Pencegahan Virus Corona dengan Masker, Benarkah Efektif?

WT_-_Masker_Corona-01

Artikel kali ini akan membahas tentang fenomena penggunaan masker untuk pencegahan virus Corona. Apakah benar bisa efektif? Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

---

Di awal bulan Maret 2020, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan bahwa ada 2 WNI yang positif terjangkit virus Corona. Tinggal di daerah Depok, Jawa Barat, namun terpapar Corona di Jakarta.

“Nah loh, berarti virusnya ada di Jakarta dong kak?”

Tenang, kamu wajib baca dulu nih hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi kegaduhan virus Corona di Indonesia. Baik di sekolah, kantor, pusat perbelanjaan, atau tempat umum lainnya, pasti akan gaduh dan takut dengan virus ini.

Seperti kita tahu bersama, bahwa hingga tulisan ini dibuat, belum ada vaksin yang ampuh untuk membasmi virus Corona. Tapi, banyak cara untuk mencegahnya.

“Iya, salah satunya dengan pakai masker kak”

virus corona pakai masker

(Sumber foto: okezone.com)

Apa benar dengan masker bisa mencegah supaya kita tidak tertular Corona? Ini pembahasan yang cukup menarik sih. Soalnya, harga masker tuh gara-gara Corona ini jadi naik berkali-kali lipat. Udah gitu, persediaan masker di beberapa apotek juga semakin menipis.

Dikutip dari CNBC Indonesia, bahwa bahan baku pembuatan masker di Indonesia itu masih impor dari Tiongkok dan Korea Selatan. Sedangkan produksi sampai Maret 2020 sudah habis.

“Terus gimana kak?”

Ya ngga gimana-gimana juga. Masker itu sejatinya ngga berpengaruh banyak juga untuk mencegah virus Corona ini. Di akun instagram WHO (World HealthOrganization) pun menyarankan penggunaan masker hanya untuk beberapa kondisi, antara lain ada kontak langsung dengan penderita virus Corona atau mengalami batuk dan pilek.

masker cegah virus corona

(sumber foto: instagram.com/who)

Begini teman-teman, dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2020, Sekretaris Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Yurianto, tuh bilang kalau pemakaian masker secara berlebihan ini akibat pemberitaan yang tidak rasional. Bahkan sempat ada informasi, kalau pakai masker tuh pakai masker yang buat operasi, atau masker N95. Kalau pakai masker biasa, virus tetap bisa masuk.

cegah corona masker n95

Terus, ditambahkan kalau Bapak Menteri Kesehatan, dr. Terawan, pernah bilang juga kalau pakai masker memang ngga rasional. Maksudnya itu, pakai maker bagi orang yang sakit saja.

Benar juga sih. Kalau orang sakit tuh emang sebaiknya pakai masker, supaya ngga menular penyakitnya. Yaaa...kecuali kalau kamu pakai masker tuh buat mengurangi polusi yang masuk ke badan. Misal, kalau kamu sering naik angkutan umum kayak kereta, atau naik ojek online, gapapa deh pakai masker. Selain itu, para petugas kesehatan yang lebih sering berkontak fisik dengan pasien, tentu pemakaian masker ini sudah merupakan SOP (Standar Operasional Prosedur).

Baca Juga: Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona

Hingga saat ini belum ada bukti yang fasih bahwa pakai masker bagi orang sehat akan melindungi mereka dari virus mematikan ini. FYI aja nih buat kamu, virus Corona ini tertular melalui cairan, bukan udara.

So, cara yang paling tepat untuk mencegah virus ini ya hubungannya dengan cairan. Apa?

Cuci tangan.

cuci tangan cegah virus corona

Cuci tangan dengan sabun harus lebih sering dilakukan. Kiranya sih kalau kamu harus pakai masker itu ada dua penyebabnya.

Pertama, kamu lagi sakit. Entah flu, batuk, atau kecurigaan kena virus ini. Kedua, saat menggunakan transportasi yang tujuannya untuk mengurangi cemaran polusi udara yang masuk ke tubuh.

Seiring dengan bertambahnya jumlah pasien positif Corona di Indonesia, maka pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah. Dianjurkan bagi masyarakat untuk menggunakan masker kain.

- Update 7 April 2020 -

Nah, itu tadi pembahasan singkat tentang masker untuk mencegah virus Corona. Adanya virus ini coba ambil sisi positifnya. Belajar hidup lebih bersih dan sebisa mungkin jangan terlalu sering berada di tempat umum yang kebersihannya belum terjamin.

Ruangguru tetap berkomitmen menghadirkan layanan terbaik bagi pendidikan Indonesia, termasuk dalam kondisi darurat kesehatan COVID-19. Pakai ruangbelajar selama belajar di rumah!

ruangbelajar

Beri Komentar