Pengertian Ilmu Ekonomi, Kelangkaan & Skala Prioritas | Ekonomi Kelas 10

pengertian ilmu ekonomi

Kali ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi, kelangkaan, dan skala prioritas. Materi ini merupakan topik pertama di pelajaran Ekonomi kelas 10. Yuk, belajar bersama!

Apa itu ilmu ekonomi? Sebagai bayangan, pernah nggak sih kamu tiba-tiba ingin sepatu baru, eh ternyata uang yang kamu punya nggak cukup untuk membeli sepatu tersebut. Terus, kamu pasti cari cara dong supaya bisa mendapatkan sepatu baru itu. Misalnya, meminta tambahan uang ke orang tua, atau menyesuaikan kualitas dan harga sepatu dengan uang yang kamu miliki, atau bahkan menawar ke pedagangnya supaya bisa mendapatkan sepatu yang diinginkan.

Kalau kamu perhatikan, contoh kasus di atas menggambarkan bahwa kita sebagai manusia memiliki kebutuhan, contohnya sepatu. Terus, uang yang kamu miliki merupakan salah satu sumber daya ekonomi yang terbatas jumlahnya. Nah, ilmu yang mempelajari cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan sumber daya ekonomi yang terbatas adalah ilmu ekonomi.

Apa itu Ilmu Ekonomi?

Ilmu ekonomi pertama kali diectuskan oleh Adam Smith pada bukunya yang berjudul The Wealth of Nations pada tahun 1776. Menurut Adam Smith, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

buku the wealth of nations karya adam smith

Pengertian ekonomi menurut Adam Smith.

 

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Berikut adalah pengertian ilmu ekonomi menurut beberapa ahli:

1. Adam Smith

Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara-cara memperoleh pendapatan dan kekayaan. Ilmu ekonomi juga menjadi cabang ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya mengelola berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Alfred Marshall

Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia, baik secara individu maupun kolektif, dalam melakukan aktivitas ekonomi dan kaitannya dengan penggunaan barang-barang material.

3. Lionel Robbins

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tindakan manusia dalam memilih serta memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.

4. Paul Samuelson

Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana manusia membuat keputusan dalam kondisi ketidakpastian. Samuelson juga menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah studi yang mempelajari bagaimana manusia membuat pilihan dengan menggunakan sumber daya terbatas yang kemudian diolah untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa untuk didistribusikan lagi ke berbagai lapisan masyarakat.

5. Milton Friedman

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia mencapai tujuan mereka dengan menggunakan sumber daya yang terbatas.

6. John Maynard Keynes

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkat kemakmuran suatu negara yang erat kaitannya dengan bagaimana intervensi pemerintah dapat mempengaruhi kondisi ekonomi tertentu.

7. John Stuart Mill

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari beragam seluk beluk penagihan dan pengeluaran, serta membahas tentang kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

 

Hhmm, dari tadi ngomongin sumber daya ekonomi terus, nih. Bingung, ya? Jadiiii… sumber daya ekonomi itu terbagi menjadi beberapa macam. Ada Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), sumber daya modal, dan sumber daya kewirausahan. Seperti yang sudah kita ketahui, sumber daya yang tersedia di dunia ini terbatas, sehingga menyebabkan kelangkaan. Menurut kamu, apa saja sih penyebab kelangkaan sumber daya ekonomi itu? Ternyata, ini gengs penyebabnya!

Baca Juga: Pengertian Supply dan Demand serta Faktor yang Mempengaruhinya

 

Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Apa sih pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi? Kelangkaan (scarcity) dalam ilmu ekonomi adalah kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup yang tidak terbatas. Kelangkaan sumber daya ekonomi dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya yaitu:

1. Perbedaan Letak Geografis

Sadar nggak sih, kamu? Enggak semua wilayah di muka bumi ini memiliki sumber daya alam yang sama, loh. Ada wilayah yang kaya dengan hasil laut, ada wilayah yang kaya dengan hasil tambang, ada wilayah yang tanahnya sangat subur, sehingga bisa ditanami berbagai macam tanaman, tapi ada juga wilayah yang kering dan sulit mendapatkan air. Nah, hal ini menunjukan bahwa sumber daya alam nggak tersebar secara merata di muka bumi, sehingga menyebabkan kelangkaan sumber daya.

