Pengamatan Ilmiah dalam IPA

Seno Aji Apr 24, 2018 • 4 min read


IPA Terpadu Kelas 7

Kamu pernah baca komik Detektif Conan nggak squad? Di komik itu biasanya sebelum mengungkap siapa pelaku kejahatannya, Conan akan menjelaskan bagaimana kejahatan yang diperbuat si pelaku, dari awal sampai akhir. Saat Conan menjelaskan kejahatan pelaku, hal ini dilakukan melalui sebuah proses yang dinamakan pengamatan. Dalam ilmu pengetahuan alam, pengamatan juga dilakukan lho, yuk kita pelajari kenapa pengamatan digunakan dalam ilmu pengetahuan alam.

Melakukan PengamatanDengan pengamatan, kita dapat mengungkap kebenaran (sumber: http://laoblogger.com)

Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah sebuah ilmu yang berkembang dari hasil pengamatan para ilmuwan zaman dahulu. Pengamatan yang mereka lakukan akan dijadikan sebuah perkiraan (hipotesis), sebelum nantinya akan dijadikan suatu teori. Teori yang para ilmuwan temukan itu nantinya digunakan untuk menguak kejadian/fenomena alam yang terjadi.

Pengamatan dalam IPA atau bisa juga disebut dengan pengamatan ilmiah IPA. Pengamatan ini mempunyai beberapa langkah yang harus kamu lalui, langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pengamatan

    • Penggunaan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang objek yang sedang diamati

2. Pembuatan Inferensi

    • Pembuatan inferensi adalah membuat deskripsi berdasarkan hasil pengamatan, penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola atau hubungan antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan

3. Mengomunikasikan

    • Hal ini adalah tahap di saat kita memberi tahu orang-orang atas apa yang telah kita amati. Hal yang kamu komunikasikan bisa macam-macam lho, seperti tabel, grafik, atau gambar yang relevan. Oh iya, video dan tulisan juga termasuk dalam tahapan ini ya!

Setelah membaca paragraf-paragraf di atas, pasti muncul pertanyaan di kepala kamu, yang bunyinya “apa gunanya pengamatan ipa ini? Apakah bumi datar? Siapa akuuu?gak, gak gitu, becanda. Hanya saja, minimal kalian pasti bertanya, untuk apa gunanya pengamatan ini? Oke lah kalo begitu. Dengan belajar pengamatan ilmiah IPA maka kalian dapat:

  1. Memahami berbagai hal di sekitar kita, misalnya kenapa matahari bersinar? Atau kenapa pelangi warnanya 7?
  2. Meningkatkan kualitas hidup, karena pengamatan, kamu bisa menentukan tanaman apa yang cocok ditanam di kebun kamu yang berada di kaki gunung
  3. Menyelesaikan masalah, misalnya kamu bertemu aliran air kotor, tetapi digunakan untuk mandi oleh masyarakat sekitar, kamu bisa membuat penyaring sederhana untuk membuatnya menjadi bersih.
  4. Berpikir logis dan sistematis, membuat kamu terbiasa berpikir secara berurutan, dan menggunakan logika ilmiah dalam menyimpulkan sesuatu

Harap diingat, pengamatan ini gak bisa ngabulin permintaan kamu seperti Dragonball ya. Karena ini digunakan untuk mencari metode ilmiah dan teori dalam menjawab pertanyaan ilmiah.

Jadi dalam pengamatan ilmiah IPA, apa saja yang diamati? Wah, jika kita bertanya seperti itu maka jawabannya adalah semua benda yang ada di alam dan interaksinya, mulai dari yang terkecil seperti atom, bakteri, atau virus, hingga yang besar seperti matahari, bumi, jagat raya atau bagaimana Tsubasa melakukan tendangan salto.

Tendangan saltoTendangan salto, adalah salah satu peristiwa yang cukup menarik untuk diamati dengan pengamatan ilmiah IPA (sumber: giphy.com)

Pengamatan ilmiah IPA mempunyai 4 fokus utama, fokus ini adalah bidang keilmuan dalam IPA yang lebih di khususkan untuk melihat suatu permasalahan dan mencari pemecahannya, yaitu:

Fokus Pengamatan Ilmiah IPA

Fokus Pengamatan Ilmia IPABagaimana Squad, kalian udah ngerti kan kenapa kita harus melakukan pengamatan ilmiah IPA. Banyak banget gunanya buat hidup kita. Selain itu dengan melakukan pengamatan, kalian dapat menjadi orang yang lebih peka terhadap lingkungan, siapa tahu kalian dapat menemukan spesies binatang baru karena pengamatan dan jadi terkenal.

Nah sebelum mengamati keluar, ada baiknya kamu belajar dulu soal-soal keren tentang pengamatan ilmiah IPA di ruanguji, agar kamu makin paham dan bisa beneran menemukan spesies baru.

New call-to-action

Beri Komentar