Trik Andri Wahyono Menerapkan Pendidikan Digital di SMAN 5 Palembang

Ruangguru

Oct 4, 2019 • 2 min read

Tips Mengajar


Header_Tips_Mengajar_Trik_Andri_Wahyono_Menerapkan_Pendidikan_Digital_di_SMA_5_Palembang-02  

Artikel ini berisi mengenai trik Andri Wahyono dalam menerapkan pendidikan digital di SMA Negeri 5 Palembang.

---

Internet adalah figur utama yang mendukung perkembangan zaman, apalagi kini diperkuat dengan gerakan era industri 4.0. Semua orang “dipaksa” mampu mengoperasikan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, kecanggihannya dalam menyederhanakan segala pekerjaan, membuat efektif dalam meminimalisir waktu. Berkat internet juga, informasi semakin mudah ditangkap penjuru dunia. Hal tersebut merupakan beberapa dampak positif dari penggunaan internet dalam membantu kehidupan manusia.

Penggunaan internet secara bijak dengan mengedepankan hal positif patut diterapkan di sekolah dengan memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Saya sebagai seorang guru, mendukung penggunaan internet dengan memberikan arahan terhadap siswa untuk mengunduh buku-buku elektronik (e-book) di internet. Dengan begitu, siswa bisa belajar melalui gadget-nya di mana saja dan kapan saja.

Pic-Andri Wahyono 2

Pembelajaran mandiri melalui pencarian informasi di internet (Sumber: dok. pribadi)

Saya merupakan seorang guru ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang sekaligus Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum. Dalam proses pembelajaran, saya selalu menekankan bagaimana kita beretika dalam menggunakan internet di dunia maya, memperkenalkan siswa mencari informasi untuk dijadikan sumber belajar, serta bagaimana cara mencari materi yang diberikan oleh guru.

Baca juga: Yunina Resmi Prananta: Inspirasi dari Guru Berprestasi Asal Wonosobo

Siswa SMA Negeri 5 Palembang saat ini sudah banyak menggunakan smartphone untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berbasis internet. Ditambah lagi, dengan sarana lain seperti LCD proyektor, ruang komputer, dan akses wifi di setiap ruangan. Walau begitu, sekolah masih harus memberikan batasan penggunaan gadget dengan mengumpulkannya ke dalam box sebelum pembelajaran dimulai. Gadget akan diberikan ketika guru menggunakan pembelajaran berbasis internet. Hal ini dimaksudkan agar nantinya siswa dapat menggunakan gadget secara positif.

Screenshot (60)

Salah satu referensi video belajar di Youtube (Sumber: youtube.com)

Dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, saya selalu mengingatkan kepada siswa bahwa saat ini era digital dan era industri 4.0. Saya sendiri, setiap memasuki kelas mata pelajaran Ekonomi akan memanfaatkan gadget dengan maksimal. Saya biasa mengawali kegiatan mengajar dengan video pembelajaran di Youtube yang bisa diikuti dengan baik oleh para siswa. Selain itu, saya juga menyediakan pembelajaran tertulis melalui blog pribadi dengan harapan bisa memberi penjelasan lebih mendalam mengenai materi yang dibahas di dalam kelas.

Dengan melakukan pembelajaran perpaduan antara konvensional dan berbasis  internet, diharapkan siswa bisa terlibat lebih aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran digital saat ini lebih dibutuhkan karena begitu banyak manfaatnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Maka, ini saatnya para pengajar dan orang tua turut mendukung dengan memberikan cara belajar berbasis digital yang mengasyikkan.

Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi Ruangguru, untuk menjelaskan materi ajar dengan menarik lewat video animasi serta juga disertai bank soal UTS, UAS, dan UN untuk setiap mata pelajaran. Download di bawah ini.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts