Pendaftaran Universitas Pertamina Jalur SNR Sudah Dibuka, Dapatkan Juga Beasiswa Ekonomi!

beasiswa universitas pertamina

Kamu sedang mencari beasiswa untuk kuliah? Tepat sekali! Artikel ini akan memberikan informasi beasiswa kuliah S1 untuk kamu. 

Universitas Pertamina merupakan universitas yang berdiri pada tahun 2016 dan berada di bawah naungan Yayasan Pertamina (Pertamina Foundation). Universitas Pertamina saat ini memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi strata 1, yaitu:

  1. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studi: Teknik Geologi,     Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan
  2. Fakultas Teknologi Industri, dengan Program Studi: Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi: Manajemen dan Ekonomi
  4. Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studi: Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan
  5. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studi: Kimia dan Ilmu Komputer
  6. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studi: Hubungan Internasional dan Komunikasi

Buat kamu yang ingin masuk ke Universitas Pertamina, saat ini pendaftaran melalui jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) sudah dibuka, lho! Jalur SNR dibagi menjadi dua periode, jalur SNR Periode I (Pendaftaran mulai tanggal 15 November 2020 s/d 4 Januari 2021) dan SNR Periode II (Pendaftaran dibuka pada pertengahan Januari 2021). Calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNR ini juga berkesempatan untuk mendaftar Beasiswa Ekonomi.

Baca juga: Wujudkan Mimpi Kuliah S1 di Australia dengan Beasiswa dari University of Technology Sydney (UTS)

Beasiswa Universitas Pertamina (Beasiswa Ekonomi) ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang mempunyai prestasi akademik sangat baik, namun mempunyai kesulitan ekonomi. Beasiswa ini diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa kuliah dengan evaluasi dilakukan setiap tahunnya. Wah, kesempatan bagus nih! Yuk, simak persyaratannya di bawah ini.

Studytour-GLU-1013x675Universitas Pertamina (Sumber: universitaspertamina.ac.id)

Syarat dan Ketentuan Jalur SNR

  1. Peserta merupakan siswa SMA/sederajat yang lulus tahun 2020 dan 2021
  2. Tidak menderita buta warna untuk beberapa program studi yang memiliki syarat bebas buta warna
  3. Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri akan dianggap mengundurkan diri dari seleksi
  4. Peserta dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina berdasarkan kelompok ujian yang dipilih
  5. Peserta perlu melakukan pembayaran biaya pendaftaran, yaitu bagi kelompok IPA/IPS sebesar Rp 150.000, sedangkan untuk kelompok IPC sebesar Rp 200.000.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan (Untuk Pendaftaran Jalur SNR)

  1. Soft-file pas foto dengan ukuran <200Kb dan dalam format jpg, jpeg atau png. Pas foto merupakan foto formal dengan latar belakang merah atau biru.
  2. Kartu Keluarga
  3. Ijazah (bagi lulusan tahun 2020)
  4. Soft-file scan nilai rapor semester 1-5 dalam format pdf dan dibuat dalam satu file (tidak terpisah-pisah per semester) dengan ukuran <2MB. Berkas nilai rapor harap dapat dibaca dengan jelas untuk memudahkan proses verifikasi berkas.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan (Untuk Pendaftaran Beasiswa Ekonomi)

  1. Scan (bukan foto) Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000. Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP dapat diunduh di sini.
  2. Scan (bukan foto) Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa);
  3. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK);
  4. Scan (bukan foto) KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa;
  5. Scan (bukan foto) KTP kedua orang tua;
  6. Scan (bukan foto) Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh KELURAHAN tempat calon mahasiswa tinggal;
  7. Scan (bukan foto) bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum periode seleksi (bukti bayar listrik bulan Agustus, September dan Oktober 2020 untuk peserta SNR Periode I, atau bukti bayar bulan Desember 2020, Januari dan Februari 2021 untuk peserta SNR Periode II Tahun 2021);
    *Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik prabayar (menggunakan token), silahkan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.
    **Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.
    ***Jika tagihan listrik adalah 0 sebagai kompensasi dari Pemerintah di masa pandemi, silahkan membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh Lurah atau RT/RW setempat.
  8. Scan (bukan foto) tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2020;
    *Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silahkan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
  9. Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.”;
  10. Scan (bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional); dan
  11. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa

Pengiriman berkas dokumen untuk pendaftaran beasiswa hanya dibuka sampai 25 Desember 2020 (untuk pendaftar Jalur SNR Periode I) dan 20 Maret 2021 (untuk pendaftar Jalur SNR Periode II). Seluruh berkas yang sudah disiapkan, dikirim melalui e-mail ke alamat beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com

 

Info lebih lanjut

Universitas Pertamina

Jalan Teuku Nyak Arief, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta 12220

Telp. : (021) 27081324

Email : pmb@universitaspertamina.ac.id

Website: https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/

 

Gimana, kalian tertarik? Banyak orang yang berusaha supaya bisa melanjutkan pendidikan dengan cara mencari beasiswa. Jadi kalian harus sungguh-sungguh nih mempersiapkan segala berkasnya supaya tidak ada yang terlewat. Kamu juga bisa meningkatkan nilai rapor kamu dengan belajar di ruangbelajar

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Informasi Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Pertamina Tahun 2021-2022 [daring]. Tautan: https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/ (Diakses: 14 Desember 2020)

Sumber foto:

Foto Universitas Pertamina [daring]. Tautan: https://universitaspertamina.ac.id/universitas-pertamina-sambut-kunjungan-studi-dari-mahasiswa-glu-malaysia/ (Diakses: 14 Desember 2020)

Anak Agung Sagung Esya Maharani