Hukum Coulomb: Pengertian, Rumus & Contoh Soal | Fisika Kelas 12

Pengertian Hukum Coulomb

Squad, kamu sudah tahu kan bahwa muatan listrik terdiri dari muatan positif dan negatif? Ternyata muatan-muatan tersebut bisa menghasilkan gaya lho. Yup, Hukum Coulomb-lah yang menjelaskan gaya yang terjadi antara muatan-muatan tersebut. Apa itu Hukum Coulomb? Simak pembahasan berikut, kuy!

Hukum Coulomb ditemukan oleh ahli fisika asal Perancis yang bernama Charles Augustin de Coulomb. Coulomb melakukan penelitan mengenai gaya yang ditimbulkan oleh dua benda yang diberi muatan listrik yang dipisahkan oleh jarak tertentu. Hukum Coulomb pada dasarnya menyatakan bahwa interaksi muatan listrik yang sejenis akan tolak-menolak, sedangkan muatan yang berlainan jenis akan tarik-menarik. Dari hasil percobaan Coulomb dapat dinyatakan bunyi Hukum Coulomb sebagai berikut:

Hukum Coulomb

Misalnya ada dua muatan q1 dan q2, berada pada jarak r satu sama lain dalam ruang hampa udara. Jika q1 dan q2 memiliki muatan yang sama, kedua muatan akan saling tolak-menolak. Jika keduanya memiliki muatan yang berbeda, kedua muatan akan saling tarik-menarik. Seperti dijelaskan pada gambar berikut.

rumus hukum coulomb
Sumber: wirebiters.com

 Baca Juga: Rangkaian Listrik Seri dan Paralel pada Pegas dan Resistor

Sehingga Hukum Coulomb dapat dirumuskan sebagai berikut:

formula dan rumus hukum coulomb 

Untuk lebih memahami Hukum Coulomb, yuk kita bahas bersama contoh soal dibawah ini, Squad!

  1. Dua buah titik A dan B berjarak 3 meter, masing-masing bermuatan listrik +4 x10-4 C dan -1 x10-4 C. Titik C terletak di antara A dan B, berjarak 2 meter dari A dan bemuatan listrik +3 x10-5 C. hitung besar gaya elektrostatis dari C!

     Diketahui: qA = +4 x 10-4 C

                           qB = -2 x 10-4 C

                           qC = +3 x 10-5 C

                              r = 3 m

     Ditanya: FC ?

     Jawab:

jawaban soal hukum coulomb

Muatan qC ditolak qA ke kanan karena kedua muatan sejenis tetapi ditarik ke kanan oleh muatan qB karena berlawanan jenis. (Ingat! Arah muatan keluar dari + dan masuk ke -). Jadi gaya elektrostatis FC adalah:

FC = FA + FB

Hukum Coulomb

Jadi besar gaya Coulumb di titik C adalah 54 N ke arah kanan.

Nah, sekarang kamu sudah paham kan pengertian hukum Coulomb? Kamu masih punya pertanyaan atau soal-soal tentang Hukum Coulomb ini? Langsung saja tanyakan melalui ruanglesonline. Kamu tinggal foto soal-soal yang kamu ingin tanyakan, dan gurumu akan langsung menjawab pertanyaan kamu. Seru dan mudah kan? Yuk, daftar sekarang juga!

New Call-to-action

 

Beri Komentar