Baca Juga: Pengaruh Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

2. Pertumbuhan Penduduk

Seperti yang sudah kita ketahui, pertumbuhan penduduk terus bertambah. Namun, hal tersebut nggak diimbangi dengan peningkatan sumber daya alam. Oleh sebab itu, terjadi kesenjangan antara pertumbuhan penduduk dengan pertumbuhan sumber daya alam yang tersedia, sehingga terjadilah kelangkaan sumber daya alam.

3. Kemampuan Produksi

Kemampuan produksi dalam proses pembuatan dan pengolahan sumber daya mempunyai keterbatasan. Contohnya nih gengs, skill yang dimiliki setiap individu itu berbeda-beda, sehingga menghasilkan output yang berbeda pula. Enggak hanya itu, mesin produksi pun bekerja dengan kapasitasnya masing-masing dan terbatas. Oleh karena itu terjadilah ketidakseimbangan antara permintaan dengan ketersediaan sumber daya, sehingga menyebabkan kelangkaan.

Baca Juga: Macam-Macam Kebutuhan Ekonomi dan Alat Pemenuhannya

4. Perkembangan Teknologi

Pasti kamu pernah kan, pergi ke suatu tempat, terus sinyal internet tiba-tiba menghilang entah kemana. Eh, pas pindah ke tempat yang lain sinyalnya malah bagus banget. Itu artinya, perkembangan teknologi belum menyebar secara merata.

Di daerah perkotaan, teknologi berkembang cukup pesat, sedangkan di daerah pedesaan, perkembangan teknologi masih terbilang lambat. Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di kota lebih mudah mendapatkan informasi. Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas SDM yang tercipta. Masih ingat dong penjelasan pada poin tiga bahwa kualitas SDM yang nggak merata dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya.

5. Bencana Alam

Gengs, pasti sudah nggak asing lagi dong sama banjir, bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia.

dampak banjir bagi manusia

 

Selepas banjir, banyak sekali kerusakan yang terjadi. Mulai dari rusaknya bangunan tempat tinggal, usaha, sampai menimbulkan korban jiwa. Untuk membangun atau mengadakan kembali sumber daya yang rusak akibat bencana alam tersebut, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan uang yang nggak sedikit, sehingga terjadilah kelangkaan sumber daya.

Dengan adanya kelangkaan terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup, kita dituntut untuk membuat skala prioritas. Apa sih skala prioritas itu?

Skala Prioritas pada Ilmu Ekonomi

Jadiii… skala prioritas adalah daftar susunan kebutuhan manusia, dimulai dari kebutuhan yang paling penting hingga kebutuhan yang dianggap kurang penting.  Dengan menyusun skala prioritas, kita dapat menentukan nih mana kebutuhan yang harus kita penuhi terlebih dahulu dan mana kebutuhan yang dapat ditunda.

Dalam menyusun skala prioritas kebutuhan, kita dapat menentukan terlebih dahulu sifat kebutuhannya. Berdasarkan urgensitasnya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi empat kategori, yaitu:

1. Penting dan mendesak
2. Penting tapi kurang mendesak
3. Kurang penting namun mendesak
4. Kurang penting dan kurang mendesak

Baca Juga: Pengertian Biaya Peluang (Opportunity Cost)

Terus gimana nih caranya supaya kita tahu kebutuhan apa saja yang harus kita beli terlebih dahulu? Tenang, Steven R. Covey telah mencetuskan tabel skala prioritas untuk memudahkan kita dalam menentukan sebuah prioritas dalam memenuhi kebutuhan. Yuk, lihat tabel dibawah ini!

tabel skala prioritas pada ilmu ekonomi

Apakah kamu bingung melihat tabel diatas? Soo… Pada tabel tersebut, terdapat empat kuadran, yaitu kuadran I, kuadran II, kuadran III, dan kuadran IV. Setiap kuadran memiliki arti masing-masing. Bisa kamu perhatikan pada gambar, ya!

Hhmmm… jadi kesimpulannya apa ini, gengs? Yup, benar! Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kita harus mendahulukan kebutuhan yang berada pada kuadran I, lalu kebutuhan pada kuadran II, kemudian kebutuhan pada kuadran III, dan terakhir kebutuhan pada kuadran IV.

Supaya lebih paham, yuk simak contoh kasus berikut!

Misalnya, kamu mendapatkan uang sebesar Rp700.000 dari orang tua untuk memenuhi kebutuhan kamu bulan depan. Setelah dirinci, ternyata ada beberapa barang yang kamu butuhkan, yaitu:

  • Isi pensil (Rp10.000), karena isi pensil yang kamu miliki tinggal 3 pcs lagi.
  • Sepatu baru (Rp500.000), karena ada model sepatu yang baru dilaunching dan kamu sukai.
  • Kuota internet (Rp150.000), karena kuota kamu sudah hampir habis.
  • Isi binder (Rp25.000), persiapan untuk belajar online bulan depan.
  • Tas baru (Rp200.000), karena tas sebelumnya rusak.

Baca Juga: Pengaruh Motif dan Prinsip Ekonomi terhadap Tindakan Ekonomi

Ternyata, total dari semua kebutuhanmu adalah Rp885.000. Jumlah tersebut lebih besar dari uang yang diberikan oleh orang tuamu. Kamu membutuhkan uang sebesar Rp185.000 lagi untuk memenuhi semua kebutuhanmu. Karena uang yang kamu miliki masih kurang, maka kamu harus menentukan apa saja yang akan kamu beli terlebih dahulu. Nah, berbekal dari materi tabel skala prioritas, kebutuhanmu dikelompokan menjadi:

  • Kuadran 1: kuota internet karena tanpa kuota internet kamu tidak bisa mengikuti kegiatan belajar online.
  • Kuadran 2: isi binder dan isi pensil  karena kedua barang ini menunjang kegiatan belajar, namun masih ada stok 3 pcs. Jadi, masuk ke kuadran 2.
  • Kuadran 3: tas karena saat ini kamu sekolah online, jadi belum membutuhkan tas walaupun tas kamu sudah rusak.
  • Kuadran 4: sepatu karena sepatu kamu sebelumnya masih ada dan saat ini sekolah online, jadi tidak perlu memakai sepatu.

Jadi, kebutuhan yang harus kamu beli terlebih dahulu adalah kuota, lalu isi binder dan isi pensil, kemudian tas, dan yang terakhir sepatu. Jika uang yang kamu miliki belum memenuhi semua kebutuhan yang kamu inginkan, maka salah satu alternatifnya adalah menunda untuk membeli barang pada kuadran 4. Kamu bisa menabung terlebih dahulu dan membeli barang tersebut ketika uang yang kamu miliki sudah cukup.

contoh tabel skala prioritas pada ilmu ekonomi

Gimana? Sekarang sudah tahu dong mana kebutuhan yang harus dibeli saat ini juga dan mana kebutuhan yang bisa dibeli di lain waktu. Jadi nggak ada lagi deh yang namanya belanja impulsif. Kamu beli sesuatu tapi nggak mikir-mikir dulu.

Oke, itu tadi materi tentang konsep dasar ilmu ekonomi. Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang materi ini, kamu bisa coba tonton video belajar di ruangbelajar. Di sana, nggak cuma materinya saja yang lengkap, tapi kamu juga akan diajar oleh kakak-kakak Master Teacher yang asik banget. Jadi, bikin kamu cepat paham. Penasaran? Langsung saja download aplikasinya sekarang!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Nurcahyaningtyas. (2009) Ekonomi untuk kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.  

Bambang Widjajanta, B. and Widyaningsih, A. (2009) Mengasah kemampuan ekonomi. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Buku The Wealth of Nation’ [daring]. Tautan: https://www.goodreads.com/book/show/25698.An_Inquiry_into_the_Nature_and_Causes_of_the_Wealth_of_Nations (Diakses: 26 Oktober 2020)

Ulfatun Kasanah