Ruangguru Blog

    Dita: "Berekspresi Lewat Kata"

    By Ruangguru · Jan 26, 2016

    Dita Nadya Ardiyani Dita, SEO Specialist Ruangguru.com

    Dita Nadya Ardiyani (akrab dipanggil Dita) adalah Search Engine Optimization (SEO) Specialist di Ruangguru.com. Alumnus SMAN 81 Jakarta ini melanjutkan pendidikan S1-nya di jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik di Universitas Indonesia, dan berhasil lulus dengan predikat (hampir) cum laude. Selain itu, Dita juga sangat senang menulis puisi, cerpen dan cerita fiksi. Penasaran dengan cerita Dita? Ayo simak wawancara kami dengan Dita berikut ini!

    RG: Sejak kapan kamu tahu kalau kamu senang menulis?

    Dita: Saya mulai menyadari kalau saya suka menulis ketika saya SMA. Saya suka menulis puisi, cerpen dan cerita fiksi, tapi hanya sebatas dipublikasikan di Facebook pribadi.

    RG: Kenapa kamu senang menulis?

    Dita: Saya sebenarnya termasuk seorang introvert sekaligus pemikir. Dengan menulis, saya bisa menuangkan dan mengekspresikan berbagai imajinasi, ide dan perasaan saya secara lebih leluasa. Kalau dibandingkan dengan berbicara langsung, saya lebih senang menulis. Saya menyukai berekspresi lewat kata.

    RG: Prestasi atau penghargaan apa saja yang pernah kamu dapatkan ketika kuliah?

    Dita: Sebagian besar prestasi yang pernah saya peroleh itu terkait menulis, tetapi baru saya peroleh ketika kuliah. Ketika SMA, saya belum percaya diri untuk ikut lomba menulis. Ketika kuliah, barulah saya memberanikan diri untuk mengikuti berbagai lomba menulis dan ternyata membuahkan hasil di luar dugaan.

    Beberapa penghargaan yang pernah saya dapatkan adalah sebagai berikut:

    1. Lomba menulis puisi dan dibukukan jadi antologi (kumpulan tulisan dari berbagai penulis) (2012)
    2. 10 besar lomba Flashfiction tingkat nasional secaraonlineoleh Nine Lights Production (2012)
    3. Juara 2 lomba Flashfiction tingkat nasional secara online oleh penerbit buku 'Harfeey' dan dibukukan (2013)

    Selain itu, menulis juga membantu saya secara akademik. Alhamdullilah, saya berhasil menjadi 3 besar IPK terbaik se-jurusan pada semester 7. Saya juga pernah mewakili fakultas saya, Fakultas Teknik di perlombaan tingkat universitas, yaitu Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) Universitas Indonesia untuk cabang Quiz Pengetahuan Umum.

    RG: Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang penulis profesional dan mempublikasikan buku?

    Dita: Dulu saya sempat berpikir untuk menjadi penulis profesional, dan saya mencari tahu berbagai cara untuk menjadi salah satunya. Saya juga pernah magang sebagai content writer di salah satu Startup di Yogyakarta. Namun, ketika menulis dijadikan sebagai profesi utama, saya merasa berat, karena bagi saya menulis itu harus mengalir, tidak bisa terlalu diatur atau dipaksa. Jadi, sampai saat ini saya menjadikan menulis sebagai hobi.

    RG: Siapa pengarang favoritmu, dan mengapa?

    Dita: Semua tulisan karangan Joko Pinurbo. Sebagian besar tulisan Joko Pinurbo adalah puisi-puisi singkat tapi bikin mikir. Beliau sangat playful dengan pemilihan kata, dan itu yang sangat menarik buat saya.

    RG: Apa hubungannya menulis dengan kerjaan kamu sekarang sebagai Search Engine Optimization (SEO) Specialist?

    Dita: Sejak kuliah saya memang sangat tertarik pada marketing. Setelah lulus Arsitektur UI, saya mendaftarkan diri sebagai content writer di salah satu Digital Agency di Jakarta. Seiring berjalannya waktu, saya ditempatkan di divisi Search Engine Optimization (SEO), dan ternyata kerjaannya sangat menarik. Sebagai SEO Specialist, saya harus bisa menentukan keyword dari sebuah tulisan/website dan mengemasnya menjadi kata-kata yang singkat tapi menarik, sehingga tulisan tersebut bisa muncul sebagai yang teratas di mesin pencarian (search engine). Saya melihat bahwa SEO memiliki peran yang sangat penting di dunia digital sekarang.

    RG: Sebelum bergabung di Ruangguru.com, apa saja pengalaman karir kamu?

    Dita: Saya pernah magang di salah satu startup di Yogyakarta sebagai content writer. Ketika magang, saya belajar menulis artikel dan aspek marketing sebagai branding agar orang tertarik. Saya juga dilibatkan menjadi admin social media. Selain itu, saya pernah part-time di sebuah bimbingan belajar sebagai pengajar. Saya belajar bagaimana bisa jadi lebih percaya diri ketika membimbing murid di depan kelas. Setelah lulus, saya bekerja sebagai SEO Specialist di sebuah agensi digital di Jakarta. Awalnya saya tidak tahu kerjaan SEO sehingga harus usaha untuk belajar sendiri. Ternyata SEO sesuai banget dengan passion saya dalam menulis.

    RG: Apa pencapaian terbesar dalam hidup kamu?

    Dita: Pencapaian terbesar yaitu survive di jurusan kuliah yang ternyata tidak terlalu saya sukai, lulus tepat waktu dengan IPK memuaskan. Selain itu, saya pernah mendapatkan IP 4. Setelah lulus kuliah, saya memberanikan diri untuk mengejar passion saya bekerja di bidang menulis dan marketing, walaupun hal itu berarti saya harus belajar dari nol. Tapi saya yakin bahwa hal tersebut adalah keputusan yang tepat.

    RG: Mengapa kamu tertarik bergabung di startup?

    Dita: Sebelumnya di agensi digital, saya memiliki beban kerja yang banyak dan dituntut untuk multitasking. Dari segi bidang sebenarnya sesuai dengan passion saya, tapi secara kultur perusahaan tidak cocok. Saya merasa sistem kerjanya lambat karena tergantung banget sama klien.

    Kalau di startup, karena timnya tidak terlalu besar, saya bisa berhubungan langsung dengan orang-orang yang bekerja sama, sehingga perkembangan pekerjaan menjadi lebih terpantau. Saya juga bisa mengaplikasikan ide-ide saya dan belajar hal baru. Selain itu, saya bisa tahu proses bisnis dari awal hingga akhir, tidak hanya di bidang tertentu. Challenging karena dinamis. Saya merasa bangga karena ikut terlibat.

    RG: Apa alasan kamu memilih untuk bergabung di Ruangguru.com?

    Dita: Bidang pendidikan dan teknologi adalah bidang yang saya minati. Saya melihat bahwa Ruangguru.com punya visi misi yang bagus. Saya sepakat dengan tagline Ruangguru.com, yaitu “Belajar apapun dari siapapun” karena saya sendiri menerapkan prinsip tersebut dalam hidup. Saya juga merasa bahwa pekerjaan saya di Ruangguru.com memiliki dampak yang berarti untuk orang banyak, khususnya dalam bidang pendidikan dan teknologi.

    RG: Apa posisi kamu di Ruangguru.com? Tolong ceritakan apa tanggung jawab kamu dalam posisi tersebut.

    Dita: Sebagai SEO Specialist, tugas utama saya adalah melakukan berbagai cara tanpa berbayar agar suatu situs dikunjungi banyak orang. Di Ruangguru.com, saya bertugas untuk menjadikan situs Ruangguru.com muncul di pilihan teratas halaman pencarian bagi orang-orang yang melakukan pencarian terkait pendidikan dan teknologi di search engine seperti Google.

    RG: Bagaimana kesan kamu terhadap Ruangguru.com?

    Dita: Ruangguru.com adalah perusahaan kecil yang sedang berkembang dengan dampak yang besar. Isinya anak-anak muda hebat yang memiliki concern untuk masa depan pendidikan Indonesia.

    RG: Apa harapan dan impian kamu untuk Ruangguru.com?

    Dita: Semoga kedepannya Ruangguru.com bisa semakin berkembang dan menjangkau hingga ke seluruh Indonesia secara merata, sehingga bisa lebih berdampak secara sosial.

    RG: Terima kasih atas sharing-nya, Dita :)

    Bagi kamu yang tertarik dengan contoh tulisan Dita, ayo kunjungi blog Dita di ditanadyaa.wordpress.com.

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Tokoh

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru