Bahasa Indonesia Kelas 6 | Pengertian dan Jenis Teks Formulir

teks-formulir-pengertian-jenisnya-adalah-contoh

Di cerita kali ini Guntur bersama ayahnya mendiskusikan beberapa contoh teks formulir yang diperoleh Guntur. Seperti apa rasa penasaran Guntur saat berdiskusi dengan ayahnya? Simak ceritanya berikut ini.

---

“Bagaimana, gula pasirnya sudah dapat?” tanya ayah Guntur.

“Dapat Pa. Ini,” Guntur menunjukkan tas belanja yang dibawanya.

“Oh iya Pa, Guntur mau nanya sesuatu nih. Tadi Guntur di sekolah itu dapat…”,

“Udah, ngomongnya nanti dulu. Kamu taruh dulu gulanya di dapur. Ditungguin sama mama soalnya,” ucap ayah Guntur yang langsung memotong ucapan Guntur.

Guntur bergegas menuju dapur. Tak lama, ia kembali ke ruang tengah menghampiri ayahnya sembari membawa beberapa lembaran kertas.

“Jadi, apa yang mau kamu tanyakan?” tanya ayah Guntur.

“Begini Pa, tadi itu di grup Whatsapp kelas, dikirimin dokumen gitu buat dicetak. Katanya sih form...form...formulir...pendaftaran. Iya. Formulir pendaftaran yang mau ikut menyumbang buka puasa untuk yayasan yatim piatu gitu Pa. Contohnya ini,” Guntur menyodorkan formulir tersebut ke ayahnya.

teks-pengertian-formulir-contoh-jenis-adalah-teks

Ayah Guntur melihat formulir tersebut dan berkata, “Oh ini. Tadi ibunya Roro itu ngasi tahu ini juga ke mama. Makanya, mama minta kamu buat beli gula pasir kan? Itu nanti katanya mau dibuat es campur gitu. Nanti menjelang buka puasa kita antar ke sekolah ya.”

Guntur mengangguk dan mengacungkan jempolnya.

“Oh iya Pa, aku mau tanya, kalau selebaran ini, namanya emang formulir ya?”

“Iya, Guntur. Formulir itu sendiri adalah kertas yang berisi beberapa pertanyaan resmi dan harus diisi. Nah, kalau formulir yang kamu kasih ini, namanya formulir pendaftaran,”

“Formulir pendaftaran? Memangnya ada berapa macam jenis teks formulir, Pa?”

“Teks formulir itu banyak jenisnya. Kalau formulir pendaftaran itu isinya pertanyaan tentang identitas diri untuk keperluan tertentu. Seperti formulir kamu ini. Ditanyainnya kan tentang nama, kelas, alamat, sama pernyataan bahwa setuju memberikan makanan untuk berbuka puasa di yayasan yatim piatu itu,”

pendaftaran-jenis-contoh-teks-adalah-formulir

Guntur mengangguk perlahan, “Apakah ada contoh dari jenis formulir yang lainnya, Pa?”

“Sebentar, papa ingat-ingat dulu ya,”

Terlihat ayah Guntur memejamkan mata sembari berpikir tentang jenis teks formulir, selain formulir pendaftaran.

Baca Juga: Bahasa Indonesia Kelas 6 | Menganalisis Teks Pidato

“Oh iya, ada Guntur. Papa baru ingat. Selain teks formulir pendaftaran itu ada teks formulir penliaian dan teks formulir pengiriman uang,”

“Bedanya apa, Pa?” tanya Guntur.

“Teks formulir penilaian itu biasanya diberikan oleh guru atau kamu juga bisa nih buat sendiri. Misalnya, ada teman kamu yang lagi baca puisi di depan kelas, nah nanti ada tuh formulir yang berisi nama sama nilai yang diberikan,”ucap ayah Guntur.

contoh-adalah-pengerian-formulir-teks

Guntur terdiam sejenak.

“Ah iya, ibu guru pernah ngasih tau kalau ada formulir yang diisi untuk menilai teman sebangku!” ujar Guntur dengan semangat.

“Nah, itu tau. Kalau formulir pengiriman uang?” tanya ayah Guntur.

“Entahlah, Pa,” jawab Guntur singkat.

“Jadi, formulir pengiriman uang itu nama lainnya formulir transfer. Formulir ini ada di bank. Disediakan untuk nasabah yang ingin mengirimkan uang ke nasabah lainnya. Isinya berupa nama pengirim, nama penerima, nomor rekening pengirim, nomor rekening penerima, dan jumlah uang yang dikirim,” jelas ayah Guntur.

“Ooohhh jadi itu ya Pa jenis-jenis teks formulir yang ada? Sekarang, Guntur sudah tahu deh,” ucap Guntur.

contoh-pengertian-teks-formulir-adalah-jenis

“Guntur…..sini sebentar,” terdengar suara ibunya yang memanggil Guntur untuk menghampirinya di dapur.

“Tuh, Mama panggil kamu,”

“Iya, Ma. Aku ke sana ya,” jawab Guntur dan bergegas menuju dapur.

Itu tadi cerita Guntur dan ayahnya yang berdiskusi tentang pengertian dan jenis teks formulir.

Jernih sungguh air mengalir

Kicau burung di kala fajar

Mau belajar tentang teks formulir

Selengkapnya ada di ruangbelajar

New Call-to-action

Beri Komentar