Pengertian, Sifat, dan Rumus Kubus | Matematika Kelas 8

matematika kelas 8 smp tentang pengertian, sifat dan rumus kubus

“Mau temenin aku nggak? Aku mau beli rubik nih”

“Emm...boleh. Tapi kamu emang bisa main rubik?”

“Bisa dong. Udah yuk buruan temenin aku sekarang”

“Harus sekarang banget?”

“Au ah”

Squad, coba tuh lihat percakapan mereka. Masa gara-gara hanya ingin membeli rubik saja bisa sampai ngambek begitu sih? Ngomong-ngomong, Squad tahu enggak apa rubik itu? Coba lihat gambar berikut ini deh.

mainan berbentuk kubus

 (sumber: giphy.com)

Sekarang udah tahu kan rubik itu seperti apa? Kamu pernah perhatiin nggak tuh, bentuk rubik mirip dengan salah satu bangun ruang yang akan kita pelajari bersama-sama, kira-kira bangun ruang apa ya?

Yups, betul sekali, kubus.

1. Apa sih kubus itu, Squad?

Kubus itu bangun ruang sisi datar yang semua sisinya berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang. Ingat ya Squad, semua sisinya persegi dan semua rusuknya sama panjang.

Contoh benda kubus yang ada di sekitar kita ya seperti rubik, dadu, kardus, brankas, dan lain-lain.

mainan berbentu kubus bernama dadu

 Dadu bentuknya juga kubus (sumber: pxhere.com)

Ternyata, kubus itu punya beberapa sifat-sifat tersendiri lho Squad. Sifatnya bukan seperti sifat manusia. Kalau sifat manusia kan ada yang baik hati, licik, dan sebagainya. Nah, kalau sifat-sifat kubus tujuh macam. Apa saja?

sifat-sifat kubus

2. Apa kubus juga memiliki rumus seperti bangun ruang yang lain?

Baca Juga: Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran

Woh..jelas iya dong. Namanya juga bangun ruang, jadi bisa dihitung juga luas permukaan dan volume kubus. Mau tahu apa saja yang bisa dihitung dari kubus? Ini dia beberapa rumus yang bisa digunakan dalam kubus.

rumus-rumus dalam bangunan kubus

 

Supaya Squad lebih paham materi tentang kubus, yuk coba perhatikan soal berikut ya.

contoh soal tentang kubus

Pembahasan

Untuk menghitung volume kubus, menggunakan rumus V = s3. Diketahui bahwa s (sisi/rusuk) kubus sepanjang 1,4m. Maka caranya

Sekarang kalian sudah paham kan tentang pengertian, sifat, dan rumus kubus? Atau masih bingung nih? Jangan khawatir Squad, kamu bisa gabung di ruangbelajar. Ada video belajar dengan animasi yang keren di sana. Dijamin bikin belajar kamu makin seru dan nggak ngebosenin deh. Daftar sekarang ya.

ruangbelajar

Beri Komentar