Pendaftaran SNBP 2023 Dimulai Hari Ini! Simak Pertanyaan yang Sering Muncul

Pendaftaran SNMPTN Dimulai

Pendaftaran SNBP 2023 telah dimulai! Masih punya banyak pertanyaan? Simak beberapa pertanyaan seputar syarat dan ketentuan SNBP yang paling banyak ditanyakan beserta jawabannya berikut ini.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi atau SNBP 2023 dimulai hari ini! Hanya siswa yang masuk dalam pemeringkatan sekolah saja yang bisa mendaftar melalui jalur SNBP. Sesuai dengan jadwal, pendaftaran SNBP 2023 akan dimulai pada tanggal 14-28 Februari 2023. Sementara pengumuman SNBP akan berlangsung pada 28 Maret 2022. Sebelum mendaftar, sebaiknya kamu mengetahui beberapa pertanyaan terkait SNBP yang paling sering ditanyakan berikut ini.

Baca Juga: Informasi Lengkap SNBP 2023! Jadwal, Syarat & Tahapan Pendaftaran

 

1. Berapa calon mahasiswa yang bisa diterima melalui jalur SNBP?

Sebelum kamu mendaftar SNBP, sebaiknya kamu mengetahui kuota atau daya tampung dari tiap jurusan di kampus yang dituju. Setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru memiliki kuota yang terbatas. Kuota daya tampung untuk SNBP sendiri ditetapkan sebesar 20 persen dari daya tampung PTN keseluruhan. Sedangkan daya tampung untuk SNBT sebesar 40 persen dan kuota untuk jalur mandiri sebesar 30 persen atau lebih. Untuk melihat daya tampung SNBP, kamu bisa cek di laman resmi atau website resmi masing-masing kampus.

 

2. Berapa program studi yang bisa dipilih pada SNBP?

Bagi siswa pendaftar, kamu bisa memiliki paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun

Sementara itu, siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai dengan ketentuan oleh masing-masing PTN. 

 

3. Gimana proses penilaian untuk bisa diterima lewat jalur SNBP?

Setelah kamu lolos tahap pemeringkatan, maka selanjutnya kamu bisa mendaftarkan diri pada jalur SNBP. Seleksi akan dilakukan secara nasional dan dipilih siswa dengan nilai terbaik sesuai pilihan program studi dan PTN yang dipilih. Berdasarkan laman resminya, seleksi dilakukan dalam dua tahapan yaitu:

  1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Baca juga: Cara Mengukur Peluang Lolos SNBP

 

4. Apakah bisa mengambil program studi lintas jurusan di SNBP?

Kebijakan lintas jurusan pada jalur SNBP tahun ini diperbolehkan. Namun, Kamu disarankan untuk tidak lintas minat. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan kemampuan dan aturan dari PTN yang dituju. Setiap perguruan tinggi memiliki aturan lintas jurusan yang berbeda-beda. Biasanya, jurusan IPA lebih fleksibel karena bisa mengambil jurusan bidang Saintek dan Soshum. Namun, hal ini juga tidak berlaku pada seluruh kampus. Jadi disarankan untuk mengambil prodi yang relevan dengan jurusan kamu saat SMA.

 

5. Bagaimana tahapan pendaftaran SNBP 2023?

Berdasarkan laman resmi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, berikut adalah tahapan pendaftaran SNBP 2023:

  1. Bagi sekolah dengan Akreditasi dan jumlah siswa sesuai dengan ketentuan, akan menerima pengumuman kuota SNBP. Pengumuman kuota sekolah akan berlangsung pada 28 Desember 2022. Layanan masa sanggah tentang kuota paling lambat tanggal 17 Januari 2023 pukul 15.00 WIB.
  2. Wajib bagi sekolah yang belum memiliki akun SNPMB untuk melakukan registrasi melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  3. Wajib bagi siswa kelas 12 melakukan registrasi melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  4. SNPMB menginformasikan jumlah siswa yang eligible mendaftar SNBP berdasarkan Akreditasi Sekolah.
  5. Berdasarkan data di SNPMB dari jumlah siswa dan Akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud, sekolah bisa menentukan calon peserta yang memenuhi kriteria.
  6. Sekolah melakukan proses pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).
  7. Siswa yang datanya sudah masuk ke dalam PDSS, bisa melakukan pendaftaran di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  8. Kamu bisa memilih paling banyak dua PTN (lihat kembali ketentuan pilihan PTN dan program studi di atas).
  9. Wajib bagi peserta yang memilih program studi di Bidang Seni dan Olahraga untuk mengunggah portofolio sesuai dengan jurusan yang dipilih.
  10. PTN melakukan seleksi jalur SNBP berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh masing-masing PTN.
  11. Hasil kelulusan SNBP dapat kamu lihat di laman SNPMB atau laman mirrornya pada 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB.
  12. Peserta yang lolos jalur SNBP melakukan pendaftaran ulang di PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima dan mengikuti ketentuan PTN yang bersangkutan.

 

6. Bagaimana jika sekolah tidak bisa melakukan pemeringkatan?

Apabilah sekolah kamu tidak melakukan Finalisasi dan Pemeringkatan, maka otomatis kamu tidak bisa mengikuti proses pendaftaran SNBP selanjutnya.

Baca juga: Rasionalisasi SNMPTN, Bantu Kamu Tentukan Jurusan Paling Tepat

 

7. Jika tidak lulus pemeringkatan, apa masih bisa daftar PTN?

Pemeringkatan pada SNBP 2023 dilakukan oleh sekolah, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai rerata semua mata pelajaran semester 1 sampai dengan semester 5.
  2. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. 
  3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

Apabila kamu tidak lolos dalam pemeringkatan SNBP, maka kamu tidak bisa lagi melanjutkan proses pendaftaran SNBP. Namun jangan patah semangat, kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk masuk ke PTN melalui jalur UTBK-SNBT atau Seleksi Mandiri.

 

8. Berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mendaftar SNBP?

Kamu tidak dipungut biaya apa pun untuk mendaftar melalui jalur SNBP. Pendaftaran SNBPditanggung oleh negara alias gratis bagi siswa. Jika kamu diterima, baru kamu membayar biaya kuliah sesuai dengan ketentuan kampus dan jurusan.

 

9. Apabila diterima SNBP, apa masih bisa mendaftar UTBK-SNBT dan Seleksi Mandiri?

Pihak SNPMB BPPP telah mengatakan dengan tegas bahwa ada hal yang perlu diperhatikan dalam seleksi SNBP, yaitu pendaftar yang telah lolos jalur SNBPtidak diperbolehkan mendaftar UTBK-SNBT. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lain yang ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN. Apabila kamu melakukan kecurangan, maka akan ada sanksi yang diberikan sesuai dengan ketetapan masing-masing rektor universitas.

Baca Juga: Jadwal UTBK-SNBT 2023, Syarat, Materi & Tahap Pendaftaran

 

10. Kalau tidak diterima SNBP, apakah masih bisa daftar SNBT?

Bagi kamu yang gagal pada proses SNBP, jangan khawatir, kamu masih punya kesempatan untuk mendaftar ke PTN melalui jalur UTBK-SNBT dan Seleksi Mandiri.

Sudah siap mendaftarkan diri melalui jalur SNBP? Mau cari tahu peluang lolos kamu di jalur SNBP? Yuk, langsung coba Rasionalisasi SNBP dari Ruangguru untuk mengetahui peluang terbaik di SNBP.

Rasionalisasi SNMPTN

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D