Pengaruh Perubahan Iklim Global

Created by : Aulia Annaisabiru E
on May 16, 2018 12:08:06 PM
3 min read

Geografi_10

Squad, sadar tidak sekarang panas matahari sangat terik menyengat ke tubuh kita?Sehingga banyak yang menggunakan payung, jaket hingga tabir surya untuk menaggulangi sinar matahari yang sangat terik ini. Tapi tahukah kamu apa yang menyebabkan hal ini? Yap, karena fenomena perubahan iklim global yang menyebabkan adanya meningkatan suhu udara bumi yang dari waktu-ke waktu mengalami penurunan, hingga terasa panas seperti hari ini. Squad, dampak perubahan iklim ini tidak hanya dirasakan di Indonesia saja lho, tapi juga dirasakan oleh seluruh manusia di dunia bahkan berdampak juga bagi lingkungan, ekonomi, kesehataan hingga kelestarian flora dan fauna. Untuk lebih jelasnya, baca sampai habis ya!

Pemanasan global

Pemanasan global (Sumber: giphy.com)

Apa penyebab perubahan iklim? Perubahan iklim disebabkan oleh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca atau disebut juga GRK di atmosferNah, karena gas ini radiasi gelombang panjang yang panas tertahan, akibatnya atmosfer bumi semakin memanas.

giphy (3)-2

Proses terjadinya efek rumah kaca (Sumber: giphy.com)

Lalu siapa pelakunya? Kita, manusia. Aktivitas manusia dibarengi dengan kemajuan teknologi industri mempercepat terjadinya perubahan iklim seperti limbah, asap dari transportasi dan industri berbahan bakar fosil hingga kotoran hewan dan tumbuhan yang menumpuk dapat mengahasilkan gas metana yang berperan dalam terbentuknya GRK di atmosfer.

sosiologi image (1)-2

Supaya makin paham yuk uraikan satu persatu dampak iklim bagi kehidupan

1. Berkurangnya sumber air

Terus bertambahnya jumlah penduduk berdampak pada tingginya permintaan air, kemudian mengakibatkan penyedotan besar-besaran terhadap sumber air yang ada. Khususnya untuk daerah Jakarta, naiknya permukaan air laut dapat membuat batas antara air tanah dan air laut semakin jauh ke dataran sehingga dapat mencemari sumber air minum.

2. Siklus yang tidak sehat

Meningkatnya suhu ditambah bertambahnya penduduk di dunia akan meningkatkan permintaan energi. Energi yang digunakan akan menghaslkan emisi yang menyebabkan perubahan iklim.

3. Meningkatnya penyakit pernapasan

Polusi udara yang sangat berbahaya bagi tubuh dapat mengakibatkan menurunkan fungsi paru-paru manusia. Di kota besar, seperti New York City, Amerika Serikat, kasus asma meningkat sebanyak 10%.

4. Rusaknya infrastuktur

Perubahan iklim memicu lebih banyak cuaca ekstrem yang menghasilkan bencana. Seperti, hujan dalam intensitas tinggi menyebabkan banjir, akibatnya  dapat merusak infrastruktur yang ada.

Nah, karenanya mulai sekarang yuk cintai bumi kita dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan, kurangi penggunaan barang-barang yang terbuat dari plastik, hemat air, listrik, dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Agar dampak perubahan iklim global yang sudah dijelaskan diatas, bisa dikurangi dan dihentikan. Stop global warming! Oh iya, kalau kamu masih merasa bingung dalam bisa tanya di ruanglesonline. Disana kamu akan bertemu tutor yang bisa membantumu untuk memahami materi ini dan materi lainnya. #BelajarJadiPraktis

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas X geografi IX

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read