Pengertian, Sifat, dan Rumus-rumus Balok | Matematika Kelas 8

Matematika kelas 8 materi tentang Balok

Siang itu, Rogu dan seorang temannya sedang makan di warung bakso. Mereka berdua sempat berdiskusi ringan tentang es batu yang ada di dalam minuman mereka.

“Rogu, kamu tahu nggak dari mana es batu ini dibuat?”

“Tahu. Es batu itu kan air yang dibekukan

“Iya kalau itu aku juga tahu. Nah, maksud aku, apakah ada pabrik atau toko yang memberikan es batu setiap hari ke warung bakso ini?”

“Mana aku tahu. Aku, kan, nggak dagang bakso di sini. Coba saja tanya abangnya. Bang...abang...sini sebentar deh”

“Iya dek ada apa?” tanya si abang tukang bakso.

“Bang, ini temen saya tanya, abang kan jualan tiap hari. Nah, tiap hari juga berarti menyediakan es batu. Apa abang punya langganan yang kasih es batu tiap hari?”, Rogu bertanya dengan cukup serius.

“Oh iya ada dek. Abang punya langganan yang nganter es batu dalam bentuk balok gede gitu tiap hari ke sini”

“Es batu bentuk balok?” tanya teman Rogu yang sepertinya keheranan.

Squad, pernah lihat nggak es batu dalam bentuk balok? Seperti ini nih

pengertian balok - es balok

Es balok yang diperjualbelikan (sumber: indonesiablitz.com)

Es batu yang bentuknya seperti gambar di atas tersebut memiliki bentuk seperti salah satu bangun ruang bidang datar. Yaps, benar sekali, balok. Bicara soal balok, di artikel ini bakal ngebahas tentang pengertian, sifat, dan rumus-rumus balok.

Tenang Squad, kamu nggak perlu bingung. Kita bahas satu per satu yuk.

A. Pengertian Balok

Squad, coba perhatikan gambar berikut ya.

 

Balok

Gambar balok (sumber: wikimedia.org)

Gambar tadi itu merupakan balok ya Squad. Nah, balok itu sendiri merupakan bangun ruang sisi datar yang memiliki tiga pasang sisi yang saling berhadapan. Tiga pasang sisi tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Kamu tahu nggak sisi setiap balok tersebut berbentuk apa?

Tepat sekali. Tiap sisi dalam sebuah balok itu berbentuk persegi panjang. Dengan kata lain, balok itu bangun ruang sisi datar yang memiliki tiga pasang sisi berbentuk persegi panjang saling berhadapan.

 

B. Sifat-sifat Balok

Balok memang bukan makhluk hidup seperti manusia dan hewan, tapi balok juga memiliki sifat-sifat tersendiri lho Squad. Sifat balok nggak seperti manusia, ada yang baik, jahat, licik, penyayang dan sebagainya. Kalau balok punya sifat-sifat seperti itu, bisa jadi itu balok jadi-jadian seperti siluman. Hiiii seraam.....

ketakukan mengetahui sifat balok

Takut kalau balok tersebut jadi-jadian (sumber: giphy.com)

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, bahwa balok memiliki sisi yang berbentuk persegi panjang. Kemudian, rusuk-rusuk dalam sebuah balok itu pasti sejajar dan memiliki ukuran yang sama panjang. Balok juga memiliki diagonal bidang dan diagonal ruang. Diagonal bidang pada sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama panjang, lalu diagonal ruangnya juga sama, yakni memiliki ukuran yang sama panjang.

Baca Juga: Pengertian, Sifat, dan Rumus Kubus

Perlu kalian tahu nih Squad, setiap bidang diagonal pada balok, memiliki bentuk persegi panjang.

sifat-sifat balok

C. Rumus-rumus Balok

Balok itu sama seperti kubus yang merupakan sebuah bangu ruang sisi datar. Namanya bangun ruang, pasti memiliki volume, keliling, dan luas permukaan yang bisa dihitung. Lalu, seperti apa ya rumus untuk mencari volume, keliling, dan luas permukaan balok?

rumus volume, keliling, dan luas permukaan balok

Selain rumus untuk menghitung volume, keliling, dan luas permukaan, ternyata diagonal bidang dan diagonal ruang pada balok juga bisa dihitung lho, Squad. Khusus untuk diagonal bidang, besarnya diagonal bidang itu tergantung di mana posisi dari sisinya. Supaya nggak bingung, coba deh cermati baik-baik rumus berikut untuk mencari tahu tentang diagonal ruang dan diagonal bidang pada balok.

diagonal ruang dan diagonal bidang balok

Squad masih belajar bingung tentang balok? Coba foto dan tanyakan soal yang sulit melalui chat di ruanglesonline. Kamu hanya perlu foto soal yang menurut kamu sulit, dan kurang dari 3 menit kamu akan terhubung dengan tutor matematika yang siap berdiskusi membantu kesulitan kamu. Nggak percaya? Makanya, daftar sekarang di ruanglesonline yuk dan rasakan #BelajarJadiPraktis

 New Call-to-action

Beri Komentar