Pengertian Produksi dan Prosesnya

Ekonomi_10

Squad tau tidak jika beras yang kita konsumsi setiap hari merupakan hasil dari kegiatan produksi petani di sawah? Nah, kegiatan yang dilakukan petani dengan mengolah sawah dan menghasilkan padi kemudian menjadi beras yang kita konsumsi setiap hari merupakan salah satu contoh kegiatan produksi.

 Contoh kegiatan produksi dari seorang petani (Sumber: media.giphy.com)

Menurut definisinya, pengertian produksi dapat dipahami sebagai suatu kegiatan ekonomi untuk menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Sedangkan orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi disebut dengan produsen.

lumbung padi terbesar di indonesia - pengertian produksi

Squad, ternyata hasil dari kegiatan produksi tidak hanya berupa barang saja lho, bisa juga berupa jasa seperti dokter, bengkel, guru, dan lain-lain. Proses produksi dapat dikatakan berjalan secara efisien, jika proses produksi mampu menghasilkan output tertentu dengan input minimum atau dengan kata lain dapat menghasilkan output maksimum dengan input tertentu.

tahapan proses produksi - pengertian produksi

 Squad, pasti bertanya-tanya apa sih tujuan dari produksi? Nah, kegiatan produksi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mencari keuntungan bagi produsen dan kepuasan bagi konsumen, serta mempertahankan kelangsungan hidup. Tentunya dalam mencapai tujuan itu kegiatan produksi membutuhkan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan produk baik barang atau jasa seperi sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan.

faktor produksi - pengertian produksi

 Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia terhadap hasil-hasil produksi ternyata juga terus bertambah, baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Maka dari itu, peningkatan mutu dan jumlah produksi harus selalu ditingkatkan dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, yaitu sebagai berikut:

1. Intensifikasi

Intensifikasi adalah upaya untuk meningkatkan hasil produksi dengan cara memperbaiki metode kerja dan meningkatkan produktivitas faktor produksi. Contohnya dalam bidang pertanian, untuk meningkatkan hasil produksi dapat dilakukan dengan pemilihan bibit unggul, penggunaan pupuk yang tepat, pemberantasan hama, pengairan yang cukup, menggunakan mesin-mesin pertanian serta penggunaan teknologi.

2. Ekstensifikasi

Ekstensifikasi yaitu upaya untuk meningkatkan hasil produksi dengan cara menambah faktor-faktor produksi. Contohnya dalam bidang industri tekstil, dilakukan upaya penambahan tenaga kerja, penambahan bahan baku atau penggantian mesin-mesin produksi dengan mesin yang lebih mutakhir.

3. Diversifikasi

Diversifikasi yaitu upaya untuk meningkatkan hasil produksi dengan cara mengembangkan atau menambah keanekaragaman jenis hasil produksi. Contohnya dalam bidang industri minuman, dengan menambah varian rasa menjadi lima rasa sehingga terdapat lima pilihan bagi konsumen untuk menikmatinya.

4. Rasionalisasi

Rasionalisasi yaitu suatu upaya untuk meningkatkan hasil produksi dengan cara menerapkan sistem manajemen yang lebih efektif dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Contohnya untuk menghemat tenaga manusia, digunakanlah mesin-mesin baru yang mutahir.

meningkatkan produksi - pengertian produksi

Oh iya Squad, selain produksi ada dua kegiatan ekonomi lainnya lho yaitu distribusi dan konsumsi. Coba yuk kalian baca juga artikel tentang distribusi dan konsumsi.

Seru sekali ya, Squad! Sekarang Squad sudah tau apa itu produksi, bagaimana prosesnya, hingga bagaimana cara meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Untuk penjelasan lebih jauh lagi yuk liat penjelasan lebih jauh dengan video-video belajar dengan animasi yang keren hanya di ruangbelajar!

 ruangbelajar

Beri Komentar