Past Continuous Tense dan Fungsinya

Past Continuous Tense dan Fungsinya

Halo, Squad! Setelah sebelumnya kalian sudah mempelajari present continuous tense, ternyata masih ada nih jenis lainnya yang harus kalian pelajari supaya lebih siap menghadapi UN. Wah, apa tuh? Namanya past continuous tense. Sesuai dengan namanya, gunanya untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung, tapi di masa lalu. Seperti apa, sih? Yuk kita bahas! 

Dalam membuat kalimat past continuos tense, keterangan waktu merupakan salah satu poin penting yang harus dipenuhi. Contoh kalimatnya adalah:

 

Last night at 7 PM, My family and I were having dinner together

Jam 7 malam kemarin, saya dan keluarga saya makan malam bersama).

 

Keterangan waktu pada kalimat di atas adalah 7 PM, dengan adanya keterangan waktu maka periode berlangsungnya kegiatan dalam kalimat menjadi jelas. Jika keterangan yang digunakan hanya kata last night, maka durasi kegiatannya dalam kalimat tersebut menjadi tidak jelas. Jadi, jangan lupa ditambahkan keterangan waktunya ya, jika kamu ingin menggunakan past continuous tense!

Selain itu, past continuous tense juga bisa digunakan untuk membandingkan dua kejadian yang sama-sama terjadi di masa lalu. Kita bisa mengetahui kejadian manakah yang sedang berlangsung. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut: 

1. When I was driving my car home, the rain fell. (Ketika aku sedang berkendara pulang, hujan turun). 

Pada kalimat, kegiatan yang sedang berlangsung adalah kegiatan mengendarai mobil. Artinya, pada saat subjek mulai berkendara, hujan belum turun dan baru turun di tengah perjalanan pulang. 

2. When I drove my car home, the rain was falling. (Hujan sedang turun ketika aku berkendara pulang). 

Pada kalimat ini, kegiatan yang sedang berlangsung adalah hujan turun. Artinya, hujan sudah turun dan masih turun pada saat subjek mulai berkendara pulang ke rumah.

3. When I drove my car home, the rain fell. (Ketika aku berkendara pulang, hujan turun). 

Simple past tense yang digunakan pada kedua kejadian tersebut menunjukkan bahwa subjek mulai berkendara pulang bersamaan dengan hujan yang turun. Artinya, tidak ada dari dua kejadian itu yang saling mendahului kapan dimulainya atau mana yang sedang berlangsung saat yang lain baru dimulai.

Past Continuous Tense dan Fungsinya

Mudah 'kan Squad mempelajari past continuous tense? Ingat ya, keterangan waktunya jangan lupa ditambahkan dan diingat-ingat lagi rumusnya. Supaya makin jago, yuk belajar bersama guru privat bahasa Inggris terbaik di ruangles! Kapan lagi 'kan #BelajarJadiHebat bersama pengajar terbaik langsung di rumahmu? Yuk, temukan sekarang. Sampai bertemu ya!

ruangles

Beri Komentar