Jadwal, Persyaratan, Alur Pendaftaran SPAN-PTKIN 2020

Shabrina Alfari Jan 23, 2020 • 3 min read


pendaftaran SPAN-PTKIN 2020

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait jadwal, persyaratan, alur, biaya, dan jumlah jurusan pada pendaftaran SPAN-PTKIN 2020

--

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN) 2020 telah dibuka dengan pengisian PDSS pada 6 Januari 2020. Apakah kamu salah satu peserta yang akan mendaftar? SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN yang diselenggarakan serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang beprestasi akademik tinggi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Sejak hari pertama dibuka, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mencapai 1.005 sekolah.

pendaftaran SPAN-PTKIN 2020

Mau tahu informasi lengkap terkait SPAN-PTKIN? Yuk, lihat berikut ini seperti yang dikutip dari situs resminya span-ptkin.ac.id.

Ketentuan Umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
  2. Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.

Persyaratan Siswa Pelamar

A. Pendaftaran

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah kelas terakhir pada tahun 2020.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
B. Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah atau yang setara), lulus SPAN-PTKIN 2020, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

pendaftaran SPAN-PTKIN 2020

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  1. Siswa pelamar memilih dua PTKIN yang diminati
  2. Siswa pelamar memilih dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN
  3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan

Biaya Pelaksanaan

Dikutip dari situs resmi SPAN-PTKIN, biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran alias GRATIS. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN juga harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa.

Selain SPAN-PTKIN, UIN/IAIN/STAIN juga akan melakukan pola seleksi bersama secara nasional berbentuk ujian mandiri yang disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kedua pola ujian ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

Apakah kamu termasuk salah satu siswa berprestasi yang berkesempatan untuk mendaftarkan diri melalui SPAN-PTKIN? Jika tidak, kamu masih punya banyak kesempatan untuk bisa masuk ke kampus impian melalui jalur UTBK, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Ayo, terus persiapkan diri dengan bantuan video belajar dan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar