Pemikiran Ilmiah pada Penulisan Karya Ilmiah | Bahasa Indonesia Kelas 11

Pemikiran Ilmiah pada Penulisan Karya Ilmiah

Terkadang masih banyak di antara kita yang masih bingung tentang penulisan karya ilmiah, bahkan pengertiannya saja banyak lho yang masih bingung. Jadi, apa sih karya ilmiah itu? Karya ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah, pembahasannya berdasarkan penyelidikan, pengamatan data yang didapat dari suatu penelitian, baik penelitian lapangan, laboratorium ataupun kajian pustaka. Pemaparan dalam karya ilmiah juga harus beradasarkan pemikiran ilmiah.Pemikiran ilmiah adalah logis dan empiris. Logis artinya masuk akal, sedangkan empiris adalah sesuatu yang dibahas berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (dapat dibuktikan).

Pengertian Karya Ilmiah

Pemikiran Ilmiah pada lingkup keilmuan ada 2 tingkatan yaitu :

1. Tingkatan Abstrak

Tingkatan yang berkaitan dengan penalaran (pada tingkatan ini pemikirannya bebas tetapi sedikit terikat dengan waktu dan ruang).

2. Tingkatan Empiris

Tingkatan yang berkaitan dengan pengamatan. Oleh karena berkaitan dengan pengamatan, maka sangat terikat oleh waktu dan ruangan.

Baca juga: Karakteristik Karya Tulis Ilmiah beserta Tujuan dan Manfaatnya

penulisan karya ilmiah

Penemuan karya ilmiah yang kemudian dibukukan dalam karya tulis bertujuan untuk:

a. Pengakuan scientific objective untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dengan  pemaparan teori-teori baru yang dapat diandalkan.

b. Pengakuan practical objective untuk membantu pemecahan masalah praktisi yang mendesak.

Sudah semakin paham kan Squad dengan pengertian karya ilmiah? Jika kalian ingin menulis karya ilmiah, perhatikanlah beberapa penjelasan di atas ya. Yuk, belajar cara membuat karya ilmiah yang baik di ruangbelajar. Video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkumannya akan membantu kamu membuat #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar