7 Pelajaran Berharga dari Drama Korea Start Up!

Adelia Septiani Des 16, 2020 • 8 min read


yang bisa dipelajari dari serial start up

Artikel ini membahas tentang berbagai pelajaran yang bisa dipetik dari drama korea Start Up

--


Kamu nonton drama korea Start Up gak, sih?  Tim Han Ji Pyeong atau Nam Do San? Hmm, meskipun sudah selesai tayang pada 6 Desember lalu, drama ini masih hangat dibahas di media sosial seperti Twitter, Instagram, hingga Tiktok. Tak hanya itu, drama Start Up ini berhasil dilirik oleh beberapa tokoh terkenal, Najwa Shihab salah satunya.

Drama Start Up berkisah tentang perjuangan bisnis anak muda untuk merintis perusahaan baru. Jatuh bangun mengejar mimpi dalam drama Start Up diperankan oleh aktor dan aktris kebanggaan Korea Selatan, yaitu Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kim Seon-ho, dan Kang Han-na. Drama ini menjadikan Sandbox sebagai Sillicon Valley versi Korea.

Meskipun kisah dalam Start Up fiktif, drama ini mampu menyedot banyak perhatian dari berbagai kalangan, sampai beberapa pebisnis dunia. Salah satunya Richard Yu, pekerja di Sillicon Valley. Bahkan, beberapa tema webinar juga mengangkat topik bisnis dalam drama Korea Start Up. Di Indonesia sendiri, drama ini sering menjadi trending topic setiap kali masa penayangannya. Kondisi dalam drama Start Up jelas menggambarkan situasi Indonesia yang juga sedang berusaha membuka peluang di perusahaan rintisan.

Selain dapat menambah wawasan dalam bidang bisnis, kamu juga dapat belajar dari moral yang ingin disampaikan oleh drama Start Up! Apa saja tuh? Yuk, baca artikel di bawah ini!

 

1. Gelar bukanlah segalanya

 

pelajaran dari serial korea start up
 Seo Dal Mi mempresentasikan konsep bisnis Samsan Tech. (sumber: idntimes)

 

Karakter Seo Dal Mi yang diperankan oleh Bae Suzy adalah sosok perempuan lulusan SMA. Meskipun begitu, Dal Mi bisa menjadi CEO Samsan Tech dan Cheonmyeong Company berkat perjuangannya. Seo Dal Mi mampu bersaing dengan lulusan Universitas ternama. Terbukti pula Ia memenangkan Sandbox’s Demo Day dan terpilih jadi CEO di program Hackathon Sandbox.

 

2. Berani mencoba hal baru dan berani ambil risiko 


samsan tech saat juara demo day sandbox
 Samsan Tech menjuarai Demo Day Sandbox. (sumber: jogja.tribunnews.com)

 

Menjadi pebisnis yang tangguh tentu tidaklah mudah. Pebisnis harus berani mencoba dan tidak takut akan risiko ke depan seperti kisah Seo Dal Mi, Nam Do San, Han Ji Pyeong, serta Seo In Jae. Mengapa modal berani dan tidak takut sangat dibutuhkan? Karena kesempatan tidak datang dua kali. Contohnya seperti adegan di mana Nam Do San harus mengalahkan egonya untuk tetap mengambil kesempatan bekerja di Sillicon Valley untuk masa depannya.

Start Up mengajarkan Seo Dal Mi dan timnya, menang dan kalah adalah hal biasa. Hal terpenting adalah pengalaman. Terlihat pada episode 15 Start Up, Cheonmyeong Company yang mengikuti tender (ajang mencari tawaran mitra kerja sama) di bidang kemudi secara otomatis. Modal percaya diri dan berani, tak disangka Cheonmyeong Company berhasil merebut tender tersebut.

