratorium Squad. Ada juga lho restoran di Jakarta Selatan yang sudah menggunakan konsep ini yaitu Namaaz Dining.

7. Gizi

jurusan untuk yang suka makanGizi (Sumber: alodokter.com)

Jurusan ini cocok untuk kamu yang cinta dengan makanan dan peduli dengan kandungan gizi pada setiap makanan. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan merasakan manfaat besar bagi diri kamu sendiri. Kenapa? Kamu akan menjadi lebih sadar mengenai betapa pentingnya kesehatan dan kandungan gizi makanan.

Program studi mana Squad, yang paling tertarik untuk kamu? Walaupun yang dibahas dalam perkuliahan berkaitan dengan makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari, bukan berarti mudah lho. Kamu juga perlu menguasai berbagai disiplin ilmu. So, terus perkaya dirimu dengan ilmu dan pengalaman bersama group chat belajar di Ruangguru digitalbootcamp!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts