Pengertian dan Contoh Teks Persuasi

Bahasa Indonesia_8.jpg

Squad, pernahkah kamu membaca teks persuasi? Persuasi atau persuasif berarti mengajak, membujuk, atau menyuruh. Nah, sesuai dengan arti katanya, teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Tulisan pada teks persuasi bersifat subjektif karena isinya merupakan murni pandangan pribadi penulisnya mengenai suatu topik. Maka, tidak jarang dalam teks persuasi ditemukan data-data pendukung lain untuk mendukung tulisan tersebut, sehingga pembaca tidak ragu untuk melakukan apa yang ditulis oleh penulis.

Syarat-syarat penyusun paragraf persuasi, antara lain:

1. Pilihan Kata

Hal yang kuat dalam teks persuasi adalah kata-katanya. Untuk itu, dalam menulis teks persuasi kita harus memilih kata-kata yang tepat sekaligus menarik.

2. Kemampuan mengolah emosi

Sesudah memilih kata, kita juga harus bisa mengolah emosi pembaca. Artinya, pembaca dapat mengobarkan atau meredam emosi pembaca dari tulisan yang kita buat, khususnya untuk teks persuasi politik atau propaganda.

3. Bukti-bukti/ fakta

Menambahkan bukti-bukti atau fakta untuk memperkuat gagasan yang kalian tulis dalam teks persuasi.

struktur teks persuasi

Contoh Teks Persuasi

Hindarilah Rokok Meskipun Sebatang

Alinea Pembuka

Rokok mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi sistem pernafasan. Tar dan nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia di mana 200 diantaranya beracun.

Alinea Penjelas

Semakin besar isi kandungan tar dan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif.

Alinea Penutup

Karena dampak negatifnya begitu besar maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.

Baca juga: Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi

  • Menggunakan kata bujukan (penting, harus, sepantasnya).
  • Menggunakan kata kerja imperatif (jadikanlah, hendaknya, waspadalah)
  • Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas.
  • Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif (jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu).

Sudah mengerti 'kan Squad? Tetap semangat belajar ya, supaya prestasi kalian terus meningkat. Untuk yang belum paham jangan khawatir, kalian sekarang bisa belajar dengan video belajar beranimasi di ruangbelajar. Selain video belajar, ada pula latihan soal beserta pembahasannya dan rangkuman berbentuk infografis. Yuk, buat #BelajarJadiMudah di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar