Pengertian Kelompok Sosial Menurut Pakar Sosiologi | Sosiologi Kelas 11

sosiologi_11.jpg

RG Squad, kalian punya kenalan seseorang yang enggak membutuhkan orang lain sama sekali seumur hidupnya? Dijamin pasti enggak ada. Kenapa? Secara naluriah, manusia adalah makhluk sosial yang memiliki naluri untuk hidup berdampingan dengan manusia lain. Menurut sudut pandang sosiologi, hal tersebut diartikan sebagai kelompok sosial. Beberapa pakar sosiologi memberi definisi tentang pengertian kelompok sosial, yang mana di antaranya adalah:

kegiatan kelompok sosial

Sekumpulan ibu-ibu di suatu wilayah tempat tinggal yang rutin mengadakan kegiatan bersama adalah salah satu contoh kelompok sosial.

(Sumber: kampungkb.bkkbn.go.id)

1. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.

2.  Paul B.Horfon

Horfon menjelaskan bahwa kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

3. Joseph S. Roucek dan Roland L. Warren

Kedua ahli sosiologi ini mendefinisikan kelompok sosial sebagai kelompok yang terdiri atas dua atau lebih manusia dan di antara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggota atau orang lain secara keseluruhan.

4. Mayor Polak

Polak mengartikan kelompok sosial sebagai sejumlah orang yang satu sama lain memiliki hubungan sebagai sebuah struktur untuk memenuhi kepentingan bersama.

Baca juga: Klasifikasi Kelompok Sosial Berdasarkan Cara Pembentukannya

5. Wila Huky

Kelompok sosial menurut Huky adalah suatu unit yang terdiri atas dua atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

6. George Homans

Kelompok sosial adalah kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membuat sesuatu keseluruhan yang terorganisir dan berhubungan secara timbal balik.

7. Robert K. Merton

Diambil dari buku yang ditulis oleh Kamanto Sunarto, kelompok sosial menurut Merton adalah merupakan sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola-pola yang telah mapan.

8. Bierstedt

Masih dari buku yang ditulis oleh Kamanto Sunarto, Bierstedt mendefinisikan kelompok sosial sebagai kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis, berhubungan satu dengan yang lain, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi.

Rangkumanpengertian kelompok sosialNah itu dia RG Squad pengertian kelompok sosial menurut beberapa ahli. Apakah di lingkungan tempat tinggal kalian ada kelompok-kelompok sosial? Kalian sekarang sudah paham 'kan pengertian kelompok sosial? Mau belajar materi lainnya melalui video seru dan gak ngebosenin? Yuk, berlangganan ruangbelajar. Ada soal latihan dan rangkumannya juga, lho!

ruangbelajar

Sumber Referensi

Suhardi dan Sri Sunarti. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Budiyono. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Raharjo, Puji. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Waluya, Bagja. Sosiologi 2 Menyelami dan Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas XI SMA/MA Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Sumber Foto

Kegiatan arisan. Tautan: https://kampungkb.bkkbn.go.id/postSlider/8389/108221

Artikel diperbarui 20 November 2020

Beri Komentar