Matematika Kelas 12 | Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam Matematika

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam Matematika

Squad, siapa yang suka dengan proses pengolahan data dan angka-angka? Atau ada yang sudah pernah melakukan proses pengolahan data sebelumnya? Proses pengolahan data ini erat sekali kaitannya dengan statistika. Kamu tentu sudah familiar dengan istilah statistika kan, ya? Kalau dengan istilah statistik data tunggal sudah cukup familiar, belum? Sekarang kita mau belajar tentang statistik data tunggal dalam matematika, nih. Belajar bareng-bareng, yuk! 

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam Matematika

Yuk, belajar statistik! (Sumber: Shutter Stock)

Squad, ada 9 istilah statistik yang harus kalian pahami. Kesembilan istilah tersebut adalah rataan hitung, modus, median, jangkauan, quartil, simpangan quartil, simpangan rata-rata, ragam, dan simpangan baku. Sekarang yuk, bahas satu persatu! 

Rataan Hitung

Squad, rataan hitung ini sama saja dengan rata-rata nilai hasil hitung, ya! Contohnya nilai rata-rata ulangan matematikamu selama semester 1 di kelas XII. Hayo, nilai rata-ratanya bagus nggak, nih? Atau ada yang justru masih penasaran gimana cara menghitung nilai rata-ratanya? Nih, ada rumus yang bisa kamu pakai untuk menghitung rataan hitung. Lihat rumusnya di bawah, ya! 

statistik 1Berdasarkan rumus di atas, nilai rata-rata bisa dihitung dengan cara menjumlahkan semua data lalu dibagi dengan banyaknya data yang ada. Jadi, berapa nilai rata-rata ulangan matematikamu selama kelas XII ini? 

Modus

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam Matematika

Ada yang suka modus di perpustakaan? (Sumber: Shutter Stock)

Modus yang dimaksud di sini bukan modus seperti foto di atas ya, Squad. Yang dimaksud dengan modus dalam statistika adalah data yang paling sering muncul atau data yang memiliki frekuensi terbesar di antara data-data lainnya. Coba sekarang tebak, ya. Kalau di antara data 6 6 6 7 8 9 9 9 9 9 5, modusnya yang mana? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya! 

Median

Kamu sudah tau apa artinya median? Median itu nilai tengah. Kamu tahu nggak, sih, median ini ada 2 jenisnya. Kedua jenis median tersebut adalah median untuk data ganjil dan data genap. Rumus yang dipakai untuk menghitungnya pun berbeda. Seperti apa sih, rumusnya? 

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam Matematika

Jangkauan

Sesuai dengan namanya, jangkauan itu mencakup data terbesar dan data terkecil. Jangkauan digunakan untuk menghitung selisih nilai tertinggi dan nilai terkecil dalam kelompok data tersebut. Oleh karena itu, rumus yang digunakan untuk menghitung jangkauan adalah Xmax-Xmin. 

Kuartil

Kuartil atau Qi adalah nilai yang membagi sekumpulan data yang telah disusun ke dalam 4 bagian sama besar. Wah, maksudnya apa ya? Ilustrasinya kurang lebih seperti ini, disimak baik-baik ya! 

statistik 3

Simpangan Kuartil

Yang dimaksud dengan simpangan kuartil adalah jangkauan dari ketiga kuartil itu sendiri. Kamu bisa menghitung simpangan kuartil dengan rumus berikut:

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam Matematika

Simpangan Rata-Rata

Selain simpangan kuartil, ada juga yang namanya simpangan rata-rata. Rumus simpangan rata-rata ini agak panjang, jadi pastikan kamu memperhatikannya baik-baik, ya! 

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam MatematikaOh iya, hasil penghitungan dari simpangan rata-rata selalu positif ya, Squad. Jadi kalau hasilnya negatif, kayaknya kamu salah menghitungnya deh. Hehehe

Ragam

Ragam yang dimaksud dalam statistik bukan ragam makanan favorit atau ragam acara televisi favorit, ya. Rumusnya juga agak panjang, jadi jangan lupa perhatikan baik-baik, ya! 

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam MatematikaSimpangan Baku

Rumus statistik data tunggal yang terakhir adalah simpangan baku, atau yang biasa dikenal dengan istilah deviasi standar. Rumusnya seperti ini, ya!

Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam MatematikaWah, rumusnya data tunggal ini banyak banget, ya! Jangan lupa kamu ingat-ingat supaya nggak tertukar, ya! Kamu ingin bertanya lebih lanjut tentang statistika? Butuh bantuan dari guru les, tapi males belajar dengan metode tatap muka? Tanya lewat ruanglesonline saja! Kapan lagi kan, tanya PR dengan guru privat berkualitas tapi cuma modal HP dan foto soalnya aja? Kuy, coba sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar