Pengertian, Fungsi, dan Jenis Bank | Ekonomi Kelas 10

Ekonomi kelas 10 materi tentang Bank

Hayo disini siapa yang selalu menyisihkan uang sakunya untuk ditabung di Bank? Squad, menabung itu sangat penting lho sesuai dengan peribahasa “hemat pangkal kaya” dengan menghemat dan menabungkan uang kamu di Bank, kelak kamu dapat membeli barang yang kamu inginkan tanpa harus meminta orang tua lagi. Oh iya, tapi sebelumnya kamu tahu tidak apa sebenarnya bank itu dan fungsi lainnya selain untuk menabung? Penasaran-kanYuk cari tahu bersama!

Menabung sisa uang saku
Menyisakan uang saku untuk ditabung (Sumber: informasitios.com)

Nah, Squad ternyata dari asal katanya 'Bank' berasal dari bahasa Italia “banca” yang artinya bangku. Lah kok bangku? Iya, jadi dulu bangku ini digunakan sebagai tempat pertukaran uang yang digunakan pengawai bank untuk melayani aktivitas menabung. Pada perkembanganya, bank sekarang dikenal sebagai lembaga keuangan yang bertugas menyalurkan dan menghimpun dana di masyarakat, termasuk uang saku yang kamu tabungkan, Squad. 

Fungsi Bank secara umum

Squad, berapa banyak bank yang kamu ketahui? Banyak sekalikan. Nah, karena itu ada pengategorian bank berdasarkan kepemilikannya dan fungsinya. Pengategorian berdasarkan kepemilikannya bank dibedakan menjadi bank milik pemeritah, bank milik swasta nasional, bank milik koperasi, bank milik campuran dan bank milik asing.  Selain itu, bank juga digolongkan berdasarkan fungsinya. Antara lain:

1. Bank Sentral

Bank Sentral Indonesia adalah Bank IndonesiaBank Sentral Indonesia adalah Bank Indonesia (Sumber: infokekinian.com)

Bank yang berwenang menjadi bank sentral Indonesia adalah Bank Indonesia yang memiliki kebijakan  untuk mengatur dan mengawasi kegiatan perbankan di Indonesia. Untuk penjelasan lebih jelas, kamu bisa baca di Tugas dan Wewenang Bank Sentral.

2. Bank Umum

Bank tempat menyimpan kekayaan Bank tempat menyimpan kekayaan (Sumber: cronyos.com)

Jenis bank yang satu ini bertugas untuk melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan bank syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

3. Bank Perkreditan Rakyat

Bank Penkreditan Rakyat
Bank Perkreditan Rakyat (Sumber: akuntansilengkap.com)

Terakhir adalah Bank Perkreditan Rakyat yang berfungsi untuk memberikan bantuan kredit berupa kredit investasi maupun kredit eksploitasi dalam skala kecil dengan jaminan kepada rakyat yang berada di daerah.

Wow, ternyata asal kata bank berasal dari Italia yang artinya banku. Jauh juga ya, Squad. Sekarang sudah tahu juga dong fungsi dari bank.  Nah, karena sudah paham mengenai pengertian, fungsi dan jenis bank, mulai sekarang harus rajin menabung di bank ya.  Oh, iya untuk kamu yang masih penasaran dengan bank baik jenis lainnya atau produk-produk bank secara jelas dan lengkap. Kamu bisa belajar dengan Ruangguru On-The-Go! Belajar dengan video keren tanpa takut kuota abis! 

ruangguru on the go

Beri Komentar