Pendaftaran PKN STAN 2020 Ditiadakan, Ini Sekolah Kedinasan yang Masih Buka Pendaftaran

Shabrina Alfari Mei 8, 2020 • 2 min read


SK_-__PKN_STAN_2020_DITIADAKAN-01

Artikel ini memberikan informasi daftar dan jadwal sekolah kedinasan lain yang masih buka pendaftaran menyusul PKN STAN 2020 yang ditiadakan

--

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun ini tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun 2020. Pasti banyak di antara kamu yang sedih mendengar kabar ini ‘kan? Keputusan ini diambil akibat dari perpanjangan status keadaan darurat wabah penyakit virus corona di Indonesia. Direktur PKN STAN menjelaskan, akibat keadaan saat ini seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif, mengingat jumlah rata-rata pendaftar selama tiga tahun terakhir mencapai angka 130.000 peserta.

Menyusul keputusan ini, PKN STAN saat ini sedang melaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, serta dari sumber-sumber lain.

Baca juga: Pembahasan 8 Sekolah Kedinasan

Tak hanya PKN STAN yang ditiadakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan bahwa pendaftaran untuk sekolah kedinasan di tahun 2020 ditunda. Dalam surat edaran terbaru pada 6 Mei 2020, Kementerian PANRB memberikan update daftar kementerian atau lembaga yang masih membuka pendaftaran sekolah kedinasan beserta jadwal kegiatan penerimaan. Mau tahu? Catat ya!

Daftar Kementerian/Lembaga yang Masih Membuka Pendaftaran Sekolah Kedinasan

  1. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
  2. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)
  3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)
  4. Badan Pusat Statistik (BPS)
  5. Badan Intelijen Negara (BIN)
  6. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
  7. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
Seragam STANPKN STAN (Sumber: yukeducate.com)

Jadwal Kegiatan Penerimaan

  1. Pengumuman Pendaftaran: mulai 1 Juni 2020
  2. Pendaftaran di SSCASN-BKN: 8-23 Juni 2020
  3. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD):Juli 2020
  4. Pelaksanaan Seleksi Lanjutan: Diatur masing-masing kementerian/lembaga

Catatan:

  • Penyelenggaraan jadwal kegiatan di atas harus memperhatikan pedoman atau protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah pusat atau daerah.
  • Jadwal kegiatan di atas masih dapat berubah apabila terdapat perubahan kebijakan pemerintah tentang status darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan yang dimaksud.

Bagaimana, sedih, kecewa, atau biasa aja mendengar kabar ini? Pandemi virus corona telah mengakibatkan banyak perubahaan dalam proses penerimaan mahasiswa baru di Indonesia pada tahun 2020 ini. Tak usah khawatir, tetap semangat dan berdoa agar keadaan cepat pulih dan bisa kembali seperti semula ya.

Kamu juga harus tetap giat dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai ujian masuk kampus yang akan kamu hadapi sebentar lagi. #TetapSehatTetapBelajar meski di rumah aja bersama video beranimasi dan ribuan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar