Pengalaman Menjadi Guru Privat di Ruangles Bersama Kak Mada

Ramadhana Afida Rachman Jan 25, 2018 • 3 min read


820x410-2.jpg

Artikel ini menceritakan tentang pengalaman Kak Mada saat menjadi guru privat di ruangles.

--

Pernah berpikir untuk menjadi guru dan mendapat penghasilan tambahan tetapi sulit mengatur waktu karena ada kesibukan yang lain? Eits, jangan khawatir! Kamu bisa lho menjadi guru di ruangles. Yap, ruangles adalah salah satu produk dari Ruangguru yang bisa kamu pakai untuk menjadi guru privat. Tidak hanya guru bagi mata pelajaran akademik, tapi kamu juga bisa menjadi guru non-akademik seperti guru musik, guru renang, guru bahasa, dan lain-lain. Nah, salah satu guru di ruangles adalah Kak Mada yang mengajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi jenjang SMA serta pelajaran untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi seperti SBMPTN atau SIMAK. Penasaran dengan Kak Mada? Yuk, simak kisahnya! 

Kak Mada merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) angkatan 2012. Disela-sela kesibukan kuliahnya, ia menyempatkan waktu dengan menjadi guru privat di ruangles. Kak Mada memiliki pengalaman mengajar lebih dari 100 jam per bulan selama tiga tahun, lho.

“Aku menjadi guru privat di ruangles dan mengajar pelajaran eksakta karena di FK, Matematika dan Fisika sudah gak dipakai. Jadi daripada ilmunya sia-sia, mending dimanfaatkan untuk mengajar. Selain dapat pahala, aku juga bisa dapat penghasilan tambahan,” ujar Kak Mada.

guru privat

Yap, untuk sekali mengajar, kamu bisa menetapkan tarif sendiri sesuai dengan sesi dan mata pelajaran yang ada. Untuk satu sesi, terdiri dari 1,5 jam dan kamu tidak terpaku harus mengajar satu sesi perhari. Kamu diperbolehkan untuk mengajar lebih dari satu sesi dan tentu saja menyesuaikan dengan jadwal kamu.

“Selama menjadi guru privat di ruangles, aku gak merasa ada kendala yang berarti, sih. Malah aku bersyukur karena jadwal mengajar gak bentrok dengan jadwal kegiatanku yang lain. Terus, aku dulu juga pemalu banget. Tapi setelah menjadi guru di ruangles dan sering ketemu orang, jadi udah gak malu lagi deh,” tutur Kak Mada.

Di samping jam mengajar Kak Mada yang fleksibel, kecakapan mengajarnya ini juga dibuktikan dengan berhasilnya dua murid Kak Mada yang mengikuti jejaknya dengan masuk FK UI di tahun 2016 dan 2017, lho. Hebat, ya!

“Pernah waktu itu ada kejadian unik. Jadi, waktu aku ngajar di kawasan Pondok Indah yang rata-rata orang kaya, saat mau masuk ke perumahannya, aku ditanya oleh satpam karena bawa tas dan pakai motor. Dia ngiranya aku tukang pijat. Padahal, aku mau ngajar salah satu anak di sana hehe,” cerita Kak Mada. 

Nah, dengan cerita pengalaman Kak Mada tersebut, apa kamu tertarik menjadi guru privat? Di ruangles kamu bisa mendaftar jadi tutor melalui website Ruangguru. Kebetulan saat ini, terdapat produk baru dari ruangles seperti paket UN SMP/SMA dan SBMPTN yang membutuhkan guru, nih. Jangan khawatir, di paket tersebut kamu tetap akan mengajar sesuai dengan bidang yang dikuasai, kok. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera gabung dengan kami agar #BelajarJadiHebat!

ruangles

Beri Komentar