Teks Inspirasi: Ciri-Ciri dan Pengertian | Bahasa Indonesia Kelas 9

teks inspirasi

Squad, seringkali kita merasa putus asa dan kehilangan inspirasi. Apakah kalian pernah merasa demikian? Untuk mendapatkan inspirasi, kita harus mencari dari berbagai macam hal dan sumber. Nah, jika kamu sedang membutuhkan inspirasi dalam hidup, teks inspirasi dapat menjadi salah satu dari beberapa sumber inspirasi kalian. Apa itu teks inspirasi? Yuk, kita pelajari!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspirasi adalah ilham. Jadi, teks inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan definisi tadi, tujuan teks inspirasi adalah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan secara positif.

Ciri-Ciri Teks Inspirasi

1. Kisah nyata

Teks inspirasi biasanya diangkat atau diadaptasi dari sebuah kisah nyata. Ini digunakan untuk memberikan gambaran bahwa hal-hal yang terjadi dalam kisah tersebut ternyata dapat juga terjadi dalam kehidupan pembaca.

2. Tema

Selain kisah nyata, setiap bentuk tulisan teks inspirasi dapat dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah inspirasi yang menarik.

3. Judul

Setiap teks inspirasi harus diberikan judul untuk memudahkan pembaca mengidentifikasi tentang gambaran isi teks.

4. Alur

Dalam teks inspirasi terdapat alur cerita untuk memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah. Maka, teks inspirasi juga dapat disebut sebagai teks cerita karena di dalamnya terdapat alur, yaitu urutan waktu cerita dari awal hingga akhir yang dapat dipahami pembaca.

5. Bersifat naratif

Teks inspirasi tentunya bersifat naratif atau cerita karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, di dalamnya terdapat alur.

6. Ada tokoh yang diceritakan

Pada teks inspirasi terdapat tokoh cerita dengan kisah hidupnya yang dijadikan sumber inspirasi, contoh, atau teladan bagi pembaca. Pada umumnya, tokoh dalam cerita inspiratif adalah manusia.

ciri2 teks inspirasi.png

Unsur Teks Inspirasi

1. Abstraksi

Bagian yang pertama ini bersifat optional, boleh ditulis atau tidak. Namun, biasanya bagian ini seringkali tidak ditulis. Abstraksi merupakan gambaran tentang isi teks.

2. Orientasi

Bagian ini berisi pengenalan tokoh, latar tokoh dan tema. Pengenalan tokoh terdapat pada paragraf pertama, sedangkan latar tokoh biasanya terdapat pada paragraf pertama dan kedua.

3. Koda

Koda dalam teks inspirasi adalah saran dan solusi dari permasalahan yang terjadi dan dapat diteladani. Amanat dalam teks biasanya terdapat pada paragraf kelima.

Intinya, teks inspirasi merupakan teks yang berisi kisah nyata dan pengalaman hidup seseorang, yang dapat dijadikan inspirasi untuk menambah semangat dalam mencapai tujuan pembacanya. Mudah 'kan Squad? Cari inspirasi belajar melalui guru terbaik di ruangles. Kamu bisa memilih guru yang sesuai dengan keinginanmu dan belajar di mana pun dan kapan pun sesuai kebutuhan. Yuk, cari sekarang!

ruangles

Beri Komentar