Pembahasan Soal TVRI 3 Agustus 2020 Kelas 4-6 SD dan SMP

Ruangguru Agu 3, 2020 • 8 min read


latihan soal tvri 3 agustus

Artikel blog Ruangguru kali ini akan menghadirkan pembahasan soal tayangan Belajar dari Rumah yang disiarkan di TVRI tanggal 3 Agustus 2020 untuk jenjang 4-6 SD dan SMP.

---

tvri - separator - SD

SOAL 1
Pak Udin memiliki 6 peti jeruk. Setiap peti berisi 90 jeruk. Sedangkan Pak Burhan memiliki 4 peti jeruk. Jika banyak jeruk mereka sama banyak, berapa banyak jeruk Pak Burhan di setiap petinya?

JAWAB :
Diketahui bahwa Pak Udin memiliki 6 peti jeruk yang setiap petinya berisi 90 jeruk. Dalam bentuk perkalian, banyak jeruk yang dimiliki Pak Udin ada sebanyak  6 × 90 jeruk = 540 jeruk.

Kemudian, diketahui bahwa Pak Burhan memiliki 4 peti jeruk, namun tidak diketahui berapa banyak jeruk yang ada di setiap peti. Dalam bentuk perkalian, banyak jeruk yang dimiliki Pak Burhan ada sebanyak 4 × ... jeruk.

Karena banyak jeruk Pak Udin dan Pak Burhan sama banyak, maka banyak jeruk yang dimiliki Pak Burhan ada sebanyak 540 jeruk. Sebelumnya, banyak jeruk yang dimiliki Pak Burhan ada sebanyak 4 × ... jeruk.

Perhatikan bahwa 4 × 135 = 540.

Oleh karena itu, banyak jeruk Pak Burhan di setiap petinya ada sebanyak 135 jeruk.

tvri - separator - SD A

SOAL 2
Harga seikat rambutan Rp15.000,00. Ibu menyuruh Edo membeli 5 ikat dan Ridwan 3 ikat. Berapa uang yang harus dikeluarkan ibu untuk membeli rambutan?

JAWAB :
Harga seikat rambutan adalah Rp15.000,00. Ibu menyuruh Edo membeli 5 ikat. Dalam bentuk perkalian, biaya yang dikeluarkan Edo adalah
5 × Rp15.000,00 = Rp75.000,00

Ibu juga menyuruh Ridwan membeli 3 ikat. Dalam bentuk perkalian, biaya yang dikeluarkan Ridwan adalah  3 × Rp15.000,00 = Rp45.000,00

Secara keseluruhan, biaya yang dikeluarkan adalah Rp75.000,00 + Rp45.000,00 = Rp120.000,00

tvri - separator - SD A

SOAL 3

Leni memindahkan 3 dus buku ke Perpustakaan. Siti memindahkan buku ke perpustakaan juga sebanyak 4 dus. Jika setiap dus isinya 20 buku, berapakah banyak buku yang dipindahkan oleh mereka berdua?

JAWAB :

Banyaknya buku dalam satu dus buku ada sebanyak 20 buku. Leni memindahkan 3 dus buku. Dalam bentuk perkalian, banyak buku yang dipindahkan Leni adalah  3 × 20 buku = 60 buku

Sementara itu, Siti memindahkan 4 dus buku. Dalam bentuk perkalian, banyak buku yang dipindahkan Siti adalah 4 × 20 buku = 80 buku

Secara keseluruhan, banyak buku yang dipindahkan adalah 60 buku + 80 buku = 140 buku

tvri - separator - SMP

SOAL 1

Sayuran yang ditanam secara alami tentunya berbeda dengan sayuran yang menggunakan pestisida. Tuliskan apa saja perbedaan sayuran yang ditanam tanpa menggunakan pestisida!

JAWAB :

Sayuran yang ditanam tanpa pestisida memiliki beberapa perbedaan, yaitu: 

  • Memiliki ukuran yang seringkali lebih kecil → karena ditanam tanpa tambahan apapun 
  • Daun berlubang → karena sayuran tanpa pestisida bisa diserang oleh hama seperti ulat. Hal ini disebabkan pada tanaman tanpa pestisida hanya mengandalkan kemampuan membunuh hama secara alami. Ulat dapat memakan daun sayuran sehingga menimbulkan lubang-lubang pada daun. Namun sebelum dipasarkan sayuran akan disortir terlebih dahulu sehingga kita akan mendapatkan sayuran dengan kualitas terbaik.
  • Lebih sehat → karena pada sayuran tanpa pestisida mengandung antioksidan yang lebih banyak. 
  • Warna yang lebih natural → karena sayuran tanpa pestisida ditanam secara alami (tanpa ada rekayasa genetika), selain itu pemupukan pun umumnya menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang.
  • Harganya yang lebih mahal ---> karena ditanam tanpa pestisida maupun pupuk kimia, sehingga rentan terserang penyakit dan hasil panen menjadi lebih sedikit.
  • Sayuran tanpa pestisida menurut beberapa orang memiliki cita rasa yang lebih enak karena lebih segar

tvri - separator - SMP A

SOAL 2

Ceritakan dengan singkat alasan keluarga Hassan Padersen menetap di hutan!

JAWAB:

Keluarga Hassan Padersen merupakan keluarga yang memilih untuk menetap di hutan. Adapun alasan keluarga Hassan Padersen menetap di hutan adalah karena hutan memiliki udara yang bersih, segar, serta bebas polusi. Selain itu, kehidupan di hutan juga mengajarkan banyak hal seperti memupuk kepedulian terhadap sesama manusia, bumi, mendapatkan banyak ilmu pengetahuan (pendidikan), dan semuanya dapat berjalan secara berkesinambungan.

tvri - separator - SMP A

SOAL 3

Sebutkan contoh yang dilakukan oleh keluarga Hassan Padersen dalam menjaga keseimbangan dengan alam?

JAWAB

Menjaga keseimbangan alam berarti turut menjaga keberlangsungan hidup ekosistem di alam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti yang dilakukan oleh keluarga Hassan Padersen seperti: 

  • Menanam sayuran tanpa pestisida sehingga ramah lingkungan
  • Mengambil kebutuhan dari alam sesuai kebutuhan
  • Menjaga kebersihan lingkungan 
  • Serta menerapkan hidup sederhana 

tvri - separator - SMP A

Program Belajar dari Rumah yang ditayangkan di TVRI pada Senin, 3 Agustus 2020 untuk kelas 4-6 SD mempelajari materi tentang Sifat Asosiatif Penjumlahan dan Perkalian, serta untuk jenjang SMP mempelajari tentang Menjaga Alam & Hari dalam Seminggu. Berikut akan diinformasikan pembahasan dari soal yang ditayangkan.

Baca Juga: Pembahasan Soal TVRI 30 Juli 2020

Nah itu tadi pembahasan soal Belajar dari Rumah TVRI tanggal 3 Agustus 2020. Buat kamu yang mau latihan soal lebih banyak lagi, bisa banget kamu coba di ruanguji. Daftar sekarang yuk

New call-to-action

Beri Komentar