Pengertian Distribusi dan Cara Penyalurannya

Ekonomi_10

Squad, pasti pernah dong jajan atau sekedar membeli alat tulis di koperasi sekolah, iya nggak? Tau tidak, ternyata koperasi yang selalu Squad kunjungi saat istirahat sekolah merupakan salah satu contoh dari distribusi lho. Kok bisa? Ya, karena koperasi membantu menyalurkan hasil produksi dari produsen alat-alat tulis untuk sampai kepada kita di sekolah.


kegiatan distribusi - pengertian distribusi

Kegiatan mengangkut barang merupakan kegiatan distribusi (Sumber: national.tempo.co)

Lalu apa sih sebenarnya distribusi itu? Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang tujuannya menyalurkan barang hasil produksi dari produsen ke konsumen.Kegiatan distribusi meliputi perdagangan, pengangkutan, penyimpanan dan seterusnya hingga barang atau jasa tersebut sampai pada konsumen. Dengan kata lain, distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi.

 

tujuan proses distribusi

 

Squad, dalam kegiatannya terdapat dua jenis saluran distribusi yaitu:

  1. Saluran distribusi langsung
  2. Saluran distribusi tidak langsung

(Sumber: ilmu-ekonomi-id.com)

Saluran distribusi langsung adalah saluran distribusi yang dalam proses penyaluran barang dari produsen dilakukan secara langsung ke konsumen.

Contohnya, seorang petani menjual barang hasil pertaniannya secara langsung kepada konsumen atau dengan cara mendirikan warung pinggir jalan milik sendiri sehingga harganya lebih murah.

(Sumber: ilmu-ekonomi-id.com)

Saluran distribusi tidak langsung adalah saluran distribusi yang dalam proses penyaluran barang dari produsen kepada konsumen dilakukan dengan terlebih dahulu melalui suatu lembaga distribusi seperti distributor, pedagang besar, agen, dan pedagang eceran. Setiap tahapan saluran distribusi akan menimbulkan biaya sehingga pelaksanaan distribusi cara panjang ini akan menyebabkan harga barang dan jasa menjadi lebih mahal. Semakin panjang jalur distribusi suatu barang, harga barang tersebut akan semakin mahal.

Oh iya Squad, selain distribusi ada dua kegiatan ekonomi lainnya lho yaitu produksi  dan konsumsi. Coba yuk kalian baca juga artikel tentang produksi dan konsumsi.

Sudah jelaskan sekarang Squad kegiatan distribusi itu apa dan bagaimana cara penyalurannya? Kalau kalian masih ingin tau lebih detail lagi mengenai distribusi dan kegiatan ekonomi lainnya, kalian bisa belajar melalui ruangbelajar. Belajar lebih seru menggunakan ruangbelajar dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan video belajar beranimasi yang keren. Daftar sekarang yuk!

 ruangbelajar

Beri Komentar