Pembahasan Soal TVRI 5 Agustus 2020 Kelas 4-6 SD

Ruangguru Agu 5, 2020 • 4 min read


Belajar dari Rumah TVRI

Artikel ini memberikan pembahasan soal dari tayangan Belajar dari TVRI tanggal 5 Agustus 2020 untuk kelas 4-6 SD.

--

Tayangan program Belajar Dari Rumah yang disiarkan TVRI hari ini tanggal 5 Agustus 2020 mempelajari tentang materi Uang dan Kegiatan Jual Beli. Berikut adalah pembahasan soal dari tayangan TVRI hari ini.

Separator_TVRI-1

SOAL

1. Jika kamu memiliki uang untuk ditabung, kamu lebih memilih menyimpannya di celengan atau di bank?Jelaskan alasanmu!

JAWAB:

Jika saya memiliki uang untuk ditabung, saya akan memilih menyimpan uangnya di celengan terlebih dahulu. Hal itu jika uangnya dalam jumlah yang kecil. Setelah terkumpul baru saya tabung ke bank. Namun, jika uang saya akan tabung dalam jumlah banyak, saya akan langsung menabungnya di bank. Alasannya karena menyimpan uang di bank lebih aman. Selain itu, menyimpan uang di bank secara tidak langsung juga bisa membantu orang lain karena uang yang kita tabung bisa dipinjamkan kepada orang yang membutuhkan dana.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SD (1)

SOAL

2. Jelaskan cara membedakan kebutuhan dan keinginan! Lalu, apa yang harus dilakukan agar keinginan kita tetap terkontrol dengan baik?

JAWAB:

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang memerlukan pemenuhan agar manusia tetap bisa hidup dan menjaga eksistensinya. Misalnya makanan, perumahan, dan pakaian. Adapun keinginan adalah sesuatu yang menunjang kebutuhan, tetapi tidak terlalu penting. Cara membedakannya keduanya adalah jika kebutuhan tidak terpenuhi akan mengganggu kehidupan. Namun, jika keinginan tidak terpenuhi, tidak memengaruhi kehidupan. Cara agar keinginan tetap terkontrol dengan baik adalah membuat skala prioritas. Skala prioritas dapat menunjukkan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan serta mengurutkan kebutuhan atau keinginan mana yang dapat dipenuhi terlebih dahulu. Agar lebih mudah dalam membuat skala prioritas dapat dibantu dengan mengelompokkan kebutuhan dan keinginan ke dalam matriks berikut. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SD (1)

SOAL

3. Saat ini kita berada di era digital, proses jual-beli dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli. Bagaimana pendapatmu tentang jual-beli daring atau online? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

JAWAB:

Menurut saya, jual beli daring sangat memudahkan pihak penjual dan pembeli. Penjual dapat memasarkan produknya kepada masyarakat luas. Adapun pembeli dapat memilih produk yang lebih beragam karena terdapat banyak produsen. Baik dari sisi penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan dengan kepraktisannya.

Kelebihan jual beli daring di antaranya sebagai berikut.

  1. Jumlah, variasi, dan harga produk lebih beragam.
  2. Lebih praktis karena tidak perlu keluar rumah.
  3. Lebih mudah membandingkan harga dan kualitas barang antar penjual.
  4. Bagi penjual, jual beli secara daring dapat mengurangi biaya iklan dan biaya sewa toko.

Kekurangan jual beli daring di antaranya sebagai berikut.

  1. Memungkinkan terjadinya kecurangan karena tidak langsung melihat barang yang akan dibeli.
  2. Barang yang dibeli tidak langsung diterima karena membutuhkan waktu pengiriman. Hal itu menyebabkan jual beli daring kurang cocok digunakan untuk barang yang sifatnya mendesak.
  3. Hanya dapat diakses oleh kalangan yang melek teknologi dan didukung oleh kepemilikan sarana prasarana penunjang seperti telepon pintar dan akses internet. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SD (1)

Nah, itu tadi pembahasan soal TVRI tanggal 5 Agustus 2020. Bagaimana, cukup jelas kan pembahasannya? Jangan lupa untuk terus update pembahasan soal latihan TVRI di ruangbaca setiap harinya, ya. Buat kamu yang mau latihan soal lebih banyak lagi, bisa banget coba di ruanguji. Daftar sekarang, yuk!

New call-to-action

Beri Komentar