Blog Ruangguru

    Pengertian, Klasifikasi, dan Karakteristik Gejala Sosial

    By Rabia Edra · Dec 7, 2017

    sosiologi_10.jpg

    RG Squad, kamu pernah lihat tawuran antarpelajar? Tawuran itu salah satu gejala sosial yang muncul di masyarakat kita, lho! Secara sederhana, dapat diartikan sebagai peristiwa-peristiwa yang terjadi oleh manusia, baik secara individu maupun secara kelompok. Pada dasarnya, gejala sosial menyangkut nilai-nilai sosial dan moral, antara lain mencakup gejala ekonomi, gejala politik, gejala budaya, dan gejala moral.

    Hal ini muncul dari berbagai kekurangan (masalah sosial), baik dari individu maupun kelompok sosial. Adapun klasifikasi berdasarkan sumbernya sebagai berikut:

    1. Problem ekonomis. Contoh: kemiskinan dan penggangguran.
    2. Problem politik. Contoh: Praktik korupsi.
    3. Problem kebudayaan. Contoh: perceraian, kejahatan, kenakalan remaja, konflik rasial dan keagamaan.
    gejala sosial

    Karakteristik

    • Sangat kompleks

    Dikatakan kompleks karena di dalamnya terdapat hubungan antarmanusia yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu ekonomi, sosial, budaya, psikologis, politik, dan agama.

    • Beranekaragam

    Beberapa gejala tidak bisa dianggap sebagai satu gejala karena masing-masingnya memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Misalnya,  gejala ekonomi tidak dapat disamakan dengan gejala agama, budaya, ataupun politik, meskipun ada hubungan di antara berbagai gejala itu.

    • Tidak bersifat universal

    Tidak bersifat universal (umum) karena hanya akan dipengaruhi oleh suatu kondisi sosial atau budaya masyaraka tertentu saja.

    • Bersifat dinamis

    Karakteristik ini muncul karena mengacu pada perilaku masyarakat yang cenderung berubah-ubah (dinamis). Akibatnya, peristiwa menjadi cepat berubah. Seperti misalnya, pergantian mode pakaian yang terus berganti setiap tahunnya.

    • Tidak mudah dimengerti

    Karakteristik ini menunjukkan sebagai wujud dari perilaku dan hubungan antarmanusia, sulit dipahami. Berbeda halnya dengan gejala alam yang dapat kita ukur dan prediksi terlebih dahulu.

    • Kurang objektif

    Karena mengacu pada perilaku masyarakatnya, alhasil gejala ini ikut memerhatikan pada hal yang melekat pada karakteristik setiap individunya. Misalnya, Kasus-kasus seperti pelacuran atau kemiskinan yang biasanya dinilai masyarakat secara subjektif. Apakah hal itu baik atau buruk, salah atau benar, tergantugn pada persepsi masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

    • Bersifat kualitatif

    Karakteristik ini berarti menunjukkan, gejala menjadi tidak bisa diukur (kuantitatif, tetapi harus dilihat dan dianalisis secara mendalam.

    • Sulit diprediksi

    Karena sifatnya yang kompleks, abstrak, dinamis, kualitatif, dan spesifik (khusus).

    gejala sosial

    Gimana RG Squad? Sudah paham 'kan mengenai gejala sosial dan karakteristiknya? Sekarang coba tulis di kolom komentar di bawah, gejala sosial apa yang ada di sekitar kamu dong. Kalau kamu ingin mengetahui materi lain, langsung aja tonton video belajar di ruangbelajar.

    ruangbelajar

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, SMA, Kelas X, sosiologi x

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru