Pelatihan Guru di Morowali, Sulawesi Tengah untuk Peningkatan Standar Kapasitas

Ruangguru

Jul 4, 2019 • 2 min read

Siaran Pers & Event


Template_Regular_Content-01

Morowali, 3 Juli 2019. Kesiapan guru merupakan faktor kunci dan penentu keberhasilan dalam mewujudkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan era industri 4.0 bukan? Hari ini, Pemerintah Kabupaten Morowali mengumumkan kerjasamanya bersama Ruangguru, penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, sebagai pendukung dalam program pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuan sekolah dan para guru-guru di kabupaten Morowali.

Program yang dinamakan Indonesia Teaching Fellowship (ITF) ini adalah program pembinaan dan pengembangan guru dari Ruangguru. Ratusan guru yang terpilih melalui seleksi akan mendapatkan pelatihan offline dan akses penunjang proses belajar mengajar berbasis teknologi dalam ruangbelajar for teacher pada aplikasi ruangkerja selama 1 tahun penuh. Program ini juga akan memberikan materi-materi seperti strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum, pembelajaran digital, wawasan pendidikan, keberagaman dalam pendidikan, serta kompetensi guru sosial agar mampu mengatur strategi serta menjadi guru yang memotivasi dan komunikatif.

Harapannya program ini dapat memberikan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan abad 21. Pemerintah Kabupaten Morowali pun akan disediakan dashboard khusus agar dapat memonitor, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran para guru. Dengan peluncuran kerja sama dengan kabupaten Morowali ini, maka semakin menambah daftar panjang kerja sama Ruangguru dengan pemerintah daerah yang saat ini sudah bermitra dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Khusus untuk pelatihan program pembinaan dan pengembangan guru (Indonesia Teaching Fellowship), sudah dilaksanakan di 16 kabupaten kota di Indonesia.

Chief of Product and Partnership Officer (CPO) dan pendiri Ruangguru, Iman Usman mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Morowali telah bersedia bermitra dengan Ruangguru. Kami sebelumnya sudah melakukan program pengembangan profesi guru di 16 kabupaten kota, dan kabupaten Morowali merupakan kabupaten pertama di provinsi Sulawesi Tengah yang berpartisipasi dalam program Indonesia Teaching Fellowship ini. Kami berharap lebih banyak lagi daerah di Indonesia yang ikut terpacu dan mengikuti langkah kabupaten Morowali, dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam upaya pengembangan profesi guru di Indonesia.”

pelatihan guruPenandatanganan nota kesepahaman antara Ruangguru dan Pemkab Morowali

Sumber: istimewa)

“Program ITF ini adalah salah satu bentuk penjabaran Visi Kabupaten Morowali yakni untuk meningkatkan kualitas pendidikan, karena kami percaya bahwa tren saat ini bukan hanya memberi pendidikan gratis, tetapi juga dengan memperbaiki kualitas guru. Sehingga harapan ke depannya kami yakin, bersama Ruangguru, kami dapat mengangkat harkat dan martabat kehidupan masyarakat di Morowali.” ujar Drs. Taslim, Bupati Morowali, Sulawesi Tengah. 

Dalam program tersebut, di samping terdapat pembinaan karakter dan pencapaian tujuan akademis, para guru juga diharapkan mampu mengembangkan kompetensi (kemampuan) peserta didik termasuk diantaranya critical thinking (berpikir kritis), berkomunikasi secara efektif, berkolaborasi dengan siapa saja dan di mana saja, kreativitas, serta penguasaan teknologi informasi, problem solving dan ethical responsiveness. Program ini difokuskan pada penyiapan guru secara berkelanjutan, pengembangan strategi dan pendekatan pembelajaran sesuai tuntutan pembelajaran era industri 4.0, penyediaan sarana prasarana penunjang serta sistem dan manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi, penyiapan lingkungan sekolah, orang tua dan masyarakat.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts