Efek Doppler: Pengertian, Rumus & Contoh Soal | Fisika Kelas 11

Fisika_11.jpg

Squad, pernahkah kamu perhatikan ketika ada ambulans datang dari kejauhan bunyi sirinenya sudah terdengar oleh kita? Ternyata bunyi yang kita dengar berbeda dengan bunyi sirinenya lho. Mengapa demikian? Hal ini karena perbedaan frekuensi yang didengar dan yang dihasilkan. Keadaan ini biasa disebut efek Doppler. Apakah itu? Bagaimana pengertian dan rumus efek Doppler? Simak penjelasan berikut yuk!

Efek Doppler ditemukan oleh ilmuwan fisika asal Austria yang bernama Christian Johanm Doppler. Efek Doppler menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan pergerakan sumber bunyi terhadap pendengar yang relatif satu sama lain dan menyebabkan frekuensi yang didengar berbeda dari frekuensi yang dihasilkan sumber bunyi.

Misalnya, ketika sebuah ambulans yang membunyikan sirinenya bergerak mendekati seseorang yang sedang berdiri di bahu jalan, maka bunyi yang akan terdengar makin tinggi. Ketika ambulans tersebut bergerak menjauh maka bunyi sirine yang terdengar akan semakin mengecil.

Efek Doppler dirumuskan sebagai berikut:

rumus efek doppler

 

Dalam rumus efek Doppler ada beberapa perjanjian tanda nih Squad.

vs bernilai positif (+) jika sumber bunyi menjauhi pendengar.

vs bernilai negatif (-) jika sumber bunyi mendekati pendengar.

vp bernilai positif (+) jika pendengar mendekati sumber bunyi.

vp bernilai negatif (-) jika pendengar menjauhi sumber bunyi.

 

Agar lebih mudah dalam mengingat tanda perhatikan ilustrasi berikut:

efek doppler
 
 

Setelah kamu mengetahui rumus efek Doppler di atas, sekarang kita kerjakan contoh soal ini yuk!

1. Sebuah kereta api bergerak dengan kecepatan 72 km/jam mendekati stasiun sambil membunyikan peluit yang berfrekuensi 940 Hz. Kecepatan bunyi di udara 340 m/s. Bunyi yang didengar oleh orang yang beada di stasiun berfrekuensi…

Diketahui:

vs = 72 km/jam = 20 m/s (sumber bunyi mendekati pendengar (-))

vp = 0 m/s (pendengar diam)

fs = 940 Hz

v = 340 m/s

Ditanya: fp?

Jawab:

jawaban rumus efek doppler
 
2. Sumber bunyi memancarkan bunyi dengan frekuensi 500 Hz saling mendekat dengan pendengar. Kecepatan sumber bunyi 40 m/s dan kecepatan pendengar 50 m/s. Jika kecepatan bunyi di udara adalah 340 m/s, frekuensi bunyi yang didengar oleh pendengar adalah…

Diketahui:

fs = 500 Hz

vs = 40 m/s (sumber bunyi mendekati pendengar (-))

vp = 50 m/s (pendengar mendekati sumber bunyi (+))

v = 340 m/s

Ditanya: fp ?

Jawab:

jawaban rumus efek doppler 2 

Oke Squad, sekarang sudah lebih paham kan pengertian dan cara mengerjakan soal yang berhubungan dengan rumus efek Doppler? Kamu bisa pelajari materi-materi lain melalui video animasi lengkap dengan contoh, pembahasan soal dan rangkuman di ruangbelajar. Gunakan sekarang kuy!

ruangbelajar

Beri Komentar