Pengaruh Letak Geografis Bagi Kehidupan | IPS Terpadu Kelas 6

Pengaruh Letak Geografis Bagi Kehidupan

Pada petualangan Roro dan Guntur kali ini, kita akan sama-sama belajar mengenai pengaruh letak geografis bagi kehidupan. Wah, apa aja ya, pengaruhnya? Penasaran? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak cerita berikut!

---

Sebelum masuk ke cerita Roro dan Guntur, Ruangguru mau kasih tau kamu kalau materi dalam cerita ini sudah ada video terbarunya lho, di ruangbelajar! 

kondisi geografis yang mempengaruhi sosial masyarakat

Penasaran sama videonya? Keliatannya seru, kan? Eits, tapi sebelum masuk ke videonya, kita mulai dulu yuk, ceritanya!

Siang itu, Roro mengundang Guntur ke rumahnya untuk mencicipi siomay buatan ibunya. Mereka menyantap siomay tersebut dengan lahap.

“Siomay itu aslinya dari Tiongkok bukan sih, Ro?” tanya Guntur.

Yup! Betul, Guntur. Siomay itu makanan asli dari Tiongkok.” jawab Roro.

Wah, tadinya kukira makanan asli Bandung lho, Ro. Ternyata dari Tiongkok.” ujar Guntur.

Hehehe.. Wajar sih, Guntur. Soalnya siomay itu makanan asli Tiongkok yang sudah sejak lama masuk ke Indonesia. Jadi sudah terasa seperti makanan asli Indonesia, padahal bukan.”

Oh begitu. Eh tapi, kok bisa sih, makanan Tiongkok masuk ke Indonesia sejak lama?” tanya Guntur.

Sebelum Roro menjawab, tiba-tiba Kanguru muncul dan menjawab pertanyaan Guntur.

“Itu karena pengaruh dari letak geografis Indonesia, Guntur.” jawab Kanguru.

Eh, Kanguru! Bikin kaget aja, kamu!” ujar Guntur setengah berteriak karena kaget.

“Iya, nih! Aku juga kaget!” ujar Roro.

Hehehe, maaf ya, teman-teman..”

Eh, ngomong-ngomong, tadi kamu bilang apa, Kanguru? Itu karena pengaruh apa?” tanya Guntur.

Oh, ituu.. Karena pengaruh dari letak geografis Indonesia, Guntur. Masuknya budaya Tiongkok ke Indonesia sejak jaman dahulu adalah salah satu contoh pengaruh letak geografis Indonesia bagi kehidupan. Karena letak geografis Indonesia dan Tiongkok masih berada dalam satu benua yang sama, yaitu benua Asia, jadi lebih mudah terjadi pertukaran budaya antara kedua negara ini daripada dengan negara lain yang berbeda benua.” jelas Kanguru.

Oh, begitu ya, Kanguru. Eh tapi, letak geografis itu maksudnya bagaimana sih, Kanguru?” tanya Guntur kembali.

Letak geografis adalah letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi.” jawab Kanguru.

Letak Geografis Indonesia

Ooh.. berarti letak geografis setiap negara itu berbeda-beda ya, Kanguru?” tanya Roro.

“Betul, Ro. Setiap negara punya letak geografisnya masing-masing. Oleh karena itu, pengaruh bagi kehidupan masyarakatnya pun juga berbeda.”

Hmm.. memangnya apa aja contoh pengaruh letak geografis bagi kehidupan, Kanguru?” ganti Guntur yang bertanya kepada Kanguru.

Pengaruh letak geografis bagi kehidupan, salah satunya yaitu dapat mendorong terjadinya interaksi dan kerja sama dengan negara lain, terutama negara-negara yang berada di sekitarnya.” jelas Kanguru.

Interaksi Indonesia dengan Asia dan Australia

“Interaksi dan kerja sama seperti apa contohnya, Kanguru?” tanya Guntur.

Interaksi dan kerja sama yang terjalin bisa di bidang apa saja, tapi yang paling menonjol adalah kerja sama di bidang sosial budaya. Contohnya, kerja sama antara Indonesia dengan Korea yang saat ini sering terjadi, yaitu mengundang artis Korea sebagai pengisi acara di Indonesia. Nah, melalui kerja sama ini, tidak hanya kita yang bisa mempelajari budaya mereka, lho! Mereka pun juga bisa mempelajari budaya kita.” jelas Kanguru.

Baca juga: Kerja Sama ASEAN: Manfaat dan Peran

Oh iya, betul tuh, Kanguru! Kemarin aku lihat di TV, artis Korea yang mengisi acara diminta untuk mengucapkan beberapa kalimat dalam Bahasa Indonesia. Wah, Bahasa Indonesia jadi terkenal, dong!” ujar Guntur bersemangat.

“Betul, Guntur. Yang lebih menarik lagi nih, dengan saling bertukar budaya dengan negara lain, kebudayaan kita bisa menjadi semakin kaya lho, karena pertukaran budaya bisa mendorong terjadinya akulturasi budaya.” jawab Kanguru.

Akulturasi Budaya

Oh, jadi seperti itu. Hmm.. selain di bidang sosial budaya, apa ada pengaruh lain lagi, Kanguru?” tanya Guntur.

“Tentu ada, dong! Selain di bidang sosial budaya, letak geografis juga dapat memberikan pengaruh di bidang lainnya, misalnya di bidang ekonomi.” jelas Kanguru.

Pengaruh Letak Geografis di Bidang Ekonomi

Oh, begitu. Terus terus? Masih ada lagi nggak, Kanguru?” tanya Roro penasaran.

“Ada, Ro. Pengaruh yang lainnya lagi yaitu, Indonesia menjadi negara yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan.” jawab Kanguru.

Hmm.. ternyata pengaruh letak geografis bagi kehidupan ada banyak, ya.” ujar Roro.

“Iya betul, Ro. Sekarang aku jadi paham deh, tentang letak geografis dan juga pengaruhnya bagi kehidupan. Terima kasih ya, Kanguru.” ujar Guntur.

“Sama-sama. Nah, sekarang gimana kalau kita lanjutin makan siomay-nya? Laper, nih!” ujar Kanguru sambil mengusap perutnya.

Yuk!” ujar Roro.

Materi dalam cerita Roro dan Guntur tadi kalau di dalam video animasi ruangbelajar seperti apa ya, jadinya? Pasti lebih seru dan makin gampang dipahami, deh!

WhatsApp Image 2021-01-05 at 20.03.20

Menghadapi semester baru ini, Ruangguru hadir sebagai SuperApp yang siap menemani kamu belajar lebih maksimal lagi. Ruangguru bakal bikin belajar kamu jadi super mudah karena video belajarnya disusun secara rapi dan nggak bikin bingung.

Selain makin mudah dimengerti, nantinya akan jadi super paham juga karena ada konsep kilat yang bisa kamu pahami di setiap materinya. Selain itu, video belajar di Ruangguru bisa diunduh dan ditonton berulang kali, lho! Wah, otomatis jadi super irit, deh. Penasaran? Yuk, gabung di ruangbelajar dengan klik banner di bawah ini!

ruangbelajar

Referensi:

Karitas, D. P. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 5: Ekosistem. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Beri Komentar