Bahasa Indonesia Kelas 12 | Pengertian dan Ciri-ciri Gurindam

Bahasa Indonesia_12

Squad, pernah mendengar kata “Gurindam”? Atau diantara kalian ada yang mengetahui Raja Ali Haji? Hmmmm…. belum pernah mendengar ya? Baiklah, gurindam itu sebuah karya sastra juga lho. Nah, dalam artikel ini kita mencari tahu dulu nih apa sih pengertian dan ciri-ciri gurindam. Baru setelah itu kita cari tahu hubungan antara gurindam dengan Raja Ali Haji. Sudah siap Squad?

Apa sih gurindam itu? Gurindam itu merupakan puisi lama yang berisi nasihat atau sindiran.

Gurindam mengandung ajaran atau nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut berupa kebenaran atau sindiran dalam bersikap dan bertingkah laku. Nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam tersebut dimaksudkan untuk memberi nasihat.

Oh iya Squad, gurindam itu memiliki ciri lho dalam penulisannya. Seperti apa ya ciri penulisan dari gurindam? Simak kata Rogu berikut.

pengertian dan ciri-ciri gurindam

Nah, itu tadi pengertian dan ciri-ciri gurindam. Squad tahu tidak, ada salah satu sastrawan yang sangat terkenal dengan gurindamnya? Iya, Raja Ali Haji. Di awal artikel tadi sudah sempat disinggung sedikit nama Raja Ali Haji, bukan?

Raja Ali Haji itu merupakan sastrawan dan pahlawan nasional dari Pulau Penyengat, Riau. Beliau memiliki gurindam yang sangat terkenal yang disebut dengan “Gurindam Dua Belas”. Kenapa disebut dengan “Gurindam Dua Belas”?

gurindam dua belas - pengertian dan ciri-ciri gurindam

 Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji (sumber: wartapilihan.com)

Begini Squad, gurindam yang dibuat oleh Raja Ali Haji tersebut terdiri dari 12 pasal dan dikategorikan sebagai Syi’ir al-Irsyadi atau puisi didaktik. Dikategorikan sebagai puisi didaktik karena berisikan nasihat-nasihat dan petunjuk dalam kehidupan.

Baca Juga: 3 Jenis Puisi Kontemporer

Coba kamu perhatikan contoh gurindam berikut ini ya

Kalau bekerja terburu-buru,

tentulah kerja banyak keliru

Coba Squad, maksud dari gurindam tersebut apa? Apakah masih relevan dengan kehidupan kita sehari-hari?

Ya, maksud dari gurindam tersebut kita dalam bekerja itu hendaknya jangan terburu-buru. Pekerjaan yang dilakukan terburu-buru tentu tidak akan berhasil dengan baik karena seringkali terjadi banyak kesalahan di dalamnya.

Untuk memperdalam pemahaman kalian tentang pengertian dan ciri-ciri gurindam, simak contoh soal berikut dan pembahasannya ya.

 

Contoh Soal dan Pembahasan

 

Jawaban: D

Penjelasan:

Salah satu ciri Gurindam adalah bersajak a-a, larik pertama berakhiran -an. Oleh sebab itu, jawaban yang paling tepat adalah pilihan D.

rangkuman pengertian dan ciri-ciri gurindam

Squad, sudah paham kan sekarang tentang pengertian gurindam dan ciri-cirinya? Berarti sekarang Squad bisa tuh buat ujicoba tryout online gratis di ruangguru. Yups, ruangguru menyediakan tryout online gratis yang bisa kalian dapatkan di ruanguji. Yuk, coba asah kemampuan kamu di ruanguji sekarang juga!

 New call-to-action

Beri Komentar