Pengertian Pemantulan Cahaya dan Macam-Macamnya

IPA_8

Squad, setiap pagi sebelum berangkat sekolah pasti bercermin terlebih dahulu kan? Untuk melihat penampilan, memastikan apakah seragam yang dipakai sudah rapi atau belum, atau hanya untuk memastikan rambut masih berantakan atau tidak. Nah, Squad tau tidak saat kita bercermin ternyata ada proses pemantulan cahaya lho.

 

Cotoh pemantulan cahaya - Pengetian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnya

Contoh pemantulan cahaya (Sumber: media.giphy.com)

Lalu apa sih pemantulan cahaya? Pemantulan cahaya adalah proses perubahan arah rambat cahaya ke sisi ‘medium’ asalnya, setelah menumbuk antarmuka dua medium. Secara sederhana, pemantulan cahaya adalah proses terpacarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya.

Ditinjau dari segi arah sinar pantul atau bentuk permukaan benda yang memantulkan cahaya, terdapat dua jenis pemantauan yaitu:

1. Pemantulan Teratur (Specular Reflection)

Apabila benda-benda seperti cermin datar, air yang tenang disinari dengan sinar matahari maka sinar-sinar dipantulkan dalam arah yang sama sehingga tampak berkilau, pemantulan ini dinamakan pemantulan teratur.

Pemantulan teratur adalah pemantulan yang terjadi karena bekas sinar datang jatuh pada permukaan halus atau rata. Pada permantulan teratur, cahaya akan dipantulkan ke satu arah. 

Pemantulan teratur - Pengertian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnyaPemantulan teratur (Sumber: i.warosu.org)

Pemantulan cahaya pada permukaan rata diamati pertama kali oleh Willebrord Snellius dan dikenal sebagai Hukum Snellius. Sinar yang berasal dari sumber cahaya disebut sinar datang, sinar yang dipantulkan oleh cermin datar disebut sinar pantul, dan garis yang tegak lurus dengan cermin disebut garis normal.

 

Hukum Snellius - Pengetian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnya
Hukum Snellius (Sumber: bukupedia.net)

 

Hukum Pemantulan Cahaya

Poin penting hukum pemantulan cahaya atau Hukum Snellius yaitu:

  1. Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
  2. Sudut datang (i) sama dengan sudut pantul (r).

Baca Juga: Peristiwa Pemantulan Cahaya

2. Pemantulan Difus atau Pemantulan Baur (Diffuse Reflection)

Pemantulan difus atau pemantaua baur adalah pemantulan cahaya ke segala arah yang terjadi karena bekas sinar datang jatuh pada permukaan kasar atau tidak rata.

Pemantulan difus- Pengetian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnya
Pemantulan difus (Sumber: i.warosu.org)

Contohnya, pemantulan cahaya pada tembok, kayu, batu, tanah dan sebagianya.

Rangkuman- Pengetian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnya

 Wah, Squad ternyata contoh-contoh pemantulan cahaya ada dikehidupan sehari-hari kita ya. Oh iya, untuk kamu yang mau belajar dengan cara yang seru dan sekaligus dapat menambah teman diseluruh Indonesia. Yuk gabung di Ruangguru digitalbootcamp! Di sana kita bisa berdiskusi dengan tutor yang keren dan berpengalaman. Seru kan? Jangan lupa daftar yaaa

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts