Pengaruh Letak Geografis Bagi Kehidupan | IPS Terpadu Kelas 6

Pengaruh Letak Geografis Bagi Kehidupan

Pada petualangan Roro dan Guntur kali ini, kita akan sama-sama belajar mengenai pengaruh letak geografis bagi kehidupan. Wah, apa aja ya, pengaruhnya? Penasaran? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak cerita berikut!

 

Sebelum masuk ke cerita Roro dan Guntur, Ruangguru mau kasih tau kamu kalau materi dalam cerita ini sudah ada video terbarunya lho, di ruangbelajar

Penasaran sama videonya? Kamu bisa akses videonya dengan cara berlangganan ruangbelajar, lho! Eits, tapi sebelum itu, kita baca dulu yuk, ceritanya!

Siang itu, Roro mengundang Guntur ke rumahnya untuk mencicipi Thai Tea buatan ibunya. Mereka meminum Thai Tea dingin tersebut dengan gembira. 

“Thai Tea itu aslinya dari Thailand  bukan sih, Ro?” tanya Guntur.

Yup! Betul, Guntur. Thai Tea itu minuman asli dari Thailand .” jawab Roro.

Wah, tadinya kukira minuman asli Indonesia lho, Ro. Ternyata bukan. ” ujar Guntur.

Hehehe.. Wajar sih, Guntur. Soalnya di Indonesia, minuman ini sangat terkenal dan tersedia di mana-mana. Jadi sudah terasa seperti minuman asli Indonesia, padahal bukan.”

Oh begitu. Eh tapi, kok bisa sih, minuman dari Thailand masuk ke Indonesia?” tanya Guntur.

Sebelum Roro menjawab, tiba-tiba Kanguru muncul dan menjawab pertanyaan Guntur.

“Itu karena pengaruh dari letak geografis, Guntur.” jawab Kanguru.

Eh, Kanguru! Bikin kaget aja, kamu!” ujar Guntur setengah berteriak karena kaget.

“Iya, nih! Aku juga kaget!” ujar Roro.

Hehehe, maaf ya, teman-teman..”

Eh, ngomong-ngomong, tadi kamu bilang apa, Kanguru? Itu karena pengaruh apa?” tanya Guntur.

Oh, ituu.. Karena pengaruh dari letak geografis, Guntur. Masuknya budaya Thailand ke Indonesia adalah salah satu contoh pengaruh letak geografis bagi kehidupan. Karena letak geografis Indonesia dan Thailand masih berada dalam satu wilayah yang sama, yaitu Asia atau lebih tepatnya di Asia Tenggara, jadi lebih mudah terjadi pertukaran budaya antara kedua negara ini daripada dengan negara lain yang berbeda benua.” jelas Kanguru.

Oh, begitu ya, Kanguru. Eh tapi, letak geografis itu maksudnya bagaimana sih, Kanguru?” tanya Guntur kembali.

“Letak geografis adalah letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi.” jawab Kanguru.

 

Letak Geografis ASEAN

 

Ooh.. berarti letak geografis setiap negara itu berbeda-beda ya, Kanguru?” tanya Roro.

“Betul, Ro. Setiap negara punya letak geografisnya masing-masing. Oleh karena itu, pengaruh bagi kehidupan masyarakatnya pun juga berbeda.”

Hmm.. memangnya apa aja contoh pengaruh letak geografis bagi kehidupan, Kanguru?” ganti Guntur yang bertanya kepada Kanguru.

“Pengaruh letak geografis bagi kehidupan, salah satunya yaitu dapat mendorong terjadinya interaksi dan kerja sama dengan negara lain, terutama negara-negara yang berada di sekitarnya.” jelas Kanguru.

 

Kerjasama Negara-Negara ASEAN

 

“Interaksi dan kerja sama seperti apa contohnya, Kanguru?” tanya Guntur.

“Interaksi dan kerja sama yang terjalin  contohnya yaitu ajang SEA Games. SEA Games merupakan ajang olahraga antar negara-negara ASEAN. Selain menjadi ajang olahraga, SEA Games juga memungkinkan terjadinya pertukaran budaya dan meningkatkan ekonomi di bidang pariwisata.” jelas Kanguru. 

Baca juga: Kerja Sama ASEAN: Manfaat dan Peran

Oh begitu ya,  Kanguru. Ternyata ajang olahraga seperti SEA Games bisa membawa banyak manfaat di berbagai bidang, ya!” ujar Guntur bersemangat.

“Betul, Guntur. Yang lebih menarik lagi nih, dengan saling bertukar budaya dengan negara lain, kebudayaan kita bisa menjadi semakin kaya lho, karena pertukaran budaya bisa mendorong terjadinya akulturasi budaya.” jawab Kanguru.

 

Akulturasi Budaya

 

Oh, jadi seperti itu. Hmm.. selain itu, apa ada pengaruh lain lagi, Kanguru?” tanya Guntur.

“Tentu ada, dong! Selain di bidang sosial budaya, letak geografis juga dapat memberikan pengaruh di bidang lainnya, misalnya di bidang ekonomi.” jelas Kanguru.

 

Pengaruh Letak Geografis di Bidang Ekonomi

 

Hmm.. ternyata pengaruh letak geografis bagi kehidupan ada banyak, ya.” ujar Roro.

“Iya betul, Ro. Sekarang aku jadi paham deh, tentang letak geografis dan juga pengaruhnya bagi kehidupan. Terima kasih ya, Kanguru.” ujar Guntur.

“Sama-sama. Nah, sekarang gimana kalau kita lanjutin minum  Thai Tea-nya? Haus nih!” ujar Kanguru.  

Yuk!” ujar Roro.

Materi dalam cerita Roro dan Guntur tadi kalau di dalam video animasi ruangbelajar seperti apa ya, jadinya? Pasti lebih seru dan makin gampang dipahami, deh!

 

Materi Pengaruh Letak Geografis Bagi Kehidupan di ruangbelajar

 

Menghadapi semester baru ini, Ruangguru hadir sebagai SuperApp yang siap menemani kamu belajar lebih maksimal lagi. Ruangguru bakal bikin belajar kamu jadi super mudah karena video belajarnya disusun secara rapi dan nggak bikin bingung.

Selain makin mudah dimengerti, nantinya akan jadi super paham juga karena ada konsep kilat yang bisa kamu pahami di setiap materinya. Selain itu, video belajar di Ruangguru bisa diunduh dan ditonton berulang kali, lho! Wah, otomatis jadi super irit, deh. Penasaran? Yuk, gabung di ruangbelajar dengan klik banner di bawah ini!

 

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

 

Artikel ini telah diperbarui pada 5 Juli 2021.

Referensi:

Karitas, D. P. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 5: Ekosistem. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Kenya Swawikanti