Kimia Kelas 10 | Pengelompokan dan Kecenderungan Tabel Periodik dalam Pembuatan Smartphone

tabel periodik

 

Sistem pengelompokan dalam tabel periodik saat ini serta bagaimana kecenderungan dalam tabel periodik/sifat keperiodikan akan dibahas dalam artikel ini dengan mudah dan simple.

--

Coba perhatikan deh smartphone yang kamu miliki. Komponen-komponen smartphone yang canggih itu terbuat dari salah satu dari 118 unsur kimia yang ada di bumi. Tapi perrnah ngga berpikir, kok bisa ya orang kepikiran untuk memakai unsur kimia Litium atau Kobalt untuk membuat baterai di smartphone? Atau bagaimana bisa kepikiran menggunakan unsur Alumunium, Silikon, Lanthanum, dan unsur lainnya pada layar smartphone? Apa semua unsur dicoba satu per satu? Tidak mungkin kan. Di sinilah pengelompokan dan kecenderungan tabel periodik berperan, Squad. Gimana tuh?

pengelompokan tabel periodik

Pernah lihat tabel periodik sebelumnya kan? Itu lho yang biasa di balik buku paket pelajaran Kimia. Seperti ini nih bentuknya.

 

tabel periodik terbaru

Tabel Periodik terbaru (sumber : sciencenotes.org)

Tapi kenapa ya pengelompokan dalam tabel periodik seperti itu? Kenapa unsur Karbon (C) dan Silikon (Si) terletak dalam satu kolom? Kenapa unsur Karbon (C), Nitrogen (N), dan Oksigen (O) terletak dalam satu baris? Apa hubungannya dengan pembuatan smartphone?

Nah, aturan pada pengelompokan ini adalah, baris (periode) dalam tabel periodik menunjukkan kulit terluar dan kolom (golongan) pada tabel periodik menunjukkan jumlah elektron di kulit terluar. Padahal, nomor kulit terluar dan jumlah elektronnya bisa dicari dari konfigurasi elektron unsur tersebut, Squad. Coba ingat kembali materi konfigurasi elektron dan diagram orbital (insert link). Setelah itu coba lihat deh contohnya.

unsur karbon dalam tabel periodik

Sistem seperti ini pertama kali diperkenalkan oleh Dmitri Mendeleev. Hasilnya? Mengagumkan! Ternyata ditemukan bahwa terdapat trend atau kecenderungan sifat unsur dalam satu baris (periode) dan kolom (golongan)! Inilah yang dimanfaatkan nantinya dalam menentukan unsur apa yang dipakai untuk membuat sebuah smartphone. Cek penjelesannya di bawah yuk.

kecenderungan tabel periodik

Ada banyak kecenderungan dalam satu baris dan satu kolom tabel periodik. Dengan melihat kecenderungan tersebut, kita bisa menebak unsur mana yang paling kecil, paling bisa menghantarkan listrik, paling tinggi titik didihnya, dan masih buanyak lagi sifat yang bisa kita tebak. Nantinya bisa dimanfaatkan deh untuk membuat smartphone. Coba perhatikan kecenderungan tabel periodik yang paling sering dibahas di bawah.

kecenderungan tabel periodik

Baca juga: Mencari Bilangan Kuantum 

Misalnya kita membutuhkan unsur yang jari-jari atomnya kecil untuk bisa dicampur dengan unsur lain, punya sifat logam yang besar agar bisa menghantarkan listrik, titik leleh yang tinggi agar tidak mudah meleleh saat menerima panas, dan gampang dibentuk/dipotong sebagai salah satu bahan pembuat baterai smartphone. Nah, dengan bantuan kecenderungan pada tabel periodik, kita bisa memilih dengan mudah deh mana unsur yang mau dipakai, misalnya Litium.

Begitu juga kalau kita mau membuat benda lain. Benda-benda dengan teknologi terkini butuh banyak sekali sifat yang harus diperhatikan. Contohnya sifat kemagnetan, kelenturan, kemampuan memantulkan cahaya, dan buaaaanyak sifat-sifat lain. Jadi kecenderungan pada tabel periodik ini benar-benar memudahkan kita, Squad! Tinggal cari sifat apa yang diperlukkan, cari unsur yang cocok di tabel periodik, dan tinggal diuji deh. Keren kan?

fakta-fakta pada tabel periodik

Kalau kamu mau mempelajari lebih lanjut tentang tabel periodik, langsung aja daftar di ruangbelajar. Di sana ada banyak sekali video materi dan pembahasan soal yang menarik. Pastinya bakal bantu banget, apalagi bagi kamu yang punya cita-cita tinggi jadi penemu bahan untuk teknologi canggih. Langsung sikat, Squad!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts