Pengertian Ilmu Ekonomi dan Pembagiannya

Ekonomi_10

Hai Squad, setelah kemarin kita belajar mengenai Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi masih ingat kan? Kalo belum coba baca lagi tindakan, motif, dan prinsip ekonomi. Nah, sekarang kita akan belajar tentang Ilmu Ekonomi dan pembagiannya, yuk!

Sebelumnya, Squad harus tau dulu apa itu ilmu ekonomi. Jadi, ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang memelajari tentang segala tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ekonomi juga dapat dipahami sebagai usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas.

Squad, ilmu ekonomi itu sangat berperan penting lho dalam masyarakat dan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, terdapat pembagian-pembagian dalam ilmu ekonomi. Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague membagi ilmu ekonomi menjadi 3 kelompok yaitu:

Buku yang memuat pembagian ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague (Sumber : ebay.ie)

1. Ilmu Ekonomi Deskripstif (Descriptive Economic)

Merupakan analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan kondisi fakta dalam perekonomian.

Misalnya, gambaran kondisi krisis moneter di Indonesia yang terjadi pada tahun 1998

krisis moneter - pengertian ilmu ekonomi

Krisis moneter tahun 1998 (Sumber: sundayobserver.lk)

2. Ilmu Ekonomi Teori (Economics Theory)

Adalah analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Nah, dalam Ilmu ekonomi teori dibagi lagi nih menjadi dua macam yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.

perbedaan ilmu ekonomi

3. Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics)

Yaitu analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan-kebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi tertentu. Jadi, ilmu ekonomi terapan lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang-bidang atau masalah-masalah tertentu. Misalnya, ekonomi di perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan dan sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Syariah dan Karakteristiknya

transaksi perbankan - pengertian ilmu ekonomi


Transaksi perbankan (Sumber: merdeka.com)

Gimana Squad? Sudah jelaskan apa itu ilmu ekonomi dan pembagiannya? Ternyata ada 3 kategori pembagian ilmu ekonomi ya yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori, dan terapan. Nah, kalau kalian ingin mempelajari materi lainnya yang nggak kalah serunya. Yuk! Ikut gabung bersama teman-teman lainnya dari seluruh Indonesia di Ruangguru digitalbootcamp. Di sana, kamu bisa bertanya langsung pada tutor yang handal dan berpengalaman lho.

New Call-to-action

Beri Komentar