Pengertian Biaya Peluang (Opportunity Cost)

Ekonomi_10

Squad, pernahkah kamu merasa bingung mau makan mie goreng dan mie kuah tapi hanya memiliki uang sebesar Rp10.000,00 yang hanya cukup untuk membeli salah satunya? Lalu akhirnya kamu harus memutuskan untuk memilih satu dari pilihan tersebut, misalnya lebih membeli mie goreng.


Mie goreng vs Mie kuah (Sumber: twitter.com/jak10fm)

Kalau kamu pernah melakukan hal tersebut, dalam ilmu ekonomi disebut sebagai biaya peluang. Artinya, biaya peluang dalam ilustrasi tersebut adalah satu mangkuk mie kuah, dengan kamu memilih mie goreng maka kamu kehilangan kesempatan untuk membeli mie kuah.

Nah, kenapa sih biaya peluang bisa muncul?

Penyebab biaya peluang

 

Biaya peluang muncul karena sumber-sumber daya ekonomi bersifat terbatas sehingga memaksa manusia untuk melakukan pilihan dalam memenuhi kebutuhannya yang tentunya didasarkan pada skala prioritas kebutuhan. Pilihan yang dibuat akan mengakibatkan pengorbanan pada pilihan yang lain dan timbulnya biaya peluang.

Baca juga: Macam-macam Alat Kebutuhan dan Alat Pemenuhannya

Dalam perhitungannya, biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Bisa juga berupa waktu, kesenangan, keuntungan di masa depan, dan faktor-faktor lainnya. Dalam pengambilan keputusannya biaya peluang ini tergantung pada tujuan dan situasi yang dialami individu.

Untuk mencari biaya peluang adalah dengan cara mencari pilihan yang ditinggalkan dengan nilai tertinggi. Simak contoh soal berikut ini ya.

Contoh Soal dan Pembahasan

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Menghitung biaya peluang caranya adalah dengan mencari pilihan yang ditinggalkan dengan opsi yang terbesar. Karena Rendi lebih memilih bekerja di perusahaan elektronik, maka ia meninggalkan pilihan bekerja di perusahaan motor. Dengan demikian ia meninggalkan kesempatan untuk mendapatkan gaji Rp3.000.000,00

Jadi gimana Squad, sudah tahu kan apa itu pengertian biaya peluang dan bagaimana cara menghitungnya? Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang biaya peluang dan contoh-contoh soal lainnya, kalian bisa cari tahu melalui ruangbelajar. Di ruangbelajar tersedia banyak materi dengan video beranimasi yang keren lho. Daftar sekarang yuk!

 ruangbelajar

Beri Komentar