Pengertian, Sifat, dan Rumus-Rumus Prisma | Matematika Kelas 8

rumus-rumus prisma pengertian dan rumus

Squad, kamu pernah ikut kegiatan perkemahan saat pramuka nggak? Kalau iya, pastinya kamu tahu dong salah satu perlengkapan wajib saat berkemah, yaitu tenda. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang salah satu bentuk bangun ruang sisi datar yang ada hubungannya dengan tenda. Kamu tahu apa nama bangun ruang sisi datar tersebut? Tepat sekali! Namanya prisma. Perhatikan gambar berikut ya.

tenda pramuka salah satu contoh prisma

Salah satu contoh tenda pramuka (sumber: bigagnes.com)

Kalau kamu perhatikan baik-baik, tenda di gambar tersebut ada ruangan di bagian dalam 'kan? Nah, itulah alasan mengapa tenda yang berbentuk prisma masuk ke dalam salah satu contoh bentuk bangun ruang sisi datar.

A. Pengertian Prisma

Perhatikan beberapa gambar berikut, Squad.

macam-macam prisma

Macam-macam prisma (sumber: Master Teacher Ruangguru)

Prisma adalah bangun ruang yang punya bidang alas dan bidang atas sejajar serta kongruen. Kenapa sejajar dan kongruen? Karena sisi lainnya berupa sisi tegak berbentuk persegi panjang atau jajargenjang.

“Lalu, kenapa bisa ada penyebutan prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima dan sebagainya?” Karena setiap penamaan untuk prisma, disesuaikan dengan bentuk alas dan atapnya. Misal, alas dan atapnya berbentuk segidelapan, ya berarti dinamakan dengan prisma segidelapan.

B. Sifat-sifat Prisma

Sama halnya seperti kubus dan balok, prisma juga memiliki sifat-sifat, lho. Prisma punya bentuk alas dan atapnya yang kongruen. Apa sih kongruen? Artinya itu sama dan sebangun. Kemudian, setiap sisi bagian samping dari prisma itu berbentuk persegi panjang atau jajar genjang.

Nah, umumnya prisma itu memiliki rusuk yang tegak. Eh tapi, ada pula lho rusuk prisma yang nggak tegak. Sementara itu, sifat prisma lainnya ialah setiap diagonal bidang pada sisi yang sama memiliki ukuran yang sama panjang pula.

rumus-rumus prisma

 C. Rumus-rumus dalam Prisma

Rumus-rumus yang ada dalam prisma itu nggak jauh beda dengan yang ada pada bangun ruang sisi dasar. Nah, ini bisa kita gunakan untuk menghitung luas permukaan prisma, volume prisma, banyak titik sudut, banyak sisi prisma, banyak rusuk prisma.

Lalu seperti apa sih rumus-rumus dalam prisma itu?

rumus-rumus prisma

Masih bingung dengan materi prisma? Tanyakan langsung yuk via chat di ruanglesonline. Cukup foto soal yang menurut kamu sulit, dan dalam 3 menit kamu langsung dapat tutor yang bisa membantu kesulitan yang kamu alami. Yuk, daftar dan nikmati #BelajarJadiPraktis.

New Call-to-action

Beri Komentar