Pembagian Waktu dan Perubahan Musim di Indonesia

Pembagian Waktu dan Perubahan Musim di Indonesia

Squad, berbeda dengan negara 4 musim seperti Jerman atau Amerika Serikat, Indonesia hanya memiliki 2 musim lho. Musim yang ada di Indonesia hanya musim kemarau dan musim penghujan. Selain memiliki 2 musim, Indonesia ternyata memiliki 3 zona waktu, lho! Ketiga zona waktu tersebut adalah Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Zona waktumu yang mana nih, Squad? Apakah di tempat tinggalmu lebih sering musim kemarau dibanding musim penghujan? Supaya makin paham, yuk kita bahas pembagian waktu dan perubahan musim di Indonesia! 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyelamatkan Bumi?

Pembagian Waktu di Indonesia

Squad, kira-kira apa ya, yang menyebabkan terjadinya siang dan malam? Ternyata, yang menyebabkan terjadinya siang dan malam adalah rotasi bumi. Kira-kira, apa sih rotasi bumi itu? Rotasi bumi adalah proses berputarnya bumi pada porosnya, yang bergerak dari barat ke timur. Satu kali putaran bumi berdurasi 24 jam. Hal ini juga mempengaruhi terbaginya 3 zona waktu di Indonesia. Oh iya, selisih waktu WIB, WITA, dan WIT masing-masing 1 jam, ya! Garis yang mendasari pembagian ini adalah garis bujur. 

Waktu Indonesia Barat (WIB)

Waktu Indonesia Barat seringkali disingkat WIB nih, Squad. WIB berada di standar wilayah meridian 150 derajat Bujur Timur. WIB meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan Madura, Provinsi Kalimantan Barat, dan Provinsi Kalimantan Tengah. Perbedaan WIB dengan Greenwich Mean Time (GMT) adalah sebanyak 7 jam. Oleh karena itu, kamu yang tinggal di Jakarta akan memiliki perbedaan waktu sebanyak 7 jam dengan temanmu yang tinggal di London, Inggris. 

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Waktu Indonesia Tengah (WITA) berada pada standar meridian 120 derajat Bujur Timur. WITA sendiri meliputi wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Selatan, Pulau Bali, NTB, NTT, dan Pulau Sulawesi. Perbedaan waktu WITA dan GMT sebanyak 8 jam. 

Waktu Indonesia Timur (WIT)

Waktu Indonesia Timur (WIT) berada di standar meridian 135 derajat Bujur Timur yang memiliki perbedaan dengan GMT sebanyak 9 jam. WIT sendiri meliputi Kepulauan Maluku dan Irian Jaya. 

Perubahan Musim Indonesia

Squad, seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia beriklim tropis dan memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Seperti apa sih musim-musim itu? Yuk, kenalan lebih lanjut! 

Musim Kemarau

Pembagian Waktu dan Perubahan Musim di Indonesia

Musim Kemarau (Sumber: palembang.tribunnews.com)

Berlangsungnya musim kemarau di Indonesia bersamaan dengan bertiupnya angin musim timur dan terjadi antara bulan Maret-September. Namun pada bulan Maret dan September, ada kemungkinan hujan tetap turun karena gerakan angin yang tidak menentu. Musim kemarau di Indonesia kebanyakan berlangsung antara bulan April sampai bulan September. Ketika musim kemarau berlangsung, kelembaban udara cenderung sangat rendah. 

Musim Hujan di Indonesia

Pembagian Waktu dan Perubahan Musim di Indonesia

Musim Hujan (Sumber: Kaskus.co.id)

Musim hujan di Indonesia terjadi karena bertiupnya angin musim barat dan terjadi antara bulan September dan bulan Maret. Musim hujan di Indonesia berlangsung antara bulan Oktober sampai bulan Febuari. Di beberapa wilayah sering kali hujannya sedemikian lebat hingga terjadi banjir.

Nah, Squad, bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah lebih sering mengalami musim kemarau? Atau lebih sering mengalami musim hujan? Bagaimana dengan zona waktunya? Apakah termasuk ke WIB, WITA, atau WIT? Di manapun kamu tinggal, jangan lupa untuk tetap semangat belajar demi menggapai cita-cita, ya! Supaya makin semangat belajar, yuk belajar dengan ruangbelajar! Di ruang belajar, kamu bisa nonton video belajar, latihan soal, baca rangkuman - semua langsung di hapemu. Yuk download sekarang! Kapan lagi kan, #BelajarJadiMudah di mana saja dan kapan saja? 

New Call-to-action

Beri Komentar