Ingin Aktif Berorganisasi dan Tetap Berprestasi? Simak Tipsnya dari Nizar, Pemenang Writing Challenge Ruangguru Yogyakarta

Nizar Zeni Saputra Okt 21, 2018 • 4 min read


Nama: Nizar Zeni Saputra
Asal Grup: J RG SQUAD JABAR Z
Kelas: 9
Nama Sekolah: SMPN 7 Banjar KOTA BANJAR
Kota: JAWA BARAT 

 

Hai Squad,  apa kabar? Perkenalkan, nama aku Nizar, dari RG Squad Jawa Barat Z. Nah, di kesempatan kali ini aku mau memberitahukan tips belajar di Ruangguru versi aku. Tapi sebelumnya, aku mau curhat dulu nih Squad, disimak ya!

Nilai Tetap Bagus 

Siapa di sini yang super sibuk dan aktif mengikuti kegiatan di sekolah? Seperti OSIS atau Pramuka, ekskul atau kepanitiaan lainnya di sekolah? Tentu kegiatan ini akan menyita waktu kita, misalnya ada kegiatan atau acara yang bentrok dengan jam sekolah, kita pasti akan izin pada guru di kelas untuk ikut kegiatan. Lalu, sesudah selesai kegiatan, tiba-tiba tugas menumpuk dan harus dikumpulkan secepatnya, atau bahkan ada ulangan. Pasti kita bingung gimana mengerjakannya karena tidak mendengarkan penjelasannya? Mau bertanya ke teman sekelas, pada sombong semua atau malah mereka tidak mengerti juga. 

Apakah kamu pernah mengalami masalah seperti di atas, Squad? Ada yang punya solusi? Mungkin ada yang jawab, baca buku paket. Sekarang aku tanya, memangnya sanggup membaca dan mengerti materi di buku setebal batu bata itu? Well, kalo solusi aku sih cuma satu, belajar di Ruangguru! Di Ruangguru ada banyak video yang menjelaskan materi pelajaran secara ringkas dan durasinya yang pendek berkisar 3-10 menit nggak bakal bikin bosan. Nah, lebih lengkapnya lagi simak tips belajar di Ruangguru versi gamer "Nizar Banyak Limit" (re: Aku).

1. Download dan berlangganan paket Ruangguru

ruangbelajar

Download aplikasi Ruangguru di playstore atau app store (sumber: id.techinasia.com).

Pastikan sudah download Ruangguru dan berlangganan paket ruangbelajar terlebih dahulu. Ada macam-macam paket yang bisa kamu pilih, mulai dari 1 bulan atau 1 tahun atau 1 abad juga boleh.

2. Siapkan camilan

pemenang2

Pilih camilan yang bergizi (Sumber: impactdancestudio.com)

Siapkan camilan favorit kamu yang sehat dan bergizi. Tapi aku sarankan yang mengandung protein dan vitamin yang tinggi, Squad. Kalau aku biasanya memilih cokelat yang bisa menambah daya ingat dan konsentrasi. Ditambah keripik dan makaroni, enak banget! Dan untuk minumannya, usahakan air putih agar lebih sehat.

3. Duduk di tempat yang nyaman

1Belajar sambil duduk di bawah pohon rindang (Sumber: shutterstock.com)

Duduklah dengan posisi dan kursi atau tempat lain yang nyaman dan membuat kamu rileks. Bisa di sofa, di kasur atau dimana aja asal jangan di kolam renang ya, Squad. Nah, kalo aku itu seringnya belajar sambil duduk di bawah pohon yang rindang.

4. Gunakan earphone

Music-While-StudyingimgGunakan earphone supaya lebih fokus (Sumber: headphonesencyclopedia.com)

Kalo ada, gunakan earphone atau headset agar kamu bisa lebih fokus dan tidak terganggu oleh suara-suara lain dari luar. Tapi untuk tips yang satu ini opsional, Squad. Mungkin ada yang malah terganggu kalau belajar sambil mendengarkan musik, jadi kembali lagi pada preferensimu.

5. Belajar lewat Ruangguru

Buka aplikasi Ruangguru, klik ruangbelajar, lalu cari materi yang ingin kamu pelajari. Sambil mendengarkan penjelasan sang tutor di aplikasi, kamu bisa sambil makan camilan yang tadi kamu siapkan. Nah, agar tidak terganggu sama suara kunyahan kamu, makanya aku saranin pake earphone untuk menonton video-video belajarnya, Squad.

Bagaimana, Squad? Menarik nggak? Jangan cuma dibaca ya tips dari aku ini, tapi dipraktikkan di rumah juga ya! Belajar di Ruangguru seasyik dan semudah itu, bahkan bisa sambil makan camilan favorit kamu. Nah, itulah tips dari "Nizar Banyak Limit", semoga bermanfaat. Terima kasih atas waktu luangnya, Bye!

ruangbelajar

Beri Komentar