Pembabakan Zaman Praaksara Berdasarkan Geologi | Sejarah Kelas 10

Kresnoadi Des 22, 2017 • 3 min read


Sejarah_10.jpg

Zaman prasejarah merupakan pembabakan peradaban manusia dalam periode sejarah, yang mana pada saat itu belum dikenalnya tulisan atau bisa juga disebut dengan zaman praaksara, sehingga kehidupan manusianya sangatlah sederhana. Nah RG Squad, kali ini kita akan bahas pembabakan zaman prasejarah atau praaksara berdasarkan Geologi.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geolog. Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4, ada zaman tertua (Arkaekum), zaman primer atau zaman hidup tua (Paleozoikum), zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan (Mesozoikum), serta zaman hidup baru (Neozoikum).

Nah, kira-kira seperti apa ya zaman-zaman itu? Sekarang RG Squad bisa membaca ulasannya di bawah ini ya!

a. Arkaekum

Zaman ini merupakan zaman tertua, kira-kira berlangsung selama 2.500 juta tahun. Pada saat itu, kulit bumi masih panas lho.  Alhasil, pada zaman ini belum ada kehidupan. Lantas kapan kehidupan itu muncul?

b. Paleozoikum

Nah, di zaman ini kehidupan mulai muncul. Zaman primer atau zaman hidup tua ini berlangsung sekitar 340 juta tahun. Pada saat itu, makhluk hidup yang muncul seperti mikroorganisme, ikan, amfibi, reptil, dan juga binatang-binatang lain yang tidak bertulang punggung. Di bawah ini adalah gambar makhluk hidup yang hidup pada zaman Paleozoikum:

zaman paleozoikum.

Makhluk Hidup Pada Zaman Paleozoikum (Sumber: shutterstock.com)

 

c. Mesozoikum

Zaman ini bisa juga disebut zaman sekunder atau pertengahan, kira-kira berlangsung selama 140 juta tahun. Pada zaman pertengahan ini, jenis reptil mencapai tingkat yang terbesar, sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Setelah berakhirnya zaman ini, maka muncul kehidupan yang lain, yaitu jenis burung dan binatang menyusui. Namun, tingkat populasinya masih sangat rendah.

Sayangnya, pada zaman ini jenis-jenis reptilnya mulai mengalami kepunahan.

fossil hewan

Beberapa Jenis fosil hewan purba yang pernah hidup di Indonesia (Sumber: sebandung.com)

d. Neozoikum

Nah, zaman yang ke 4 ini sering disebut juga zaman hidup baru. Zaman ini dapat dibedakan menjadi dua zaman, yaitu:

Baca juga: Pembabakan Zaman Praaksara Berdasarkan Arkeologi

1) Tersier atau zaman ketiga

Zaman tersier berlangsung kira-kira selama 60 juta tahun. Zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti kera.

2) Kuartier atau zaman keempat

Zaman kuartier ditandai dengan adanya kehidupan manusia, sehingga zaman ini menjadi zaman terpenting, kemudian dibagi lagi menjadi dua zaman, yaitu zaman Pleistocen dan Holocen.

a) Zaman Pleistocen atau Dilluvium berlangsung kira-kira selama 600.000 tahun. Pada zaman ini ditandai dengan adanya manusia purba.

b) Zaman Holocen atau Alluvium berlangsung kira-kira selama 20.000 tahun yang lalu dan terus berkembang sampai dewasa ini. Zaman ini ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia yang hidup pada zaman modern sekarang.

Sejarah 10 - Zaman praaksara, geologi.png

Sekarang kalian sudah tahukan pembabakan zaman praaksara berdasarkan geologi? Keempat babak tadi merupakan proses menuju peradaban manusia hingga seperti sekarang ini.

Ingin merasakan sensasi mendapatkan pengetahuan hanya dengan menonton video pembelajaran? Yuk, segera ikut ruangbelajar! Di dalamnya, kamu akan dibantu dengan berbagai animasi menarik yang memudahkan kamu dalam memahami pelajarannya, lho!

ruangbelajar

Beri Komentar