 

3. Jangan takut kritik 


kisah han ji pyeong dan seo dal mi dalam start up

Han Ji Pyeong dan Seo Dal Mi (sumber: beautynesia.id)

 

Karakter ‘pedas’ Han Ji Pyeong yang diperankan oleh Kim Seon-ho juga menjadi sorotan dalam drama 16 episode ini. Sebagai mentor dari Samsan Tech, Han Ji Pyeong sering memberikan kritikan pedas secara blak-blakan di depan tim Samsan. Terkadang kritikan darinya membuat tim Samsan bersedih, namun hal ini dianggap baik oleh Seo Dal Mi.

Baca juga: Suntuk Belajar? Coba Deh Tonton Drama Korea Ini

Bagi Seo Dal Mi, kritikan adalah sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Ketika Han Ji Pyeong mengkritik kinerja dirinya, Seo Dal Mi menjadi sosok yang tidak takut untuk evaluasi diri. Terlihat pada adegan di mana Samsan Tech membuat proposal modal kerja, Han Ji Pyeong mengkritik isi pembagian saham per anggota. Keesokkan harinya, Seo Dal Mi menjadi sosok yang lebih tegas sehabis dikritik mengenai kinerjanya sebagai CEO oleh sang mentor. Dal Mi menjadi sosok yang tidak ragu mengambil keputusan dan tidak mudah terpengaruh dengan perasaan pribadi, serta perasaan anggota Samsan Tech yang lainnya.

 

4. Berusaha semaksimal mungkin dan pantang menyerah 


seo in jae karakter dalam drama korea start up

Seo In Jae. (sumber: zero-lite.com)

 

Berperan sebagai wanita mandiri, dua kakak beradik, Seo Dal Mi dan Seo In Jae menunjukkan kuatnya mereka dalam mengejar mimpi. Walaupun menjadi bagian dari keluarga kaya, In Jae tidak patah semangat untuk meraih kesuksesan dalam bidang bisnis tanpa koneksi dari keluarga Ayahnya. Ia melakukan banyak cara untuk meraih koneksinya sendiri.

 

5. Temuilah mentor yang ahli


 

han ji pyeong diperankan kim seon ho

Kim Seon-ho sebagai Han Ji Pyeong. (sumber: soompi)

 

Tak dapat dipungkiri, sosok Ji Pyeong sangat berpengaruh pada berkembangnya Samsan Tech. Pada pemilihan mentor tiap perusahaan, Dal Mi memilih Han Ji Pyeong sebagai mentor Samsan Tech. Terlihat dari progres yang dimiliki Samsan Tech, meskipun kerap kali mendapat kritikan pedas, Samsan Tech berhasil menjuarai berbagai kegiatan program Sandbox.

Memiliki sosok mentor yang ahli sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan. Tidak hanya mengarahkan perusahaan terkait pengambilan keputusan, serta memberi pengetahuan dalam dunia bisnis, bahkan mentor yang ahli di bidangnya dapat menjadi support system suatu perusahaan.

 

6. Team work kunci sukses perusahaan 


para pemain drama korea start up

Pemain drama Start Up (sumber: soompi)

 

Pelajaran berharga selanjutnya dari Start Up adalah team work. Start Up memberi tahu para penikmat bisnis bahwa support system dalam suatu tim perusahaan sangat berpengaruh pada berkembangnya perusahaan. Memiliki orang yang berkompetensi tentu akan membuat tim bisnis menjadi lebih sulit. Seperti pertemanan solid antara Samsan Tech dan mentornya, Han Ji Pyeong, serta Samsan Tech dengan Seo In Jae.

Gak hanya di Samsan Tech, hal ini berlaku bagi semua. Pertemanan yang solid, serta lingkungan yang positif akan membantu kamu dalam membentuk versi dirimu yang terbaik, juga mendorong kamu melakukan hal positif dan semangat mengejar mimpi.

 

7. Tidak menyesal terlalu lama

 

kedekatan hubungan seo dal mi dan ayah

Seo Dal Mi dan Ayahnya. (sumber: idntimes)

 

Sebagai sosok yang mandiri, Dal Mi juga menjadi sosok yang berani dan tidak takut mengambil keputusan. Pada episode pertama, Ia terpengaruh oleh kehadiran kakaknya, Seo In Jae, yang telah sukses menggarap bisnis. Dal Mi bertanya-tanya, apakah ia salah memilih hidup bersama Ayahnya? Namun, penyesalan tersebut berhasil ditepis dengan baik oleh Seo Dal Mi. Ia bangkit dan merasa senang memutuskan hidup bersama Ayahnya.

Nah, itu dia beberapa pelajaran berharga yang bisa kita petik dari drama korea Start Up. Kalau menurutmu, apa pelajaran yang bisa diambil dari drama ini? Coba tulis di kolom komentar yuk! Eits, setelah nonton, jangan lupa untuk tetap memperhatikan pendidikanmu ya. Materi pelajaran bisa kok jadi tontonan yang seru. Nggak percaya? Coba aja liat ruangbelajar!

ruangbelajar

 

Referensi:

Rantung, Revi C. (2020). Gara-gara Netizen, Najwa Shihab Jadi Nonton Drakor Start-Up. [daring] Tautan: https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/01/201855166/gara-gara-netizen-najwa-shihab-jadi-nonton-drakor-start-up (diakses pada 14 Desember 2020).

CNN Indonesia. (2020). Kata Orang Silicon Valley Soal Akurasi Drama Start-Up. [daring] Tautan: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20201204162326-220-578098/kata-orang-silicon-valley-soal-akurasi-drama-start-up (diakses pada 14 Desember 2020).

Khotimah, Sittah Husnul. (2020). 10 Pelajaran Berharga dari Drama Korea Start Up. [daring], Tautan: https://www.popmama.com/life/health/sittah-husnul-khotimah/pelajaran-berharga-dari-drama-start-up/4 (diakses pada 14 Desember 2020).

Yuliana. (2020). Nggak Cuma Seru, Ini 10 Pelajaran Berharga dari Drakor Start-Up. [daring] Tautan: https://www.rukita.co/stories/pelajaran-berharga-dari-drakor-start-up/ (diakses pada 14 Desember 2020).

 

Sumber Foto:

Foto ‘Seo Dal Mi mempresentasikan konsep bisnis Samsan Tech’ [daring], Tautan: https://www.idntimes.com/life/career/marissa-fenyapwain/5-skill-seo-dal-mi-di-kdrama-start-up-yang-wajib-dimiliki-pimpinan-c1c2-1 (diakses pada 14 Desember 2020).

Foto ‘Samsan Tech menjuarai Demo Day Sandbox’ [daring], Tautan: https://jogja.tribunnews.com/2020/12/07/update-rating-11-drama-korea-terbaru-yang-tayang-30-nov-6-des-2020-start-up-stabil (diakses pada 14 Desember 2020).

Foto ‘Han ji Pyeong dan Seo Dal Mi’ [daring], Tautan: https://www.beautynesia.id/berita-korea/nam-do-san-vs-han-ji-pyeong-pria-ganteng-di-startup-mana-favorit-kamu/b-172338 (diakses pada 14 Desember 2020).

Foto ‘Seo In Jae’ [daring], Tautan: https://zero-lite.com/2020/10/29/suzy-hingga-nam-joo-hyuk-mencerahkan-lokasi-syuting-start-up-dengan-senyuman-dan-akting-penuh-semangat-mereka/ (diakses pada 14 Desember 2020).

Foto ‘Kim Seon-ho sebagai Han Ji Pyeong’ [daring], Tautan: https://www.soompi.com/article/1426701wpp/kim-seon-ho-transforms-into-a-wealthy-investor-for-upcoming-drama-start-up (diakses pada 14 Desember 2020).

Foto ‘Pemain drama Start Up’ [daring], Tautan: https://www.soompi.com/article/1423104wpp/suzy-nam-joo-hyuk-kim-seon-ho-and-kang-han-na-are-ready-to-take-on-challenges-in-start-up-poster (diakses pada 14 Desember 2020).

Foto ‘Seo Dal Mi dan Ayahnya’ [daring], Tautan: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/s-m-fatimah/kim-joo-hun-start-up-c1c2 (diakses pada 14 Desember 2020).

Beri Komentar