Pengertian Ilmu Ekonomi, Kelangkaan, dan Penyebabnya | Ekonomi Kelas 10

Rabia Edra Okt 6, 2017 • 4 min read


Ekonomi Kelas 10 : Pengertian, Kelangkaan, Penyebab

Hai Squad! Apa rasanya jadi anak SMA? Berbeda dengan pelajaran SMP yang hanya mempunyai IPS terpadu, di SMA, pelajaran itu akan dipecah menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah ilmu ekonomi. Kalau menurut kamu apa yang akan dipelajari dari ilmu ekonomi? Secara etimologis, ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Oikos” yang berarti “rumah tangga”, dan “Nomos” yang berarti “peraturan”. Sederhananya, ekonomi adalah ilmu yang memelajari cara manusia memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang tersedia.

pengertian ekonomi

Nah, sekarang coba, deh,  buat daftar barang-barang yang kamu butuhkan. Tulis saja apa yang ingin kamu miliki di atas kertas. Sudah? Sekarang buka dompet kamu. Berapa uang yang kamu punya? Bandingkan dengan harga total dari kebutuhan yang kamu ingin miliki?

Sebagai manusia, secara naluriah kita pasti ingin mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas. Masalahnya, sumber daya yang kita punya terbatas. Contohnya adalah daftar keinginan kamu tadi. Banyaknya keinginan dibandingkan dengan uang yang kamu punya untuk membelinya. Sifat ini, pada akhirnya menghasilkan kelangkaan.

KAPAN KELANGKAAN TERJADI.png

Secara umum, ada 5 penyebab terjadinya kelangkaan:

 

1. Perbedaan Letak Geografis

Kenapa letak geografis memengaruhi kelangkaan? Hal ini dikarenakan sumber daya alam yang ada di bumi tidak tersebar secara merata. Ada tempat yang mempunyai tanah-tanah subur, ada juga yang tidak. Ada tempat yang memiliki sumber mata air berlimpah, ada juga yang tidak.

 

2. Pertumbuhan Penduduk

Thomas Robert Malthus, seorang ekonom asal Inggris, menyatakan bahwa pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi akan menyebabkan kelangkaan. Banyaknya penduduk berarti lebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Jadi, kalau pertumbuhan produksinya hanya sedikit tidak akan mencukupi kebutuhan tadi.

3. Kemampuan Produksi

Faktor-faktor produksi (tenaga kerja, sumber daya alam, modal, kewirausahaan) yang kita punya tidak akan sama kemampuannya. Alhasil, tidak semua kebutuhan akan terpenuhi.

 

4. Perkembangan Teknologi

Di negara maju, perkembangan teknologi terbilang lebih cepat dibandingkan negara berkembang. Ini berpengaruh terhadap terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Teknologi yang rendah pastinya hanya mampu memenuhi kebutuhan yang lebih sedikit dibandingkan teknologi yang tinggi.

 

5. Bencana Alam

Bencana alam akan memengaruhi jumlah sumber daya yang ada, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan manusianya.

Untuk menanggulangi adanya kelangkaan, kita harus membuat skala prioritas. Menentukan mana kebutuhan yang lebih penting dan harus dipenuhi terlebih dahulu. Tapi, bagaimana cara menentukan skala prioritas itu? Berdasarkan tingkat kepentingannya, kebutuhan dapat dikategorikan sebagai berikut:

tabel skala prioritas

Itu artinya, dalam menentukan sesuatu, kita harus memilih untuk mengerjakan yang penting dan mendesak terlebih dahulu, penting tapi kurang mendesak, kurang penting tapi mendesak, baru yang terakhir melakukan yang kurang penting dan kurang mendesak. Sekarang, sudah mulai paham kan, apa itu pengertian ilmu ekonomi, kelangkaan, dan penyebab terjadinya kelangkaan? Supaya apa yang kamu mau bisa terpenuhi secara optimal, yuk mulai tentukan skala prioritasmu!

Ingin mendalami materi yang belum bisa dibantu oleh tutor yang berpengalaman di bidangnya? Segera gabung bersama teman-teman lain di Ruangguru Digital Bootcamp!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar