Penerapan Gerak Parabola dalam Kehidupan Sehari-hari | Fisika Kelas 10

Kresnoadi Des 22, 2017 • 3 min read


Fisika_10.jpg

RG Squad, pernah berpikir nggak manfaat mempelajari gerak parabola? Gerak parabola itu sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, loh. Seperti yang kita lihat dalam artikel gerak parabola sebelumnya, rumus tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan kita. Mau tahu apa aja? Scroll terus penjelasan di bawah ini!

Gerak parabola dikenal dengan sebutan gerak peluru. Lah, kok peluru? Gerak parabola disebut gerak peluru karena gerak ini mirip dengan peluru yang ditembakkan. Pada gerak parabola, penyebab gerakan benda dan gesekan udara dapat diabaikan. Kita hanya akan terfokus pada gerakan benda setelah diberi kecepatan awal dan bergerak dalam lintasan melengkung daerah gaya gravitasi bekerja.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa jenis gerak parabola yang terjadi, yaitu:

1) Gerak benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dengan sudut elevasi terhadap garis mendatar (horizontal) atau biasa disebut dengan sumbu x. Contoh dalam kehidupan sehari-hari ialah: gerakan bola tenis ketika melambung akibat dorongan dari raket tenis, gerakan bola basket yang masuk ke ring, gerakan bola golf setelah dipukul oleh pemain menggunakan stik golf, gerakan bola voli, dan gerakan lompat jauh.

penerapan gerak parabola seperti elevasi mendatar

Contoh gerak parabola dengan elevasi mendatar (Sumber: Shutterstock.com)

 

2) Gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal pada ketinggian tertentu dengan arah yang sejajar dengan sumbu x (horizontal). Contoh dari gerak parabola jenis ini ialah: bom yang dijatuhkan dari pesawat serta benda dilemparkan dari atas ke bawah jurang.

airplane droping bombContoh gerak parabola (Sumber: wallpapers.androlib.com)

 

3) Gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dari ketinggian tertentu dengan sudut elevasi terhadap garis horizontal. Contohnya ialah penembakkan rudal atau mortir.

tembakan motir

Penembakan mortir (Sumber: www.jakartagreater.com)

 

Nah, benda-benda yang bergerak seperti gerak parabola tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Benda bergerak karena ada gaya yang dikenakan padanya, seperti dilempar, ditendang, atau yang lainnya;
  2. Gaya gravitasi yang mengarah ke pusat bumi;
  3. Adanya hambatan atau gesekan udara.

Oke, RG Squad sudah memahami gerak parabola beserta penerapannya, kan? Kita telah membahas definisi dari gerak parabola, rumus-rumus dalam menghitung gerak parabola, dan penerapan gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kamu merasa ingin memelajari materi pelajaran dengan lebih menyenangkan, coba aja ikutan ruangbelajar! Di sana, kamu akan mendapatkan ribuan video pembelajaran, lengkap dengan animasi yang memudahkan, lho!

New Call-to-action

Beri Komentar