Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran

Matematika_8

“Waduh Kak, itu di depan ada razia,” ucap pengemudi ojek daring.

“Bapak surat-surat kendaraan, SIM dan STNK ada kan? Sama kayaknya motor bapak nggak ada yang dimodifikasi. Jadi aman kok Pak,” jawab si penumpang dengan santai.

“Oh iya ya. Saya lupa kalau motor saya sudah lengkap surat-suratnya,”

Nah betul tuh Pak. Coba lihat deh, Pak. Kebanyakan yang ditilang itu karena nggak bawa surat-surat atau ada perubahan di motornya. Paling sering yang saya lihat sih ban sepeda motor yang diganti menjadi lebih kecil”

Polisi menilang kepada sepeda motor yang bannya tidak sesuai standar.

(sumber: bintang.com)

Squad, polisi menilang sepeda motor dengan perubahan ban yang lebih kecil itu karena untuk keamanan pengendara lho. Kenapa? Diameter ban sepeda motor itu sudah dihitung sedemikian rupa oleh pabrik pembuat sepeda motor. Kalau diubah menjadi lebih kecil atau lebih besar, tentunya bisa membahayakan.

definisi lingkaran - ban cacing

Motor dengan diameter ban kecil sangat berbahaya. (sumber: motorplus.gridoto.com)

Hmmm…. diameter itu apa ya?”

Nah Squad, biar kamu nggak bingung, coba baca artikel ini sampai habis. Di artikel ini akan membahas tentang pengertian dan unsur-unsur lingkaran yang didalamnya juga akan membahas diameter nih. Baca terus ya.

 

Pengertian Lingkaran

Squad, lingkaran itu merupakan kumpulan titik-titik pada garis bidang datar yang semuanya berjarak sama dari titik tertentu. Titik ini disebut pusat lingkaran. Nah, kumpulan titik-titik tersebut jika dihubungkan membentuk suatu garis lengkung.

titik titik lingkaran

Titik-titik tersebut jika disatukan akan membentuk garis lengkung tanpa ada ujung/ lingkaran. (sumber: dumetschool.com)

Sudah tahu kan lingkaran itu apa? Sekarang kita pelajari yuk unsur-unsur dalam lingkaran ada apa aja sih?

 

Unsur-unsur Lingkaran

Coba perhatikan bentuk lingkaran berikut ini ya

unsur-unsur lingkaran

 Unsur-unsur lingkaran. (sumber: Master Teacher Ruangguru)

 

Bingung ya? Jangan panik ya Squad….

Supaya kalian nggak bingung, simak penjelasannya tentang unsur-unsur lingkaran berikut. Tetap perhatikan gambar di atas yaa...

 

1. Titik O dalam lingkaran tersebut disebut dengan titik pusat lingkaran. Titik pusat lingkaran ialah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran.

2. Garis OA, OB, OC, dan OD disebut dengan jari-jari lingkaran (r). Jari-jari lingkaran merupakan garis dari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran.

3. Garis AB dan CD disebut dengan diameter (d). Diameter itu merupakan garis lurus yang menghubungkan dua titik di lengkungan lingkaran dengan melalui titik pusat.

4. Garis lurus AD disebut dengan tali busur. Tali busur jangan kamu pikirin sama dengan tali busur panahan lho Squad.

tali busur panah - tali busur lingkaran

 Ini tali busur yang digunakan untuk memanah. (sumber: panahfod.com)

Tali busur di gambar tadi itu untuk melepaskan anak panah. Nah, kalo tali busur dalam lingkaran ini merupakan garis lurus yang terletak di lengkungan lingkaran. Tali busur ini menghubungkan dua titik dalam lingkaran.

5. Garis lengkung AD dan CB disebut dengan busur. Nah, selain tali busur, tentunya juga ada busur nih dalam unsur-unsur lingkaran. Busur itu sendiri merupakan garis lengkung yang berada di lengkungan lingkaran. Garis lengkung tersebut menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan.

Baca Juga: Pengertian Peluang Empirik

6. Garis OE disebut dengan apotema. Apotema ialah garis tinggi terhadap segitiga batas juring dan tembereng.

7. Daerah COB yang diarsir warna hitam itu disebut dengan luas juring. Luas juring merupakan luas daerah di dalam lingkaran, dengan dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut sebagai batasnya.

8. Daerah AD yang diarsir berwarna hitam juga, itu disebut dengan tembereng. Tembereng merupakan luas daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan juga tali busur.

rangkuman unsur-unsur lingkaran

Nah Squad, diameter dari roda sepeda motor seperti cerita di awal artikel tadi juga mengandung unsur-unsur lingkaran lho. Yaaaa namanya juga roda. Roda itu kan berbentuk lingkaran, jadinya diameter itu juga pasti ada dong?

Masih penasaran dan pengen belajar lebih lanjut tentang lingkaran? Coba deh belajar di ruangbelajar. Di ruangbelajar kamu bakal menemukan cara belajar yang asyik dan nggak ngebosenin. Ada banyak video belajar dengan animasi yang keren banget. Ditambah lagi rangkuman dan latihan soal yang bikin kamu semakin paham materinya. Gabung sekarang yuk.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts