Pengertian Gaya Sentripetal dan Sentrifugal | Fisika Kelas 10

Tedy Rizkha Heryansyah Nov 23, 2017 • 3 min read


Sentripetal Sentrifugal

RG Squad, sudah familiar dengan sentripetal? Pastinya sudah tahu dari materi gerak melingkar beraturan dong? Nah, kali ini kita akan membahas pengertian gaya sentripetal secara spesifik. Gaya sentripetal merupakan gaya yang membuat benda bergerak melingkar. Benda dapat bergerak melingkar karena benda yang diputar tersebut memiliki percepatan menuju pusat lingkaran. Percepatan itu disebut dengan percepatan sentripetal. Percepatan sentripetal disebabkan oleh gaya yang menuju ke pusat lingkaran atau disebut gaya sentripental.


pengertian gaya sentripetal

 Gaya Sentripetal (sumber: fisika-online1.blogspot.co.id)

Gaya sentripetal dapat diamati jika menggunakan kerangka acuan inersial, yaitu kerangka acuan yang diam ataupun bergerak dengan kecepatan konstan terhadap bumi. Contohnya adalah ketika kita melihat benda berputar. Misalnya, bola yang diikatkan ke ujung tali diputarkan secara horizontal, gaya sentripetal akan membuat bola terus ditarik ke arah pusat sehingga bergerak secara melingkar. Gaya sentripetal ialah gaya dari tegangan tali yang diikatkan terhadap bola.

Untuk mengetahui gaya sentripetal yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar, kita dapat menggunakan persamaan HK II Newton di bawah ini:

Rumus pengertian gaya sentripetal

 Gaya sentripetal memiliki besar yang sebanding dengan kuadrat kecepatan linear/tangensial suatu benda dan berbanding terbalik dengan jari-jari lintasan.

Selain gaya sentripetal, ada satu gaya yang memiliki nama yang mirip, lho. Yup, namanya gaya sentrifugal. Walau memiliki nama yang mirip, gaya sentrifugal memiliki definisi yang berbeda dengan gaya sentripetal. Gaya sentrifugal merupakan gaya yang berlawanan dengan gaya sentripetal karena gaya sentrifugal menjauhi pusat lingkaran. Nah, gaya sentrifugal didefinisikan dengan kecenderungan benda untuk mengikuti jalan melengkung untuk menjauh dari pusat atau sumbu. Gaya ini termasuk efek semu yang terjadi ketika benda melakukan gerakan melingkar. Gaya sentrifugal disebut dengan gaya pseudo atau gaya khayal.

Gaya pseudo hanya ada jika kerangka acuan yang kita ambil adalah kerangka acuan non-inersial. Misalkan, kerangka acuannya adalah bola, gaya sentrifugal ada ketika kita berada dalam bola yang diputar tersebut. Gaya sentrifugal merupakan gaya yang secara jelas mendorong atau menarik objek dari pusat rotasi.

Wahana

Contoh gaya sentrifugal pada wahana permainan yang berputar. (sumber: amazine.co)

Gaya sentrifugal memiliki besar yang sama dengan gaya sentripetal, hanya saja arahnya berbeda. Kedua gaya ini mengakibatkan adanya keseimbangan pada benda yang berada pada lintasan melingkar.

Oke, RG Squad sudah paham kan mengenai gaya sentripetal dan gaya sentrifugal? Atau masih bingung? Tanyakan aja ke tutor yang berpengalaman melalui Ruangguru digitalbootcamp! Kamu juga bisa diskusi dengan pelajar lainnya, lho.

New Call-to-action

Beri Komentar